Komponen Atau Unsur Lingkungan Hidup

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Lingkungan merupakan segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita. Hidup dan kehidupan kehidupan manusia tidak akan terlepas dari dari pengaruh terhadap lingkungan. Supardi, mengartikan lingkungan hidup sebagai jumlah semua benda hidup dan benda mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam ruang yang kita tempati, yang secara garis besar terbagi dalam dua macam lingkungan, yaitu :
  • Lingkungan fisik, yaitu segala benda mati dan keadaan fisik yang ada di sekitar individu, seperti batu, air, udara, dan lain sebagainya. Lingkungan fisik ini  berhubungan erat dengan mahluk hidup yang menghuninya.
  • Lingkungan biotik, yaitu segala makhluk hidup yang ada disekitar individu, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Tiap unsur biotik akan berinteraksi dengan unsur biotik yang lain dan juga berinteraksi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan abiotik.

Sedangkan Brotokusumo, menyebutkan bahwa ciri khas dalam sistem lingkungan adalah adanya keaneka-ragaman alami dalam ruang dan waktu, sehingga kita tidak dapat memastikan dengan tepat tentang apa, di mana, dan  kapan akibat akan terjadi disaat adanya kegiatan manusia di suatu tempat dan pada waktu tertentu.

Baca juga : Pengertian Lingkungan Hidup Dan Macam Lingkungan Hidup

Tujuan Lingkungan Hidup. Dalam pengelolaan lingkungan hidup, tujuan akhir yang ingin dicapai adalah pelestarian kemampuan dari unsur-unsur lingkungan, seperti sumber daya air, tanah, udara, dan biologis untuk menunjang  pembangunan yang berkelanjutan. Sedangkan tujuan pembangunan lingkungan hidup adalah :
  • meningkatkan mutu lingkungan hidup.
  • memanfaatkan  sumber daya alam secara berkelanjutan.
  • merehabilitasi kerusakan lingkungan.
  • mengendalikan pencemaran.
  • meningkatkan kualitas hidup.
Komponen Atau Unsur Lingkungan Hidup. Manusia merupakan komponen lingkungan alam yang memiliki daya pikir dan nalar yang tinggi, sehingga mampu mengubah ekosistem sesuai dengan yang dikehendakinya. Manusia akan memperoleh unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukan untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Lingkungan hidup meliputi beberapa aspek, yaitu :
  • aspek biologi, yaitu semua makhluk hidup yang ada disekitar lingkungan hidup manusia, seperti hewan dan tumbuhan.
  • aspek fisik, yaitu lingkungan alam yang berupa benda mati yang berada di sekitar manusia, seperti  tanah, iklim, sumber energi, bahan tambang, dan lain-lain.
  • aspek manusia dan sosial, yaitu lingkungan manusia dalam sebuah masyarakat di mana manusia tinggal, misalnya interaksi sosial dan lain-lain.
Pada umumnya, komponen lingkungan hidup dibedakan menjadi tiga unsur, yaitu :

1. Komponen Lingkungan Biotik (Biologis)
Komponen lingkungan biotik yaitu unsur lingkungan hidup yang berupa makhluk hidup, yang terdiri dari mikro organisme, hewan, tumbuhan, dan manusia.  Lingkungan biotik selalu berubah selalu mengalami perubahan, baik perubahan secara cepat maupun secara perlahan-lahan. Perubahan yang terjadi pada lingkungan biotik sangat berhubungan erat dengan stabilitas ekosistemnya.
Lingkungan biotik dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu :
  • Produsen, yaitu makhluk hidup yang dapat atau bisa menghasilkan makanan untuk makhluk hidup yang lain. 
  • Konsumen, yaitu makhluk hidup yang makanannya mengambil dari makhluk hidup yang lain.
  • Pengurai atau dekomposer, yaitu makhluk hidup yang memiliki peran untuk merombak atau mengurai zat-zat dari jazad makhluk hidup lain yang telah mati.

2. Komponen Lingkungan Abiotik (Fisik).
Komponen lingkungan abiotik yaitu unsur lingkungan hidup yang berupa  benda mati yang ada di sekitar kita, seperti cahaya matahari, tanah, air, udara dan lain sebagainya. Semua unsur abiotik akan saling mempengaruhi, sebagai contoh apabila  matahari bersinar dengan terik atau suhunya meningkat, maka air laut akan menguap.

3. Komponen Lingkungan Sosial.
Komponen lingkungan sosial yaitu unsur lingkungan hidup yang merupakan tempat yang digunakan manusia untuk melakukan interaksi sosial. Interaksi yang dilakukan manusia tersebut bisa berbentuk interaksi antara manusia dengan manusia ataupun antara manusia dengan lingkungan hidupnya. 
Sedangkan berdasarkan ilmu ekologi manusia, unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
  • Lingkungan alami, yaitu kondisi alamiah suatu wilayah, belum ada campur tangan manusia.
  • Lingkungan sosial, yaitu sebuah kondisi lingkungan yang terkait dengan manusia termasuk sifat dan karakternya dalam berinteraksi sebagai makhluk sosial.
  • Lingkungan budaya, yaitu lingkungan yang dikelola, dibuat, dibentuk, atau dimodifikasi manusia sebagai karya seni, seperti adat istiadat, candi, dan lain-lain.

Demikian penjelasan berkaitan dengan komponen atau unsur lingkungan hidup.

Semoga bermanfaat.