Metode Pembelajaran : Pengertian, Jenis, Fungsi, Dan Tujuan Metode Pembelajaran, Serta Perbedaan Antara Metode Pembelajaran Dan Model Pembelajaran

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Metode Pembelajaran. Secara umum, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu strategi atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas yang diaplikasikan oleh tenaga pengajar sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik. Metode pembelajaran juga dapat berarti suatu proses sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pengajar atau pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya.

Dengan adanya metode pembelajaran diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu diperlukan juga suatu strategi dalam pengorganisasian pembelajaran, maksudnya adalah suatu metode yang secara khusus dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih efektif dan berdampak pada peserta didik. Strategi pengorganisasian dimaksud dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • strategi mikro, yang mengacu kepada metode untuk pengorganisasian isi pembelajaran yang berkisar pada satu konsep, prosedur, atau prinsip.
  • strategi makro, yang mengacu kepada metode untuk mengorganisasi isi pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu konsep, prosedur, atau prinsip.

Selain itu, pengertian metode pembelajaran juga dapat dijumpai dalam beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah :
  • Wina Sanjaya, dalam “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”, menyebutkan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.
  • Abdurrahman Ginting, dalam “Esensi Praktis Belajar Pembelajaran”, menyebutkan bahwa metode pembelajaran adalah cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya agar terjadi proses pembelajaran pada diri peserta didik.
  • Sofan Amri, dalam “Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013”, menyebutkan bahwa metode pembelajaran adalah cara-cara yang dilakukan untuk menyampaikan atau menanamkan pengetahuan kepada subjek didik, atau anak melalui sebuah kegiatan belajar mengajar, baik di sekolah, rumah, kampus, pondok, dan lain-lain.


Jenis Metode Pembelajaran. Terdapat banyak jenis metode pembelajaran yang dikenal dan digunakan dalam proses belajar mengajar, seperti seperti metode pembelajaran dengan ceramah, diskusi, demonstrasi, eksperimen, resitasi, dan lain sebagainya. Secara umum, metode pembelajaran dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada :
  • pemberian informasi. Termasuk dalam metode pembelajaran yang didasarkan pada pemberian informasi adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan lain sebagainya.
  • pemecahan masalah. Termasuk dalam metode pembelajaran yang didasarkan pada pemacahan masalah adalah metode brainstorming, metode diskusi kelompok, metode diskusi kelompok kecil (buzz group), metode panel, metode forum debat, dan lain sebagainya.
  • penugasan. Termasuk dalam metode pembelajaran yang didasarkan pada penugasan adalah metode latihan (drill), metode penugasan (resitasi), metode permainan (diad, kubus pecah, role playing, sosiodrama, simulasi), metode kelompok kerja (workshop), metode studi kasus, dan lain sebagainya.


Fungsi Metode Pembelajaran. Metode pembelajaran memiliki banyak fungsi dalam proses belajar mengajar. Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, dalam “Strategi Belajar Mengajar”, fungsi dari metode pembelajaran diantaranya adalah sebagai :

1. Alat motivasi ekstrinsik.
Motivasi merupakan suatu dorongan di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu, baik secara sadar maupun tidak sadar. Motivasi sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Suatu metode pembelajaran dapat berperan sebagai alat motivasi dari luar (ekstrinsik) kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.

2. Strategi pembelajaran.
Setiap peserta didik memiliki tingkat intelegensi yang berbeda-beda. Kemampuan intelegensi para peserta didik tersebut akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyerap pelajaran yang disampaikan oleh pengajar. Dengan menerapkan suatu metode belajar tertentu, setiap peserta didik diharapkan dapat menangkap ilmu yang disampaikan oleh pengajar dengan baik.

3. Alat untuk mencapai tujuan.
Metode pembelajaran berperan sebagai fasilitas pendidikan yang berfungsi untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Metode pembelajaran merupakan alat agar peserta didik dapat mencapai tujuan belajar. Penyampaian materi pelajaran tanpa memperhatikan metode pembelajaran dapat mengurangi nilai dari kegiatan belajar mengajar itu sendiri. Selain peserta didik menjadi kurang termotivasi, tanpa adanya metode pembelajaran akan membuat pengajar kesulitan dalam menyampaikan materi pendidikan sehingga tujuan pengajaran tidak tercapai.

Baca juga : Pendidikan Karakter

Tujuan Metode Pembelajaran. Metode pembelajaran diadakan dengan berbagai tujuan. Secara umum, tujuan dari metode pembelajaran diantaranya adalah :
  • membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan individualnya, sehingga mereka dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya dengan menggunakan terobosan solusi alternatif.
  • membantu kegiatan belajar mengajar, sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan menggunakan cara terbaik.
  • mempermudah proses pembelajaran dengan hasil terbaik agar tujuan pengajaran dapat tercapai.
  • menghantarkan suatu pembelajaran ke arah ideal secara cepat, tepat, dan sesuai harapan.
  • memudahkan dalam menemukan, menguji serta menyusun data yang diperlukan sebagai upaya mengembangkan disiplin sebuah ilmu.
  • proses pembelajaran dapat berjalan dengan suasana yang lebih menyenangkan serta penuh motivasi sehingga peserta didik mudah memahami materi.


Perbedaan Antara Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran. Sering kali terjadi tumpang tindih dalam pemakaian istilah model pembelajaran dan metode pembelajaran. Banyak penulis terkadang menyebut metode pembelajaran sebagai model pembelajaran, atau sebaliknya. Perbedaan prinsip antara metode pembelajaran dan model pembelajaran adalah :
  • metode pembelajaran : sudah memiliki langkah konkret untuk melaksanakannya.
  • model pembelajaran : hanya gambaran umum atau kerangka kerjanya saja, sehingga pengajar harus membuat langkah-langkah (sintaks) sendiri.


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian metode pembelajaran, fungsi dan tujuan metode pembelajaran, serta perbedaan antara metode pembelajaran dan model pembelajaran.

Semoga bermanfaat.