Rencana Sekali Pakai Dalam Manajemen

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada umumnya, yang dimaksud dengan perencanaan adalah perencanaan dalam arti yang sempit atau sederhana yaitu suatu proses dasar di mana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Untuk mendapatkan suatu perencanaan yang baik dalam rangka mencapai tujuan dari suatu perusahaan, maka perencanaan yang dilakukan haruslah melalui tahapan-tahapan perencanaan tertentu, yaitu :
  1. Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan. 
  2. Merumuskan keadaan saat ini. 
  3. Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan. 
  4. Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan. 
gambar : pengertianahli.com

Baca juga : Pengertian Perencanaan (Planning), Syarat, Jenis, Fungsi, Tujuan, Dan Tahapan Perencanaan Serta Alasan Perlunya Perencanaan (Planning)

Sedangkan dalam praktek manajemen, suatu rencana dibedakan menjadi dua tipe rencana, yaitu : 
  1. Rencana sekali pakai (single use plans).
  2. Rencana tetap (standing plans).

Kedua tipe rencana tersebut termasuk dalam rencana operasional (operational plans) dalam suatu manajemen.
Pengertian Rencana Sekali Pakai. Yang dimaksud dengan rencana sekali pakai (single use plans) adalah serangkaian kegiatan terperinci yang kemungkinan tidak berulang dalam bentuk yang sama di waktu yang akan datang. Rencana sekali pakai dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan tidak digunakan kembali bila tujuan telah tercapai.
  • Contoh dari rencana sekali pakai adalah perencanaan perusahaan untuk membangun gudang baru karena adanya perluasan usaha, akan memerlukan rencana sekali pakai khusus bagi proyek tersebut, walaupun perusahaan telah membangun sejumlah bangunan lain di waktu yang lalu. 
Rencana sekali pakai mempunyai tipe-tipe pokok yang dapat teridentifikasi dari :

1. Program.
Suatu program meliputi serangkaian kegiatan yang relatif luas. Adanya program dapat menunjukkan :
  • Langkah-langkah pokok yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  • Satuan atau para anggota organisasi yang bertanggung jawab atas setiap langkah .
  • Urutan dan waktu setiap langkah.

Program dapat disertai suatu anggaran atau sekumpulan anggaran bagi kegiatan-kegiatan yang diperlukan. Program merupakan suatu campuran dari tujuan, strategi, kebijaksanaan, aturan dan penugasan pekerjaan. Program-program pokok dalam organisasi biasanya dalam bentuk :
  • Penelitian, pengembangan dan pengenalan produk atau jasa baru.
  • Penganggaran penjualan, persediaan, kebutuhan produksi, dan keuangan.
  • Latihan dan pengembangan personalia untuk menguasai perubahan-perubahan organisasi.
2. Proyek.
Proyek adalah rencana sekali pakai yang lebih sempit dan merupakan bagian terpisah dari program. Setiap proyek mempunyai :
  • Ruang lingkup yang terbatas.
  • Arah penugasan yang jelas.
  • Waktu penyelesaian.

Setiap proyek menjadi tanggung jawab personalia yang ditunjuk dan memberikan sumber daya-sumber daya tertentu dan batas waktu. Perencanaan proyek adalah tipe perencanaan yang fleksibel untuk menyesuaikan dengan berbagai situasi. Proyek merupakan peralatan perencanaan yang efektif.
3. Anggaran.
Anggaran (budget) adalah laporan sumber daya keuangan yang disusun untuk kegiatan-kegiatan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Anggaran merupakan peralatan pengawasan kegiatan-kegiatan organisasi dan komponen penting dari program dan proyek. Anggaran memerinci pendapatan dan pengeluaran dan memberikan target bagi kegiatan-kegiatan seperti penjualan, biaya-biaya departemen atau investasi baru. Alasan kenapa anggaran termasuk sebagai rencana sekali pakai adalah karena seringnya manajer menggunakan penyusunan anggaran sebagai proses melalui mana keputusan-keputusan dibuat untuk memperlakukan sumber daya-sumber daya pada berbagai alternatif rangkaian kegiatan. Penganggaran sering menjadi proses perencanaan kunci  melalui mana kegiatan-kegiatan lain dipilih dan dikoordinasikan.
Sedangkan yang dimaksud dengan rencana tetap (standing plans) adalah pendekatan-pendekatan standar untuk penanganan situasi-situasi yang dapat diperkirakan dan terjadi berulang-ulang. Wujud umum dari rencana-rencana tetap adalah kebijaksanaan, prosedur, dan aturan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan rencana sekali pakai (single use plans) dalam manajemen.

Semoga bermanfaat.