Tugas Dan Tanggung Jawab Public Relations (Humas)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebutuhan akan keberadaan Public Relations (Humas) menjadi sangat penting di era informasi seperti saat ini. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, masyarakat dengan sangat bebas dan mudahnya  memperoleh informasi baik itu melalui media cetak, televisi, internet, atau melalui media informasi lainnya. Akan tetapi informasi yang didapatkan oleh masyarakat tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Dalam kaitannya dengan hasil produksi suatu organisasi/perusahaan, kondisi seperti itulah Public Relations (Humas) sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Jika demikian, apakah suatu organisasi/perusahaan akan mengalami kemunduran atau bahkan mengalami kebangkrutan jika tidak mempunyai Public Relations (Humas)  ? Tentu saja jawabannya tidak. Akan tetapi dengan adanya Public Relations (Humas) akan memudahkan suatu organisasi/perusahaan untuk menjalin hubungan komunikasi dengan masyarakatnya. Dengan begitu, organisasi/perusahaan akan dengan mudah dan efektif untuk meluruskan kesalahan informasi yang diterima oleh masyarakatnya, sekaligus memberikan penjelasan dan informasi yang benar tentang organisasi/perusahaannya berikut produk-produk yang dihasilkannya.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Public Relations (Humas)

Public Reations (Humas) merupakan upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi opini masyarakat melalui kinerja tanggung jawab sosial, berdasarkan komunikasi dua arah yang saling memuaskan. Selain dengan masyarakatnya, Publik Relations (Humas) dapat juga digunakan untuk membangun hubungan dengan karyawan, pelanggan, investor, distributor, dan lain-lain yang terkait.

Baca juga : Sejak Kapan Public Relations/Humas Mulai Dikenal (Sejarah Perkembangan Public Relations/Humas)

Manfaat Public Relations (Humas). Public Relations (Humas) adalah kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap organisasi/perusahaan. Sehingga bagi organisasi/perusahaan, Public Relations (Humas) mempunyai manfaat, yang menurut Philip Kotler adalah sebagai berikut :
  1. Membantu peluncuran produk baru.
  2. Membantu memposisikan kembali produk mapan.
  3. Membangun minat terhadap suatu kategori produk.
  4. Mempengaruhi suatu kelompok sasaran tertentu.
  5. Membela produk yang terkena masalah publik.
  6. Membangun citra perusahaan sehingga mendukung produknya.

Baca juga : Ciri-Ciri, Tujuan, Dan Peranan Public Relations (Humas)

Tugas Public Relations (Humas). Public Relations (Humas) merupakan penunjang tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi/perusahaan. Untuk itu Public Relations (Humas) mempunyai tugas-tugas yang harus dilaksanakannya dengan baik. Secara spesifik, tugas Public Relations (Humas) tergantung dari bidang kegiatan/usaha dari organisasi/perusahaan di mana Public Relations (Humas) tersebut berada. Akan tetapi, secara umum tugas utama dari Public Relations (Humas) adalah sebagai berikut :
  • Memberikan informasi, baik secara tertulis ataupun secara lesan, kepada masyarakat dengan menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers, dan organisasi terkait secara terbuka dalam suatu wawancara, konfrensi pers, maupun presentasi. 
  • Melakukan perencanaan strategis, memberikan dan menyediakan data informasi tentang publisikasi, peluang promosi baru, dan kampanye, serta mengorganisir acara promosi dalam bentuk seperti konfrensi pers, pameran, kunjungan, dan lain-lain.
  • Komisioning atau melakukan riset pasar yang relevan dan menganalisis liputan media.
  • Sebagai penghubung dengan klien, manajerial dan staf jurnalistik tentang anggaran, rentang waktu dan tujuan.

Baca juga : Public Relations (PR) Dan Hubungan Masyarakat (Humas)

Sedangkan Foundation for Public Relations Research and Education, menyimpulkan bahwa Public Relations (Humas) adalah fungsi manajemen yang tugasnya adalah :
  • Membantu memelihara dan menjaga komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dan publiknya.
  • Mencakup manajemen masalah dan isu-isu.
  • Membantu manajemen selalu memberkan informasi pada dan responsif terhadap opini publik.
  • Mendefinisikan dan menekankan pasa tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan publik.
  • Membantu manajemen selalu mengikuti dan memanfaatkan perubahan.
  • Melayani sistem pencegahan awal untuk mengantisipasi tren.
  • Menggunakan riset dan teknik komunikasi yang beretika sebagai alat-alat pokok.

Baca juga : Ciri-Ciri Organisasi, Struktur, Dan Teori Organisasi

Tanggung Jawab Public Relations (Humas). Dari hal-hal tersebut, maka dalam suatu organisasi/perusahaan Public Relations (Humas) mempunyai tanggung jawab untuk :
  • Memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
  • Membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Sedangkan menurut Basu Swastha DH, tanggung jawab Public Relations (Humas) adalah sebagai berikut :
  • Menciptakan hubungan dengan kelompok dalam masyarakat dengan memelajari pandangan mereka, menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka, dan memberikan informasi (edukasi).
  • Membuka jalur komunikasi dengan pelanggan, penyedia, distributor, pengecer, pemilik, lembaga atau instansi pemerintah, guru, dan pemimpin masyarakat.
  • Mempelajari konsekuensi ekonomi, lingkungan sosial yang berpengaruh terhadap praktek-praktek organisasi serta mempelajari bagaimana meningkatkan pelayanan pada pelanggan, pemilik dan masyarakat.
  • Melakukan usaha-usaha untuk membantu dalam menyelesaikan tujuan, kebijakan, tindakan, produk, dan program organisasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi di pasar.
  • Membantu seluruh anggota perusahaan dalam mengembangkan program informasi dan edukasi konsumen yang efektif.
  • Mengirimkan juru bicara ke sekolah, klub, kelompok-kelompok lain untuk melakukan dan mempertahankan dialog secara terbuka dengan murid, mahasiswa, atau masyarakat pada umumnya.
  • Mendorong karyawan untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan kemasyarakatan/kemanusiaan.
  • Menanggapi keluhan konsumen/masyarakat serta memperbaiki akibat-akibat yang menimbulkan adanya keluhan tersebut.
  • Menunjukkan kepada masyarakat bahwa organisasinya selalu memperhatikan, menyesuaikan dan melakukan usaha-usaha untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.
  • Menciptakan komunikasi dua arah dengan karyawan untuk mengetahui pendapat karyawan dan untuk mendorong karyawan memberikan gambaran yang baik tentang organisasi kepada pihak lain.
  • Melayani setiap orang yang ingin berhubungan dengan organisasi baik melalui person, telepon, ataupun korespondensi.
Kunci Keberhasilan Public Relations (Humas). Untuk dapat melaksanakan dengan baik tugas dan tanggung jawabnya tersebut, Public Relations (Humas) sedapat mungkin mesti melakukan hal sebagai berikut yang merupakan kunci keberhasilan dari Public Relations (Humas), yaitu :
  • Kesengajaan. Kegiatan Public Relations (Humas) adalah kegiatan yang disengaja, untuk mempengaruhi, meraih pemahaman bersama, menyediakan informasi, dan mendapatkan umpan balik.
  • Terencana. Kegiatan Public Relations (Humas) adalah terorganisir, sistematis, pada kurun waktu tertentu, dan menggunakan riset serta analisa.
  • Mengutamakan performance.  Kegiatan yang efektif didasarkan pada kebijakan aktual dan kinerja.
  • Mengutamakan kehendak masyarakat. Kegiatan Public Relations (Humas) didasarkan pada tujuan yang saling menguntungkan antara organisasi/perusahaan dan masyarakatnya.
  • Komunikasi dua arah. Tidak hanya memberikan informasi, Public Relations (Humas) juga membutuhkan umpan balik dari masyarakat sehingga terjadi komunikasi dua arah.
  • Fungsi manajeman. Public Relations (Humas) akan menjadi efektif kalau menjadi bagian dari manajemen dan didukung sepenuhnya oleh top manajemen suatu organisasi/perusahaan.
Di samping hal-hal tersebut, untuk dapat menjadi praktisi Public Relations (Humas) yang handal haruslah didukung dengan keahlian dan kemampuan yang memadai. Selain kualifikasi pendidikan, praktisi Public Relations (Humas) juga harus memiliki keterampilan komunikasi lisan ataupun tulisan yang baik, memiliki keterampilan interpersonal yang baik, berkemampuan untuk menentukan prioritas dan membuat perencanaan secara efektif serta mempunyai kreativitas.

Demikian penjelasan berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab public relations (humas).

Semoga bermanfaat.