Pengertian Sistem Ekonomi Serta Fungsi Dan Tujuan Sistem Ekonomi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada umumnya, sebagaimana pendapat dari Adam Smith,  bahwa sistem ekonomi diadakan sebagai bahan kajian yang mempelajari upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Dalam kaitannya dengan organisasi negara, sistem ekonomi pada dasarnya merupakan bagian dari sistem politik nasional. Sistem ekonomi merupakan sistem yang digunakan suatu negara untuk mengalokasikan, mengatur serta mengelola sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan negara yaitu kemakmuran bersama seluruh masyarakatnya.

Setiap negara menerapkan dan memberlakukan sistem ekonomi yang berbeda-beda, Hal ini disebabkan karena masing-masing negara mempunyai ideologi dan dengan kondisi sosiologis yang berbeda-beda pula, serta masih banyak lagi faktor yang menyebabkan kenapa model sistem ekonomi pada masing-masing negara tersebut berbeda. Misalnya di Indonesia, menurut Muhammad Hatta sistem ekonomi yang cocok diterapkan di Indonesia adalah sistem kekeluargaan. Hal tersebut salah satunya karena budaya kegotong-royongan masyarakat Indonesia terhitung masih kuat. 


Pengertian Sistem Ekonomi. Banyak pendapat yang telah dikemukakan oleh para ahli tentang apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi. Beberapa pendapat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Suroso.
Sistem ekonomi adalah usaha untuk mengatur pertukaran barang dan jasa yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

2. Tom Gunadi.
Sistem ekonomi adalah sistem sosial atau kemasyarakatan dilihat dalam rangka usaha mencapai kemakmuran.

3. Gilarso.
Sistem ekonomi adalah cara untuk mengkoordinasikan perilaku keseluruhan masyarakat (konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam kegiatan menjalankan ekonomi (produksi, distribusi, investasi, dan sebagainya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur  dan dinamis, serta  terhindar dari segala kekacauan.

4. John Mc Manama.
Sistem ekonomi adalah suatu struktur yang konseptual yang telah tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan, yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk dapat mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

5. L. James Havery.
Sistem ekonomi adalah prosedur logis serta rasional untuk dapat merancang suatu rangkaian komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yang berguna sebagai satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

6. Chester A. Bermand.
Sistem ekonomi adalah suatu kesatuan yang terpadu dan holistik di mana setiap bagian mempunyai fungsi dan bagiannya masing-masing.

7. Dumatry.
Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang berfungsi mengatur keterjalinan hubungan ekonomi atar sesama manusia dengan lembaga-lembaga dalam suatu ketahanan ekonomi.

8. Mc. Eachren.
Sistem ekonomi adalah seperangkat mekanisme dan institusi yang mampu menjawab pertanyaan tentang apa, mengapa, dan bagaimana suatu barang diproduksi.

9. Gregory Grossman dan  M. Manu.
Sistem ekonomi adalah sekelompok komponen yang memuat unsur-unsur ekonomi yang terdiri dari unit-unit dan agen-agen ekonomi serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga ikut dalam suatu struktur tertentu yang saling menopang dan saling mempengaruhi.


Fungsi dan Tujuan Sistem Ekonomi. Dalam menjalankan roda perekonomian, suatu negara harus menentukan model sistem ekonomi seperti apa yang akan digunakan. Sistem ekonomi yang dipilih akan sangat menentukan dalam mencapai tujuan bagi kemakmuran bersama seluruh masyarakat suatu negara. Oleh karena sistem ekonomi mempunyai dan tujuan sebagai berikut :

1. Fungsi sistem ekonomi :
  • mengkoordinasikan kegiatan individu dalam perekonomian.
  • menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa dapat berjalan dengan baik.
  • Sebagai faktor pendorong terhadap kegiatan produksi suatu negara.
  • mengatur pembagian hasil produksi pada seluruh anggota masyarakat.

2. Tujuan sistem ekonomi
  • menentukan apa, berapa banyak serta bagaimana suatu barang atau jasa dihasilkan.
  • mengalokasikan produk nasional bruto untuk dikonsumsi rumah tangga, konsumsi masyarakat, penggantian stok modal, dan investasi.
  • mendistribusikan pendapatan nasional, diantaranya kepada anggota masyarakat sebagai gaji, keuntungan perusahaan, bunga, dan lain-lain.
  • memelihara dan meningkatkan hubungan ekonomi dengan luar negeri. 

Baca juga : Definisi Ekonomika

Sehingga berdasarkan fungsi dan tujuan dari sistem ekonomi tersebut, masing-masing negara di dunia akan mempunyai dan menerapkan sistem ekonomi yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan ideologi negara yang dianut, kondisi masyarakat dan perekonomian negara tersebut, serta kondisi sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam, yang dimiliki suatu negara.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian sistem ekonomi serta fungsi dan tujuan sistem ekonomi.

Semoga bermanfaat.