Pengertian Dan Fungsi Public Relations (Humas)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Public Relations (Humas) sudah dikenal oleh manusia sejak jaman dahulu kala. Manusia selalu mencoba berkomunikasi dan membuat dirinya paham akan sesuatu. Hal tersebut terlihat dari perkembangan cara manusia dalam berkomunikasi, di mulai dari piktogram atau gambar yang mengandung arti, lukisan-lukisan atau gambar-gambar simbol yang mengandung pesan tertentu, sampai dengan menggunakan huruf seperti yang dikenal sekarang. Cara komunikasi yang dilakukan oleh manusia dari jaman ke jaman tersebut dapat dikatakan sebagai bentuk dari teknik Public Relations (Humas).

Baca juga : Tugas Dan Tanggung Jawab Public Relations (Humas)

Pengertian Public Relations (Humas). Pengertian dari Public Relations (Humas) sangat relatif, hal itu karena sampai dengan saat ini banyak ahli yang mencoba mendefinisikan atau menafsirkan sendiri apa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) tersebut. Namun begitu, pada intinya Public Relations (Humas) selalu berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul suatu dampak, yaitu berupa perubahan yang positif. Public Relations (Humas) tidak hanya berkenaan dengan suatu periklanan atau pemasaran, tetapi lebih luas daripada hal tersebut. Public Relations (Humas) adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku terhadap semua jenis organisasi, baik yang bersifat komersial maupun non komersial, di sektor publik (pemerintah) maupun privat (swasta).
Terdapat banyak pengertian tentang Public Relations (Humas) yang dikenal oleh masyarakat, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Edward L. Bernay, dalam bukunya yang berjudul The Engineering of Consent, mendifinisakan Public Relations (Humas) sebagai cara membujuk publik untuk memiliki pengertian yang mendukung serta memiliki biat baik.
  • Frank Jefkins, mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. 
  • Rex F. Harlow, mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya. Public Relations (Humas) merupakan sistem peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan, dengan menggunakan riset dan komunikasi yang sehat dan etis sebagai alat utamanya.
  • Cutlip Center Broom, mendifinikan Public Relations (Humas) sebagai usaha terencana untuk mempengaruhi pandangan melalui karakter yang baik serta tindakan yang bertanggung jawab, didasarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan.
  • Betrand R. Canfield, mengatakan bahwa Public Relations (Humas) adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan aturan seseorang atau lembaga demi kepentingan publik dan melaksanakan program kegiatan untuk memperoleh pengertian dan penerimaan publik.
  • J.C. Seidel, menyatakan bahwa Public Relations (Humas) adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan analisa serta perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.
  • Howard Bonham, mengatakan bahwa Public Relations (Humas) adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau suatu lembaga atau badan.
  • Effendi, menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas)  adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerja sama dan pemenuhan kepentingan bersama.
  • Frida Kusumastuti, mengatakan bahwa Public Relations (Humas) adalah aktivitas komunikasi dua arah dengan publik (organisasi/perusahaan), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu/kerja sama.
  • World Assembly of Public Relations (Majelis Humas Dunia), menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) adalah seni dan ilmu sosial dalam menganalisis kecenderungan, memperkirakan akibat-akibat, memberikan saran kepada pemimpin perusahaan serta melaksanakan program tindakan terencana yang melayani baik kepentingan organisasi dan khalayaknya. 
  • The British Institute of Public Relations, memberikan definisi Public Relations (Humas) sebagai keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.
  • The Mexican Statement, yang merupakan pertemuan asosiasi-asosiasi Public Relations (Humas) seluruh dunia di Mexico City pada bulan Agustus 1978, menyebutkan bahwa Public Relations (Humas) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisa berbagai kecenderungan, memperkirakan setiap kemungkinan konsekuensinya, memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, serta menerapkan progam-progam tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan kepentingan khalayaknya.
  • Webester's Third New International Dictionary, mendefinisikan Public Relations (Humas) sebagai seni pengetahuan untuk mengembangkan pengertian timbal balik dan niat baik.
  • Webster's New Collegiate Dictionary, mendefinisikan Public Relations (Humas) sebagai usaha mendorong  masyarakat untuk memiliki goodwill terhadap seseorang, perusahaan atau lembaga.

Baca juga : Sejak Kapan Public Relations/Humas Mulai Dikenal ? (Sejarah Perkembangan Public Relations/Humas)

Dari berbagai pengertian Public Relations (Humas) tersebut, dan masih banyak lagi pengertian tentang hal itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Public Relations (Humas) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengomunikasikan 5 W + 1 H, yaitu :
  • Siapa kita (who) ?
  • Apa yang kita kerjakan (what) ?
  • Mengapa kita mengerjakannya (why) ?
  • Kapan kita mengerjakannya (whwn) ?
  • Di mana publik dapat mendapatkan informasi tentang kita (where) ?
  • Bagaimana kita berbeda dengan pesaing (how) ? 

Baca juga : Public Relations (PR) Dan Hubungan Masyarakat (Humas)

Fungsi Public Relations (Humas). Sedangkan fungsi dari Public Relations (Humas) pada intinya adalah sebagai berikut :
  • Memelihara komunikasi yang harmonis antara perusahaan dengan publiknya (maintain good communication).
  • Melayani kepentingan publik dengan baik (serve public's interest).
  • Memelihara perilaku dan moralitas perusahaan dengan baik (maintain good morals and manners).

Baca juga : Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Public Relations (Humas) Menurut Para Ahli. Selain dari fungsi Public Relations (Humas) tersebut, banyak ahli yang mengemukakan juga tentang fungsi dari Public Relations (Humas), di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Effendy.
Effendy dalam bukunya yang berjudul "Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi" menyebutkan bahwa fungsi dari Public Relations (Humas) adalah :
  1. Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi.
  2. Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik, baik publik ekstern maupun publik intern.
  3. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada organisasi.
  4. Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.

2. Betrand R. Canfield
Betrand R. Canfield dalam bukunya yang berjudul "Public Relations Principles and Problems" mengemukakan bahwa fungsi dari Public Relations (Humas) adalah :
  • Mengabdi kepada kepentingan publik (It should serve the public's interest).
  • Memelihara komunikasi yang baik (Maintain good communications).
  • Menitikberatkan moral dan tingkah laku yang  baik (And stress good morals and manners).

3. Edward L. Bernay.
Edward L. Bernays dalam bukunya yang berjudul "Public Relations" mengemukakan bahwa fungsi dari Public Relations (Humas) adalah :
  • Memberikan penerangan kepada masyarakat.
  • Melakukan persuasi untuk merubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsungh.
  • Berupaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu badan/lembaga sesuai dengan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.

4. Noeradi.
Noeradi dalam "Kapita Selekta Pengetahuan Kehumasan" menyebutkan bahwa menurut survei internasional menyimpulkan bahwa fungsi Humas masa kini meliputi :
  1. Memberikan konseling yang didasarkan pada penguasaan masalah perilaku manusia.
  2. Membuat analisa kecenderungan masa depan dan ramalan akibat-akibatnya.
  3. Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya.
  4. Menciptakan dan membina komunikasi dua arah berlandaskan kebenaran dan informasi secara utuh.
  5. Mencegah konflik dan salah pengertian.
  6. Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
  7. Melakukan penyerasian kepentingan lembaga dengan kepentingan umum.
  8. Meningkatkan pengalaman itikad baik lembaga terhadap personil, penyuplai, dan konsumen.
  9. Memperbaiki hubungan industrial.
  10. Menarik calon tenaga yang baik agar menjadi personil serta mengurangi keinginan personil untuk keluar dari lembaga.
  11. Memasyarakatkan produk.
  12. Mengusahakan perolehan laba yang maksimal.
  13. Menciptakan identitas lembaga.
  14. Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun interbasional.
  15. Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi. 

Dengan demikian seorang Public Relations (Humas) dapat dikatakan berfungsi apabila dia mampu melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik, berguna atau tidak dalam menunjang tujuan perusahaan dan menjamin kepentingan publik.

Baca juga : Pengertian Manajemen Konflik, Tipe Dan Tahapan Manajemen Konflik

Sedangkan Foundation for Public Relations Research and Education, menyimpulkan bahwa Public Relations (Humas) adalah fungsi manajemen yang tugasnya adalah :
  • Membantu memelihara dan menjaga komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dan publiknya.
  • Mencakup manajemen masalah dan isu-isu.
  • Membantu manajemen selalu memberikan informasi pada dan responsif terhadap opini publik.
  • Mendefinisikan dan menekankan rasa tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan publik.
  • Membantu manajemen selalu mengikuti dan memanfaatkan perubahan.
  • Melayani sistem pencegahan awal untuk mengantisipasi tren.
  • Menggunakan riset dan teknik komunikasi yang beretika sebagai alat-alat pokok.

Baca juga : Pengertian Manajemen Komunikasi

Public Relations (Humas) merupakan perantara antara pimpinan organisasi dengan publiknya, baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal maupun eksternal. Kegiatan utama dari Publik Relations (Humas) dalam mewakili top manajemen suatu organisasi merupakan kegiatan two ways communication atau komunikasi timbal balik yang merupakan ciri khas dari peranan Public Relations (Humas), hal itu dikarenakan salah satu tugas dari Public Relations (Humas) adalah apa dan bagaimana bertindak sebagai nara sumber informasi dan saluran informasi.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian dan fungsi dari Public Relations (Humas).

Semoga bermanfaat.