Model Pembelajaran Team Quiz : Pengertian, Prinsip, Tahapan, Serta Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Team Quiz

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Model Pembelajaran Team Quiz. Secara umum, model pembelajaran team quiz dapat diartikan sebagai suatu model pembelajaran aktif di mana peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian semua anggota kelompok mempelajari dan mendiskusikan materi pelajaran, setelah itu peserta didik menyiapkan kuis (tebak-tebakan) dengan jawaban singkat dari materi yang sudah dipelajari. Model pembelajaran team quiz dapat juga berarti suatu model pembelajaran yang dilakukan dengan membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, di mana masing-masing kelompok secara bergantian menjadi pemandu kuis dengan menyiapkan soal kuis jawaban singkat, sementara kelompok yang lain memeriksa catatan mereka.

Model pembelajaran team quiz berfungsi untuk menghidupkan suasana belajar peserta didik, meningkatkan keaktifan dan semangat peserta didik, sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pelajaran.

Selain itu, pengertian model pembelajaran team quiz dapat juga dijumpai dalam beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah :
  • Melvin L. Silberman, dalam “Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif”, menyebutkan bahwa model pembelajaran team quiz adalah metode pembelajaran aktif dalam bentuk metode game team quiz di mana peserta didik dibagi menjadi tiga tim. Setiap peserta didik dalam tim bertanggung jawab untuk menyiapkan kuis jawaban singkat, dan tim yang lain menggunakan waktunya untuk memeriksa catatan.
  • Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani, dalam “Strategi Pembelajaran Aktif”, menyebutkan bahwa model pembelajaran team quiz adalah model pembelajaran aktif yang berfungsi untuk menghidupkan suasana belajar, yaitu dengan mengaktifkan peserta didik untuk bertanya maupun menjawab. Model pembelajaran team quiz merupakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat dan pola pikir kritis peserta didik.


Prinsip Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz. Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penggunaan model pembelajaran team quiz, diantaranya adalah :
  • menumbuhkan semangat motivasi untuk berkompetisi antar kelompok.
  • membuat peserta disik aktif bekerja sama dalam proses pembelajaran baik secara emosional maupun sosial.
  • melatih keterampilan daya ingat atau berpikir kritis peserta didik.
  • memberikan stimulus kepada peserta didik untuk dalap belajar aktif.
  • membuat proses pembelajaran lebih menarik.


Tahapan Model Pembelajaran Team Quiz. Model pembelajaran team quiz dilakukan dengan melalui beberapa tahapan. Melvin L. Silberman menjelaskan bahwa tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan model pembelajaran team quiz adalah sebagai berikut :
  • memilih topik yang dapat disajikan dalam tiga segmen.
  • membagi atau mengelompokkan peserta didik menjadi tiga tim (tim A, B, dan C).
  • menjelaskan format pelajaran dan memulai penyajian materi pelajaran dalam waktu tidak lebih dari 10 menit.
  • memerintahkan tim A untuk menyiapkan kuis jawaban singkat. Kuis tersebut harus sudah siap dalam waktu tidak lebih dari 5 menit. Sedangkan tim B dan C menggunakan waktu tersebut untuk memeriksa catatan mereka.
  • tim A memberikan kuis kepada anggota tim B. Jika tim B tidak dapat menjawab satu pertanyaan, maka tim C segera menjawabnya.
  • tim A mengarahkan pertanyaan berikutnya kepada anggota tim C, dan mengulang proses tersebut.
  • ketika kuisnya selesai, maka dilanjutkan dengan segmen kedua dari pelajaran, dan menunjuk tim B sebagai pemandu kuis.
  • setelah tim B menyelesaikan kuisnya, lanjutkan dengan segmen ketiga dari pelajaran, dan menunjuk tim C sebagai pemandu kuis.

Sedangkan Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani menjelaskan bahwa model pembelajaran team quiz dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :
  • pilihlah topik yang disampaikan dalam tiga segmen.
  • bagi peserta didik menjadi tiga kelompok, yaitu : A, B, dan C.
  • sampaikan kepada peserta didik format pembelajaran yang disampaikan kemudian mulai presentasi.
  • setelah presentasi, minta kelompok A untuk menyiapkan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan materi yang baru saja disampaikan. Kelompok B dan C menggunakan waktu ini untuk melihat lagi catatan mereka.
  • minta kelompok A untuk memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok tidak dapat menjawab pertanyaan, lempar pertanyaan tersebut kepada kelompok C.
  • kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok C, jika kelompok C tidak bisa menjawab, lemparkan kepada kelompok B.
  • jika tanya jawab ini selesai, lanjutkan dan tunjuk kelompok B untuk menjadi kelompok penanya. Lakukan seperti untuk kelompok A.
  • setelah kelompok B selesai dengan pertanyaannya, lanjutkan dan tunjuk kelompok C sebagai penanya.
  • akhiri kegiatan pembelajaran dengan menyimpulkan tanya jawab dan jelaskan sekiranya ada pemahaman peserta didik yang keliru.


Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Team Quiz. Sebagaiman model pembelajaran yang lain, model pembelajaran team quiz juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran team quiz adalah sebagai berikut :

1. Kelebihan model pembelajaran team quiz :
  • dapat menghilangkan kebosanan dalam lingkungan belajar.
  • membangun kreatifitas diri peserta didik.
  • meraih makna belajar melalui pengalaman karena memfokuskan peserta didik sebagai subjek belajar.
  • menambah semangat dan minat belajar peserta didik.
  • memberdayakan semua potensi dan indera peserta didik.
  • menggunakan metode dan media yang bervariasi.
  • disesuaikan dengan pengetahuan yang sudah ada.

2. Kelemahan model pembelajaran team quiz :
  • peserta didik sulit mengorientasikan pemikirannya ketika tidak didampingi oleh pendidik.
  • pembahasan terkesan ke segala arah atau tidak terfokus.
  • memerlukan kendali yang ketat dalam mengkondisikan kelas saat keributan terjadi.
  • hanya peserta didik tertentu yang dianggap pintar dalam kelompok tersebut, yaitu yang bisa menjawab soal kuis karena permainan yang dituntut cepat.
  • memberikan kesempatan diskusi yang singkat.
  • dalam pelaksanaannya memerlukan waktu yang lama.


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian, prinsip, dan tahapan model pembelajaran team quiz, serta kelebihan dan kekurangan model pembelajaran team quiz.

Semoga bermanfaat.