Digital Marketing (Pemasaran Digital) : Pengertian, Pihak Yang Terlibat Dan Media Yang Digunakan Dalam Digital Marketing, Serta Kelebihan Digital Marketing

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Digital Marketing. Secara umum, istilah "digital marketing" atau "pemasaran digital" dapat diartikan sebagai suatu strategi pemasaran produk barang atau jasa dengan menggunakan media digital atau internet. Digital marketing juga dapat berarti kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan serangkaian cara dan teknik dengan menggunakan media digital yang bertujuan untuk mendapatkan traffic, data, dan customer.

Pengertian digital marketing juga dapat dijumpai dalam beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, beberapa diantaranya adalah :
  • Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, dalam bukunya yang berjudul "Creative Digital Marketing", menyebutkan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media, seperti website, blog, e-mail, adword, dan berbagai macam jaringan media sosial.
  • Heidrick dan Struggles, dalam bukunya yang berjudul "The Adoption of Digital Marketing in Financial. Service Under Crisis", menyebutkan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.
  • N. Caviello, R. Milley, dan B. Marcolin, dalam tulisannya yang berjudul "Understanding IT-enabled Interactivity in Contemporary Marketing" yang dimuat dalam Journal of Interactive Marketing Vol.15 No.4, menyebutkan bahwa digital marketing adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.


Pihak yang Terlibat dalam Digital Marketing. Beberapa pihak yang terlibat dalam digital marketing adalah :
  • advertiser (pengiklan), yaitu orang atau perusahaan yang mempunyai produk barang atau jasa yang akan dipromosikan secara digital.
  • digital marketer, yaitu orang yang mampu mempromosikan suatu produk secara digital. Digital marketer terdiri dari : 1. self digital marketer, adalah orang yang mempromosikan produknya sendiri secara digital. 2. digital marketer specialist, adalah orang yang mempunyai kemampuan tersertifikasi untuk melakukan aktivitas pemasaran digital. 3. digital marketing agency, adalah perusahaan yang menyediakan jasa digital marketing yang dapat menggunakan teknologi untuk menyediakan konten kreatif untuk melakukan promosi produk pengguna jasanya. 
  • ad network, yaitu perusahaan yang memfasilitasi pemasangan banner iklan dari advertiser (pengiklan). Ad work dapat menjangkau berbagai sisi digital, baik sosial media, website, blog, e-mail, dan search engine.
  • publisher, yaitu pihak yang mempunyai konten kreatif berupa informasi, hiburan, dan literatur yang diminati sekelompok publik dan menyediakan ruang iklan untuk pengiklan pada konten tersebut. 
  • konsumen, yaitu sekelompok orang yang mengakses suatu informasi, hiburan, atau literatur dari media digital tertentu. 
  • produk, yaitu barang atau jasa yang dipromosikan secara digital.


Media Digital Marketing. Beberapa media yang biasa digunakan dalam digital marketing diantaranya adalah sebagai berikut :
  • website. Website merupakan media yang paling banyak digunakan karena menawarkan kemudahan dalam mengakses dan menyebarkan informasi. Media ini dapat digunakan sebagai digital marketing dengan terlebih dahulu membuat website untuk usaha yang tepat. 
  • search engine optimization (SEO). SEO atau mensin pencari, seperti geogle, yahoo, dan lain sebagainya menjadi media online yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi. Search engine dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan apa yang ditargetkan.
  • social media. Media sosial seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya merupakan jejaring sosial yang banyak digunakan. Interaksi yang terjadi tidak ada batasan ruang dan waktu, menjangkau seluruh pelosok dunia. Sosial media menjadi media yang efektif untuk strategi digital marketing.
  • e-mail. Menawarkan produk barang atau jasa dengan cara mengirim e-mail ke konsumen dapat dilakukan dalam digital marketing. Hanya saja, menggunakan e-mail tidak bisa asal kirim, perusahaan harus menggunakan database subscriber yaitu orang-orang yang berminat dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan.
  • google ads (search angine marketing). Google Ads merupakan tempat khusus untuk beriklan dari Google, diantaranya : search engine marketing, display network, dan youtube ads.


Jenis Digital Marketing. Secara umum, digital marketing dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  • push digital marketing, merupakan suatu jenis digital marketing yang mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk barang atau jasa tanpa persetujuan awan dari calon konsumen. Digital marketing yang termasuk dalam jenis ini seperti pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman e-mail promosi ke e-mail konsumen, pengiriman promosi melalui SMS, dan lain sebagainya.
  • pull digital marketing, merupakan suatu jenis digital marketing yang mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk barang atau jasa yang mereka butuhkan. Calon konsumen mencari informasi tersebut melalui blog atau website yang menyediakan informasi yang mereka cari. 

Baca juga : Telemarketing

Tujuan Digital Marketing. Tujuan dari digital marketing adalah sebagai berikut :
  • target pemasaran. Strategi pemasaran dengan digital marketing dapat menjangkau dan menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan tepat, selain juga untuk memperluas pemasaran produk barang atau jasa.
  • meningkatkan band awareness. Dengan digital marketing perusahaan akan lebih mudah dalam memperkenalkan suatu merek atau produk barang atau jasa kepada masyarakat, meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses bagi konsumen atau calon konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa.
  • membangun database market. Dengan digital marketing, perusahaan akan mempunyai database market konsumen yang tepatdan sesuai dengan produk barang atau jasa yang diproduksi-nya. Hal tersebut, nantinya akan memudahkan bagi perusahaan untuk menawarkan kembali produk-produknya kepada konsumen.


Strategi Digital Marketing. Beberapa strategi yang dapat digunakan dalam digital marketing diantaranya adalah sebagai berikut :
  • search engine optimization (SEO), merupakan upaya untuk mengoptimalkan website ke ranking yang lebih tinggi di search engine result pages, dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah traffic yang akan diterima dalam suatu website.
  • content marketing, merupakan kegiatan perencanaan, pembuatan, serta mempromosikan konten tentang perusahaan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan memasarkan suatu produk barang atau jasa.
  • pay per click (PPC), merupakan cara untuk mengarahkan traffic ke suatu situs tertentu dengan bayaran setiap klik yang dilakukan oleh pengguna (konsumen).
  • social media marketing, merupakan kegiatan mempromosikan suatu produk barang atau jasa di channel media sosial.
  • affiliate marketing, merupakan kerja sama antara perusahaan dan pihak penyedia layanan (situs) untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa. Pembayaran didasarkan pada jumlah pembaca atau pengunjung pada produk yang diiklankan.
  • native advertising, merupakan bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait.
  • e-mail marketing, merupakan kegiatan promosi produk barang atau jasa yang dilakukan dengan cara mengirim e-mail kepada konsumen.


Kelebihan Digital Marketing. Dewasa ini, digital marketing banyak digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk barang atau jasa. Hal tersebut menunjukkan bahwa digital marketing efektif bagi perusahaan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk barang atau jasa yang diproduksi-nya. Sebagai suatu strategi pemasaran, digital marketing mempunyai beberapa kelebihan, yaitu sebagai berikut :
  • strategi pemasaran dengan digital marketing dapat dilakukan dengan cepat.
  • hasil yang didapatkan dapat diukur secara realtime dan tepat, sehingga memudahkan untuk melakukan evaluasi.
  • return of investment (ROI) cukup tinggi.
  • memberikan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara konsumen atau calon konsumen dan produsen.
  • jangkauan pemasaran dengan digital marketing sangat luas, bahkan dapat menjangkau seluruh dunia dalam waktu yang cepat.
  • biaya pemasaran produk barang atau jasa yang dikeluarkan dengan strategi digital marketing lebih murah apabila dibandingkan dengan menggunakan strategi pemasaran tradisional atau konvensional.


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian digital marketing, pihak yang terlibat, media yang digunakan, jenis, tujuan, dan strategi digital marketing, serta kelebihan digital marketing.

Semoga bermanfaat.