Pengertian Baliho, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Manfaat Baliho, Serta Persamaan Dan Perbedaan Antara Baliho, Banner, Billboard, Dan Spanduk

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Baliho. Baliho merupakan satu dari berbagai macam jenis alat reklame atau sarana promosi. Istilah baliho sendiri berasal dari bahasa Arab, yang artinya menyampaikan. Biasanya yang disampaikan dalam sebuah baliho adalah iklan, promosi, pesan yang tersirat, atau pemberitahuan yang sifatnya untuk diketahui oleh khalayak umum. Dahulu, baliho dibuat dengan cara manual dari papan kayu, kain, atau bahan lain dengan ukuran besar dan dipasang pada konstruksi yang tidak permanen. Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini baliho dibuat dengan cara dicetak dengan menggunakan mesin cetak digital, dengan bentuk horizontal atau vertikal.

Secara umum, baliho dapat diartikan sebagai suatu sarana atau media promosi (reklame) yang berisi pemberitahuan suatu informasi, acara, iklan, dan lain sebagainya yang dibuat dalam bentuk gambar dan tulisan yang berukuran besar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, baliho diartikan dengan publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat (biasanya dengan gambar yang besar dan dipasang di tempat-tempat yang ramai). Baliho merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya mesin cetak digital yang semakin canggih.


Ciri-Ciri Baliho. Suatu media promosi atau alat reklame dapat dikatakan sebagai baliho apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut :
  • dibuat dalam ukuran yang besar, sehingga mudah terlihat dan dilihat oleh khalayak umum.
  • berisi pemberitahuan atau informasi yang sifatnya mempromosikan suatu hal tertentu kepada khalayak umum.
  • dipasang pada konstruksi yang tidak permanen, sehingga proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung mudah dan cepat.
  • biasanya ditempatkan di pinggir jalan atau tempat-tempat yang ramai, sehingga mudah terlihat dan dilihat oleh khalayak umum. 


Jenis Baliho. Terdapat beberapa jenis baliho yang dapat dibedakan berdasarkan berbagai hal sebagai berikut :

1. Ukuran.
Berdasarkan ukuran atau bentuk-nya, baliho terdiri dari :
  • baliho vertikal, yaitu baliho yang dibuat dalam bentuk tegak (potrait), dengan ukuran misalnya lebar 2 meter x tinggi 3 meter atau lebar 4 meter x tinggi 6 meter.
  • baliho horizontal, yaitu baliho yang dibuat dalam bentuk memanjang landscape, dengan ukuran misalnya panjang 4 meter x lebar 3 meter.

2. Tujuan.
Berdasarkan tujuan-nya, baliho terdiri dari :
  • reklame sosial, yaitu reklame yang berisi informasi atau himbauan untuk  mengajak masyarakat melakukan tindakan yang lebih baik.
  • reklame komersial, yaitu reklame yang berisikan informasi produk untuk dilihat oleh masyarakat supaya tertarik dengan produk tersebut. 

4. Bahan.
Berdasarkan bahan pembuatnya, baliho terdiri dari :
  • flexi Korea/flexi China, kualitas bahan keduanya tidak jauh berbeda.
  • flexy Jerman, kualitas bahan ini lebih bagus dan lebih mahal dibandingkan bahan flexi Korea/flexi China
  • abadros, bahan baliho dengan kualitas paling bagus, biasanya dipasang di dalam ruangan (indoor), dengan kelebihan bahan memiliki permukaan yang halus sehingga membuat hasil desainnya lebih jelas (fokus). 


Manfaat Baliho. Beberapa manfaat dari baliho adalah sebagai berikut :
  • memberikan informasi atau himbauan kepada khalayak umum mengenai hal tertentu.
  • sebagai media promosi atau iklan suatu produk.
  • meningkatkan penjualan (target pasar) suatu produk serta mempopulerkan pengiklan.


Persamaan dan Perbedaan Antara Baliho, Banner, Billboard, dan Spanduk. Antara baliho, banner, billboard, dan spanduk mempunyai persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah semuanya, baik baliho, banner, billboar, maupun spanduk merupakan media atau sarana untuk promosi atau dengan kata lain sebagai alat reklame. Sedangkan perbedaan antara baliho, banner, billboard, dan spanduk adalah sebagai berikut :
  • baliho, sebagaimana telah disebutkan di atas.
  • banner, merupakan salah satu media promosi yang dicetak dengan mesin cetak digital  yang umumnya berbentuk vertikal (portrait). Banner dapat dikatakan sebagai bentuk penyederhanaan dari baliho, karena penggunaan banner sama dengan baliho, yang membedakan hanya ukurannya lebih kecil. Terdapat beberapa tipe banner, seperti X banner, Y banner, dan Roll Up banner.
  • billboard, merupakan salah satu bentuk media promosi iklan outdoor, yang memiliki ukuran cukup besar. Biasanya billboard diletakkan tinggi di atas.
  • spanduk, merupakan salah satu media promosi yang sangat populer. Spanduk dibuat dalam bentuk memanjang, biasanya dipasang di antara dua tiang. Dahulu spanduk dibuat dengan bahan kain yang disablon. Sekarang karena semakin majunya dunia teknologi, spanduk dibuat atau dicetak dengan menggunakan mesin cetak digital.  


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian baliho, ciri-ciri, jenis, dan manfaat baliho, serta persamaan dan perbedaan antara baliho, banner, billboard, dan spanduk.

Semoga bermanfaat.