Pengertian Strategi Pemasaran Dan Konsep Strategi Pemasaran

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Strategi pemasaran merupakan suatu bentuk pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam menentukan dan menetapkan strategi pemasaran yang akan dijalankan suatu perusahaan terlebih dahulu perusahaan harus mengetahui keadaan, situasi dan kondisi pasar serta menilai posisi produk perusahaannya tersebut di pasar. 

Strategi merupakan suatu tindakan yang bersifat incremental (terus meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan dengan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Sedangkan pemasaran dapat diartikan sebagai sekelompok aktivitas yang saling berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan mengembangkan distribusi, promosi, dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu. Pemasaran merupakan suatu kegiatan dalam perekonomian yang berfungsi membantu menentukan nilai ekonomi barang atau jasa. Beberapa hal yang ikut menentukan nilai harga barang dan jasa adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi.  Oleh karenanya, pemasaran sering disebut sebagai penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

Sedangkan pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tjiptono.
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. 

2. Sofjan Assauri.
Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta lokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.

3. Kurtz.
Strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix, yaitu produk, distribusi, promosi, dan harga.

4. William J. Staton.
Strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang mempunyai hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mengiklankan dan menyalurkan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

5. Philip Kotler.
Strategi pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi tentang strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan besarnya pengeluaran pemasaran. 

6. Guiltinan dan Paul.
Strategi pemasaran adalah pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapakan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan.

7. Armstrong dan Kotler.
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran di mana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

Baca juga : Pengertian Kartel Serta Jenis, Keuntungan Dan Kerugian Kartel

8. Michael Baker.
Strategi pemasaran adalah tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

9. David Aaker.
Strategi pemasaran adalah sebuah proses yang dimulai dengan memindai lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal.

10. Christian Hamburg.
Strategi pemasaran adalah semua upaya baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran, yang berkaitan dengan analisis situasi awal strategi perusahaan.

11. Hausman & Associates.
Strategi pemasaran adalah desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan memberikan pelanggan kepuasan.

Baca juga : Fungsi Distribusi, Tujuan Distribusi Serta Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Distribusi

Kepuasan pelanggan/konsumen adalah kunci utama dari konsep dan strategi pemasaran. Dalam setiap perusahaan mempunyai cara yang berbeda dalam melakukan kegiatan marketing, tergantung dari karakteristik perusahaan dan hasil yang diproduksinya, juga tergantung pada kemampuan sumber daya perusahaan. Namun begitu, pada prinsipnya tujuan akhir dari pemasaran adalah tercapainya kepuasan konsumen. Untuk itulah dalam melakukan kegiatan pemasaran, perusahaan selalu punya konsep strategi pemasaran. Konsep strategi pemasaran meliputi :
  • Segmentasi pasar. Perusahaan mesti melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
  • Market positioning. Perusahaan harus mempunyai pola yang spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, dalam arti perusahaan mesti memilih segmen yang paling menguntungkan. Segmen pasar seperti ini mempunyai empat karakteristik, yaitu : berukuran cukup besar, mempunyai potensi untuk terus berkembang, tidak dipenuhi atau tidak memiliki saingan, dan mempunyai kebutuhan yang belum terpenuhi.
  • Market entry strategy. Strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu, misalnya dengan cara membeli perusahaan lain, internal development, atau melakukan kerja sama dengan perusahaan lain.
  • Marketing mix strategy. Kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Variabel yang dimaksud, misalnya barang produksi, harga, tempat, promosi, proses, dan lain sebagainya.
  • Timing strategy. Pemilihan waktu yang tepat dalam melakukan pemasaran. Perusahaan harus terlebih dahulu melakukan persiapan-persiapan baik di bidang produksi maupun di bidang pemasaran, baru kemudian perusahaan menentukan kapan waktu yang tepat untuk peliuncuran produknya.


Tahapan Strategi Pemasaran. Sedangkan menurut Jurini dan Basu Swastha, setiap perusahaan menjalankan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Ada tiga tahap yang ditempuh perusahaan untuk menetapkan strategi pemasaran, yaitu :
  • memilih konsumen yang dituju.
  • mengidentifikasi keinginan konsumen.
  • menentukan bauran pemasaran.

Menurut Corey, strategi pemasaran terdiri atas beberapa unsur/elemen, yaitu :
  • Pemilihan pasar, yaitu memilih pasar yang akan dilayani.
  • Persepsi terhadap fungsi produk.
  • Keterbatasan sumber daya internal yang mendorong perlunya pemusatan yang lebih sempit.
  • Pengalaman kumulatif yang didasarkan pada trial and error dalam menanggapi peluang dan tantangan.
  • Kemampuan khusus yang berasal dari sumber daya.
  • Perencanaan produk.
  • Penetapan harga, yaitu menentukan harga yang dapat mencerminkan nilai kuantitatif dari produk kepada pelanggan.
  • Sistem distribusi, yaitu saluran pemasaran dari grosir dan pengecer hingga sampai pada konsumen akhir yang membeli dan menggunakannya.
  • Promosi, yang meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan lain-lain.

Baca juga : Fungsi Dan Tujuan Dari Strategi Pemasaran

Klasifikasi Strategi Pemasaran. Sedangkan strategi pemasaran dapat dikelompokkan menjadi sebagai beikut :

1. Strategi kebutuhan primer.
Strategi untuk merancang kebutuhan primer ditujukan untuk :
  • menambah jumlah pengguna.
  • meningkatkan jumlah pembeli.

2. Strategi kebutuhan selektif.
Strategi kebutuhan selektif bisa dilakukan dengan cara :

a. Mempertahankan jumlah pelanggan, yaitu dengan :
  • memelihara kepuasan pelanggan.
  • menyederhanakan proses pembelian.
  • mengurangi daya tarik atau jelang untuk peralihan merek.
b. Menjaring pelanggan, yaitu dengan :
  • mengambil posisi berbeda.
Strategi pemasaran sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran dari perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran tersebut adalah siklus daur hidup produk yang terdiri beberapa tahapan, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, serta tahap kemunduran. Faktor penyebab lainnya adalah tingkat persaingan perusahaan di pasar.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian strategi pemasaran dan konsep strategi pemasaran.

Semoga bermanfaat.