Pengertian Ekologi Dan Ekosistem

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Permasalahan lingkungan hidup pada hakekatnya adalah permasalahan ekologi. Misalnya, kebutuhan tumbuh-tumbuhan akan sinar matahari,  siklus makanan yang ada di bumi, dan lain sebagainya.

Kata ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu "oekos" yang berarti rumah, dan "logos" yang berarti ilmu. Jadi ekologi berarti ilmu tentang makhluk hidup dengan rumahnya atau rumah tangga mahkluk hidup. Istilah ekologi pertama kali digunakan oleh Arnest Haeckel, seorang ahli biologi dari Jerman pada tahun 1866.

Baca juga : Peranan Manusia Dalam Ekosistem

1. Hubungan Ekologi dengan Ilmu Lainnya.
Ekologi dan ekonomi mempunyai banyak persamaan, di antara persamaan-persamaan tersebut adalah :
  • Sama-sama mempunyai alat transaksi, hanya bedanya pada ekologi tidak menggunakan uang sebagai alat transaksi, tetapi materi, energi, dan informasi. Alat transaksi dalam ekologi tersebut dalam suatu komunitas atau antar beberapa komunitas mendapat perhatian utama seperti halnya uang dalam ekonomi. Maka ekologi dapat disebut sebagai ekonomi alam.
  • Pada hakekatnya antara ekologi dan ekonomi mempelajari tentang rumah tangga manusia dan mempunyai banyak persamaan.
  • Dalam ekologi dan ekonomi dikenal istilah yang sama seperti produsen, konsumen, sirkulasi, keseimbangan, krisis, dan lain sebagainya. 
  • Penelitian di dalam ekologi maupun ekonomi sama-sama dilakukan atas tata rumah tangga manusia, hanya materilah yang membedakan keduanya, meskipun konsep pemikiran maupun model lingkarannya sama.

Baca juga : Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) : Pengertian, Asas, Tujuan, Dan Ruang Lingkup PPLH

Ekologi merupakan bagian dari biologi, namun sangat erat hubungannya dengan ilmu yang lain. Di dalam kehidupan manusia tidak hanya memperhatikan materi energi dan informasi saja, tetapi harus mempertimbangkan masukan-masukan lain seperti ekonomi, teknologi, sosial, politik, dan budaya. Ekologi merupakan salah satu komponen dalam pengelolaan lingkungan hidup yang harus ditinjau bersama-sama dengan komponen lain agar keputusannya selaras dan seimbang.

Hubungan ekologi dengan ilmu alam lainnya, misalnya dengan fisika adalah membahas perubahan suhu, daya serap tanah karena pengaruh sinar matahari, proses dan pengaruh hujan terhadap kehidupan. Hubungan ekologi dengan ilmu bumi dan antariksa adalah ekologi berkaitan erat antara lain adanya musim, proses pengendapan batuan, pengaruh batuan, pengaruh pergeseran letak bumi terhadap matahari, dan lain sebagainya. Hubungan ekologi dengan ilmu-ilmu sosial adalah manusia sebagai bagian dalam ekosistem selalu berhubungan dengan masalah-masalah sosial.
2. Cakupan Wilayah Kerja Ekologi.
Miller memberi gambaran batas wilayah kerja ekologi sebagai suatu model yang berdasarkan atas anggapan bahwa seluruh alam semesta merupakan suatu ekosistem tersusun dari kelompok-kelompok komponen yang berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Masing-masing kelompok merupakan suatu kesatuan dengan kelompok lainnya.

Dalam cakupan wilayah kerja ekologi perlu diketahui beberapa pengertian antara lain :
  • Individu adalah suatu kesatuan dari faktor faktor keturunan yang sama.
  • Populasi adalah sekumpulan individu dari jenis yang sama dan terjadi bersama-sama pada suatu tempat dan waktu.
  • Komunitas adalah kumpulan populasi yang menempati suatu daerah tertentu atau disebut pula biozonose. Dalam ekologi yang disebut komunitas biotik adalah komunitas yang anggota-anggotanya mempunyai tempat tumbuh atau tempat berbiak yang sama.
  • Ekosistem adalah tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Ekosistem sering disebut sebagai ekologi murni karena cakupan ekologi adalah lingkungan yang tatanannya merupakan ekosistem.
  • Sosio ekosistem adalah tingkat organisasi yang lebih tinggi dari ekosistem, yang terbentuk karena adanya interaksi iklim dan jasad hidup setempat.
  • Biosfer adalah tingkat organisasi biologi terbesar mencakup semua kehidupan di bumi dan adanya interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.
3. Ekosistem.
Suatu organisme tidak akan dapat hidup mandiri tanpa kehadiran organisme lain serta mengabaikan sumber daya alam yang merupakan sumber pangan, tempat perlindungan, dan tempat perkembangbiakan. Suatu konsep sentral dalam ekologi adalah ekosistem yaitu suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sistem adalah suatu rangkaian kegiatan atau komponen-komponen yang bekerja teratur saling berkaitan dan merupakan suatu kesatuan untuk memperoleh suatu hasil tertentu.

Ekosistem terbentuk oleh komponen hidup dan tidak hidup, di suatu tempat dan berinteraksi dalam suatu kesatuan yang teratur. Ditinjau dari fungsinya komponen-komponen, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
  1. Autotrofik. Auto berarti sendiri dan trofik berarti menyediakan makanan. Jadi autotrofik berarti organisme yang dapat mensintesa makanannya sendiri atau dapat menyediakan makanan sendiri. Organisme tersebut mengubah bahan-bahan organik menjadi bahan anorganik dengan bantuan energi matahari dalam butir-butir hijau daun atau klorofil.
  2. Heterotrofik, adalah organisme yang hanya dapat memanfaatkan bahan makanan yang disediakan oleh organisme lain.

Baca juga : Pengertian Hukum Lingkungan

Apabila dilihat dari unsur penyusunnya, komponen-komponen tersebut dibedakan menjadi empat macam, yaitu :
  1. Bahan tak hidup atau abiotik yaitu komponen fisik dan kimia yang terdiri atas tanah, air, udara, sinar matahari yang merupakan medium atau substrat untuk berlangsungnya kehidupan.
  2. Produsen adalah organisme outotrofik.
  3. Konsumen adalah organisme heterotrofik.
  4. Pengurai, perombak, atau decomposer adalah organisme heterotrofik yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati. Termasuk dalam kelompok pengurai adalah bakteri dan jamur.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian ekologi dan ekosistem.

Semoga bermanfaat.