Pengertian Lingkungan Hidup Dan Macam Lingkungan Hidup

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dalam Undang-Undang Nomor : 32 Tahun 2009 tentang  Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Baca juga : Pengertian Hukum Lingkungan

Untuk menjaga keberlangsungan bumi dimana kita hidup, salah satu hal yang harus kita lakukan adalah menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Pelestarian terhadap lingkungan hidup dimaksudkan  agar keseimbangan lingkungan secara alami tetap terjaga dan tetap berlangsung. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung  dikarenakan adanya beberapa faktor, yaitu :
  • komponen-komponen yang terlibat dalam aksi reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan.
  • adanya pemindahan energi.
  • tetap berlangsungnya siklus biogeokimia.

Sedangkan keseimbangan  lingkungan dapat terganggu apabila terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam suatu ekosistem.


Pengertian Lingkungan Hidup. Pengertian lingkungan hidup menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Emil Salim.
Lingkungan hidup adalah segala benda, kondisi, keadaan , dan pengaruh yang terdapat  dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.

2. Otto Soemarwoto.
Lingkungan hidup adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita.

3. S.T. Munajat Danusaputra.
Lingkungan hidup adalah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktivitasnya, yang terdapat di dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.

Baca juga : Komponen Atau Unsur Lingkungan Hidup

4. Bintarto.
Lingkungan hidup adalah segala hal yang berada di sekitar kita, baik itu benda atau makhluk hidup yang terpengaruh oleh kegiatan yang dilakukan manusia.

5. Ahmad.
Lingkungan hidup adalah sistem kehidupan di mana terdapat campur tangan  manusia terhadap tatanan ekosistem.

6. Soedjono.
Lingkungan hidup adalah lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam.

Baca juga : Asas, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

7. Jonny Purba.
Lingkungan hidup adalah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai.

8. Supardi.
Lingkungan hidup adalah jumlah semua benda hidup dan benda mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam ruang yang kita tempati, yang secara garis besar terbagi dalam dua macam lingkungan, yaitu :
  • Lingkungan fisik, yaitu segala benda mati dan keadaan fisik yang ada di sekitar individu, seperti batu, air, udara, dan lain sebagainya. Lingkungan fisik ini  berhubungan erat dengan mahluk hidup yang menghuninya.
  • Lingkungan biotik, yaitu segala makhluk hidup yang ada disekitar individu, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Tiap unsur biotik akan berinteraksi dengan unsur biotik yang lain dan juga berinteraksi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan abiotik.
9. Sri Hayati.
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.

10. Sambas Wirakusumah.
Lingkungan hidup adalah semua aspek kondisi eksternal biologis, di mana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme tersebut.

11. S.J. Mc. Naughton dan Larry L. Wolf.
Lingkungan hidup adalah semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi organisme.
Macam Lingkungan Hidup. Lingkungan hidup merupakan suatu sistem yang terdiri dari lingkungan hayati, lingkungan non hayati, lingkungan buatan atau binaan, dan lingkungan sosial. Berdasarkan hal tersebut,  lingkungan hidup dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam lingkungan hidup, yaitu :
  • Lingkungan hidup alami, yaitu lingkungan hidup bentukan alam yang terdiri atas berbagai sumber alam dan ekosistem dengan komponen-komponennya. Lingkungan hidup alami bersifat dinamis, karena memiliki tingkat heterogenitas yang sangat tinggi.
  • Lingkungan hidup buatan atau binaan, yaitu lingkungan hidup yang dibuat dan dibangun oleh manusia dengan bantuan teknologi, baik dengan teknologi sederhana maupun teknologi modern. Lingkungan hidup buatan bersifat terbatas (kurang beraneka ragam) karena keberadaannya selalu disesuaikan dengan kebutuhan manusia.
  • Lingkungan hidup sosial, yaitu lingkungan hidup yang terbentuk karena adanya interaksi sosial dalam masyarakat. Lingkungan hidup sosial dapat membentuk lingkungan hidup buatan atau binaan tertentu yang bercirikan perilaku manusia sebagai makhluk sosial. Hubungan antara individu dan masyarakat dalam lingkungan hidup sosial sangat erat dan saling mempengaruhi serta saling bergantung.


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian lingkungan hidup dan macam lingkungan hidup.

Semoga bermanfaat.