Sistem Informasi Manajemen

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Sistem Informasi Manajemen. Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu organisasi, yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah organisasi seperti biaya produksi, layanan, maupun strategi organisasi. Sistem informasi manajemen juga dapat berarti seperangkat prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan dan menghasilkan data yang handal, relevan, dan terorganisir dengan baik untuk mendukung proses pengambilan keputusan suatu organisasi.

Sistem informasi manajemen mulai berkembang pada awal tahun 2000-an, dan menjadi sistem yang terpadu di berbagai macam perusahaan. Sistem yang dinamai sistem informasi manajemen ini dibentuk menjadi suatu sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System). Pada era yang semakin modern seperti saat ini, sistem informasi manajemen telah dioperasikan secara terpadu dan dijalankan secara otomatis.


Tujuan Sistem Informasi Manajemen. Sistem informasi manajemen berguna sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan. Pada prinsipnya, sistem informasi manajemen bertujuan untuk :
  • mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data atau informasi yang masuk, kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik, sehingga keputusan yang diambil oleh manajemen suatu perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas dan produktivitas perusahaan.


Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli. Menurut Maeve Cummings, dalam dunia akademisi, sistem informasi manajemen berarti studi tentang komputer dan komputasi dalam lingkungan bisnis. Ilmu komputer berfokus pada mesin, sementara sistem informasi atau sistem informasi manajemen berfokus pada bagaimana teknik informatika dapat mendukung strategi dan operasi organisasi. Sedangkan menurut banyak ahli di bidang manajemen, yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Imam Prayogo Pujiono, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dapat mengolah data dan informasi sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk mendukung perencanaan, pengendalian, dan pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi.
  • Azhar Susanto, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari sub sistem/komponen/bagian apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan. 
  • Jogiyanto Hartono, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengolah dan mengumpulkan data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
  • E.S. Margianti dan Suryadi H.S, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama. Informasi yang terdapat dalam sistem informasi manajemen biasanya berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.
  • James A.F. Stoner, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah metode formal yang memberikan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.
  • James O'Brien, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware, software, jaringan komputer, dan jaringan komunikasi data, dan juga database yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi.
  • Gordon B. Davis, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi/perusahaan.
  • Bodnar dan Hopwood, menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari perangkat keras/hardware, maupun perangkat lunak/software untuk mentransformasikan data ke dalam suatu bentuk informasi yang lebih berguna.


Fungsi Sistem Informasi Manajemen. Sistem informasi manajemen yang digunakan oleh suatu organisasi mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • mempermudah manajer dalam merencanakan, mengawasi, mengarahkan, dan mendelegasikan pekerjaan kepada semua anggota tim melalui hubungan satu koordinasi.
  • data menjadi lebih efektif, efisien, akurat, serta tepat waktu.
  • dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas, dengan biaya yang lebih rendah.
  • meningkatkan sumber daya manusia.


Kemampuan Sistem Informasi Manajemen. Sistem informasi manajemen secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai dengan yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlahan yang berkapasitas tinggi. Perangkat komputer sebenarnya tidak dapat mengerjakan sesuatu, ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh di atas sistem non komputer. Kemampuan inilah yang telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Namun demikian, sistem informasi manajemen juga dapat mengalami kegagalan dalam pemrosesan data. Faktor penyebab kegagalan sistem informasi manajemen, diantaranya adalah :
  • kurangnya perencanaan yang memadai.
  • kurangnya personil yang handal.
  • kurangnya organisasi yang wajar.
  • kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikut-sertaan para manajer dalam merancang sistem. 


Penerapan Sistem Informasi Manajemen. Sistem informasi manajemen mempunyai banyak manfaat, baik bagi pihak manajemen maupun untuk organisasi secara keseluruhan. Beberapa contoh penerapan sistem informasi manajemen yang dapat membantu manajemen suatu organisasi diantaranya adalah :
  • Enterprise Resource Planning (ERP). Sistem ini banyak digunakan oleh perusahaan besar. Sistem ini biasanya digunakan untuk mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang terintegrasi antar unit di dalam perusahaan.
  • Supply Chain Management (SCM). Sistem ini sangat bermanfaat bagi manajemen karena mengintegrasikan data-data, seperti manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer sampai konsumen akhir.
  • Transaction Processing System (TPS). Sistem ini berguna untuk memproses data dalam jumlah yang besar atau transaksi yang banyak dan rutin. Program ini biasanya diaplikasikan dalam manajemen gaji dan investasi.
  • Knowledge Work System (KWS). Sistem ini mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi/entitas.
  • Decision Support System (DSS). Sistem ini membantu manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan organisasi.


Sistem informasi manajemen berbeda dengan sistem informasi biasa, karena sistem informasi manajemen digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Sistem informasi manajemen merupakan kumpulan dari sistem informasi diantaranya adalah sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi personalia, sistem informasi distribusi, sistem informasi analisis kredit, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan berkaitan dengan sistem informasi manajemen.

Semoga bermanfaat.