Pengembangan Pasar : Pengertian, Bentuk, Dan Strategi Pengembangan Pasar, Serta Kelebihan Dan Kekurangan Pengembangan Pasar

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Pengembangan Pasar. Sofjan Assauri, dalam “Manajemen Pemasaran:Dasar, Konsep, dan Strategi”, menjelaskan bahwa terdapat beberapa kategori yang dapat ditempuh oleh suatu perusahaan untuk mencapai pertumbuhan usahanya, yaitu :
  • pertumbuhan intensif, yang dapat dilakukan melalui penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.
  • pertumbuhan intergratif, yang dapat dilakukan melalui integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal.
  • pertumbuhan diversifikatif, yang dapat dilakukan melalui diversifikasi konsentrik, diversifikasi horizontal, dan integrasi konglomerat.

Pengembangan pasar atau “market development” merupakan salah satu bagian dari kemungkinan pertumbuhan intensif, yaitu pertumbuhan yang dicapai tanpa mengubah sistem pemasaran perusahaan. Secara umum, pengembangan pasar dapat diartikan sebagai suatu strategi yang mengidentifikasi segmen pasar baru dan mengembangkannya untuk produk saat ini. Pengembangan pasar juga berarti suatu strategi pertumbuhan dengan menarik lebih banyak pelanggan baru untuk produk yang sudah ada, di mana perusahaan harus mencari segmen pasar baru untuk produknya. Pengembangan pasar biasanya dilakukan ketika segmen pasar saat ini sudah mulai matang. Dengan mencari pasar baru, perusahaan berusaha untuk memperbesar wilayah pemasaran. Dengan begitu, volume penjualan dapat ditingkatkan.

Baca juga : Pengembangan Usaha

Bentuk Pengembangan Pasar. Pengembangan pasar dapat dibedakan dalam beberapa bentuk. Secara umum, pengembangan pasar dibedakan atas tiga bentuk, yaitu :
  • Perusahaan dapat mencoba untuk menstimulus pelanggan agar mereka meningkatkan pembeliannya. Pembelian dapat diuraikan sebagain fungsi dari frekuensi pembelian dikalikan dengan jumlah pembelian yang dilakukan. Suatu perusahaan dapat mendorong pelanggannya untuk membeli lebih banyak pada setiap pembelian. Promosi, harga, iklan, publisitas, dan perluasan jaringan distribusi sangat membantu kegiatan ini.
  • Perusahaan dapat meningkatkan usahanya dengan menarik atau memengaruhi pelanggan lainnya. Sarana yang digunakan tidak berbeda dengan yang telah diuraikan pada butir pertama diatas. Perbedaannya hanya pada sasaran atau target yang hendak dicapai, yaitu pada pelanggan saingan.
  • Perusahaan dapat meningkatkan usahanya dengan menarik yang bukan pemakai (non user) atau calon pelanggan yang berada dalam lingkungan pasarnya. Perbedaannya terletak pada sasaran atau target yang hendak dicapai, yaitu para calon pelanggan dan yang bukan pemakai.

Baca juga : Pengembangan Produk

Strategi Pengembangan Pasar. Strategi pengembangan pasar merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan atas produk yang sudah ada pada pasar yang baru. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian kecil dari berbagai kemungkinan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan. Strategi ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk atau jasa yang ada sekarang ke daerah-daerah yang secara geografis merupakan daerah baru (dalam perspektif global). Pengembangan pasar dapar dapat dilakukan dengan beberapa strategi, diantaranya adalah dengan :

1. Memasuki pasar geografis baru.
Terlepas dari keuntungan yang menjanjikan, strategi ini membutuhkan analisis yang tepat dan pertimbangan yang cermat. Dengan demikian, merek harus memastikan bahwa mereka memahami kebutuhan pasar baru, permintaan, pesaing, harga, dan tingkat pertumbuhan pasar sebelum terjun ke dalam investasi.

2. Improvisasi penggunaan produk yang sudah ada.
Hal ini memungkinkan merek untuk mencari lebih banyak pelanggan. Wawancara pelanggan dapat mengungkapkan cara yang berbeda di mana mereka menggunakan produk yang sama. Perusahaan juga dapat berusaha menarik pangsa pasar yang lain dengan jalan mengembangkan versi produk, misalnya produk yang ditawarkan dengan kemasan yang lebih luks, cara pelayanan yang lebih istimewa, dengan memasuki jalur distribusi yang lain, atau dengan memasang iklan pada media yang lain.

3. Memahami persaingan pasar.
Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang sangat wajar, karena semua pelaku usaha bergerak untuk mencapai hasil yang diharapkan. Seorang pengusaha harus dapat memahami persaingan pasar yang terjadi, maksudnya adalah persaingan yang terjadi dalam bidang usaha yang sama. Bagaimana dengan sistem penjualan mereka, varian produk, fasilitas, layanan, dan lain sebagainya yang dapat mendongkrak penjualan. Dengan memahami persaingan pasar, maka perusahaan akan dapat mengatur strategi yang harus digunakan sehingga dapat menggerakkan penjualan yang tinggi. Berdasarkan pengamatan persaingan yang terjadi di pasar, seorang pengusaha dapat mengetahui apa yang sedang diburu pelanggan dan apa yang paling menarik bagi pelanggan.


Keuntungan dan Kerugian Pengembangan Pasar. Pengembangan pasar memiliki beberapa keuntungan dan kerugian, sebagai berikut :

1. Keuntungan pengembangan pasar :
  • perusahaan dapat memperluas basis pelanggan mereka.
  • ketika dilakukan secara strategis, perusahaan akan mengalami pertumbuhan yang positif.
  • mendapatkan keunggulan yang menentukan atas pesaing.
  • pendapatan meningkat.

2. Kerugian pengembangan pasar :
  • menimbulkan risiko tinggi karena bisnis memasuki pasar baru.


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian pengembangan pasar, bentuk dan strategi pengembangan pasar, serta kelebihan dan kerugian pengembangan pasar.

Semoga bermanfaat.