Pengertian Pemasaran Dan Tugas Pemasaran

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pemasaran merupakan kegiatan untuk mengenalkan suatu produk kepada  konsumen yang potensial.  Pemasaran selalu berhubungan erat dengan pasar yang selalu berubah-ubah yang dikarenakan faktor lingkungan yang berada di luar kontrol perusahaan secara langsung. 

Dalam suatu perusahaan, tujuan utama dari pemasaran adalah memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Di sinilah pemasaran mempunyai fungsi untuk meramalkan dan merencanakan suatu strategi guna menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi dalam perusahaan, sekaligus strategi untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan/konsumen. Yang terpenting, seorang agen pemasaran harus dapat melihat banyaknya aspek pendukung pemasaran dan menerapkan aspek-aspek tersebut dalam memasarkan produk yang dihasilkan oleh perusahaannya, sehingga target dan tujuan pemasaran dapat terpenuhi.
Telah banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan pemasaran. Beberapa pengertian pemasaran menurut para ahli tersebut adalah : 

1. Tung Desem Waringin.
Pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

2. Djaslim Saladin.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

3. Daryanto.
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

4. Fandy Tjiptono.
Pemasaran adalah fungsi yang memiliki hubungan paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal.

5. Firdaus.
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang seperti halnya pengusaha guna mempertahankan kelangsungan hidup serta memenuhi kebutuhan dan juga mendapatkan laba/keuntungan.

Baca juga : Pengertian Dan Konsep Manajemen Pemasaran

6. Basu Swastha dan Hani.
Pemasaran adalah proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut hingga proses proses promosi maupun distribusinya dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

7. Philip Kotler dan Amstrong.
Pemasaran adalah proses manajerial yang orang-orang di dalamnya mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk-produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.

8. Philip Kotler.
Pemasaran adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.

9. William J. Stanton.
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya, dan bisa memuaskan konsumen.

10. Philip dan Duncan.
Pemasaran adalah sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dijualbelikan ke tangan pembeli atau konsumen.

Baca juga : Pengertian Strategi Pemasaran Dan Konsep Strategi Pemasaran

11. Jay Abraham.
Pemasaran adalah sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan paling baik kepada konsumen.

12.Tim Marknesis.
Pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan,  dan menyampaikan nilai bagi pelanggan, serta memberikan manfaat  bagi organisasi dan para pemangku kepentingan.

13. Hair dan Mc. Daniel.
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi.

14. John Westwood.
Pemasaran adalah sebuah usaha terpadu yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/laba kepada perusahaan.
Selain dari pendapat para ahli tersebut, pengertian pemasaran juga dapat ditemukan dalam :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Pemasaran adalah proses, cara, perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tengah masyarakat pada umumnya.

2. American Marketing Association.
Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan serta untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan.
Tugas Pemasaran. Berdasarkan pengertian-pengertian dari pemasaran tersebut di atas, maka dapat disimpulkan beberapa tugas pemasaran adalah :
  • Memperkenalkan produk. Mengenalkan produk yang diciptakan dan diproduksi oleh perusahaan kepada masyarakat luas merupakan tugas terpenting dari pemasaran.
  • Memenuhi target penjualan.  Target penjualan suatu produk sudah ditetapkan sejak awal, sudah menjadi tugas dari bagian pemasaran untuk dapat mencapai dan memenuhi target penjualan produk tersebut.
  • Memastikan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh bagian pemasaran selain pemenuhan target penjualan. Dengan memastikan konsumen merasa puas dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan, maka bisa dikatakan proses pemasaran tersebut telah dianggap berhasil.
  • Membuat strategi lanjutan. Ada banyak cara/teknik dalam memasarkan suatu produk. Strategi lanjutan dimaksudkan untuk mendapatkan target profit yang lebih besar dari strategi sebelumnya.
  • Bekerja sama dengan mitra. Marketing mempunyai peran penting dalam menjalin hubungan baik dengan mitra khususnya pelanggan.
  • Membuat rekapitulasi penjualan. Tim marketing harus membuat rekap data penjualan dengan benar dan rapi. Data penjualan akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai acuan untuk menentukan target dan strategi pemasaran yang akan datang.

Baca juga : Pengertian Konsinyasi (Penjualan Konsinyasi), Keuntungan Konsinyasi, Serta Hak Dan Kewajiban Komisioner

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian pemasaran dan tugas pemasaran.

Semoga bermanfaat.