Teori Psikologi Anak Serta Penerapan Ilmu Psikologi Anak Dalam Ilmu Psikologi Yang Lain

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Psikologi anak merupakan cabang ilmu psikologi, tepatnya cabang dari ilmu psikologi perkembangan. Yang dimaksud dengan psikologi anak adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari pertumbuhan manusia sejak dari lahir hingga dewasa. Kartini Kartono, dalam bukunya yang berjudul "Psikologi Anak (Psikologis Perkembangan)", mengartikan psikologi anak sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, masa bermain, masa sekolah, masa remaja, sampai periode adolesense menjelang dewasa.

Teori Psikologi Anak
. Dalam psikologi anak dikenal adanya dua teori, sebagai berikut :

1. Teori Piaget.
Teori ini dikemukakan oleh Jean Piaget, seorang psikolog klinis yang berasal dari Swiss, yang dikenal luas karena karyanya yang mempelopori pemahaman lebih lanjut mengenai tumbuh kembang anak. Dari penelitian yang dilakukannya, ia menyimpulkan bahwa :
  • Anak berkembang dengan tahapan yang berbeda. Hal ini mengakibatkan anak yang berkembang pada tahap yang lebih lanjut tidak dapat memahami apa yang dialami anak sebelumnya.
  • Anak membentuk persepsi mental akan dunia dan merasa bahwa perkembangan kognitif anak berjalan dengan berbagai tahapan yang biologis, yang dilakukan dengan interaksi melalui lingkungan sekitar.

Dalam teorinya tersebut, Jean Piaget memprediksi bahwa anak di seluruh dunia pasti akan melalui seluruh tahapan yang sama dengan urutan yang sama pada kelompok usia tanpa terkecuali meski sebenarnya ia tak mempertimbangkan mengenai perbedaan dalam lingkungan di mana anak dibesarkan.

2. Teori Vygotsky.
Teori ini dikemukakan oleh Lev Semyonovich Vygotsky, seorang psikolog asal Uni Soviet (Rusia). Dalam teorinya, ia mengemukakan bahwa :
  • Orang dewasa dan peranan dari sesama teman memainkan peranan yang jauh lebih penting terhadap proses tumbuh kembang anak.
  • Tumbuh kembang anak pertama kali dilakukan melalui interaksi sosial yang dilakukan antar anak lalu baru bergerak ke level individu di mana mereka mengambil makna dari apa yang mereka pelajari.

Dalam pandangannya, seorang anak lebih sebagai seorang pelajar yang belajar melalui lingkungan sosial di mana anak besar dan tinggal. Hal ini juga dipengaruhi oleh anggota lain dalam lingkungan tersebut dan berpengaruh juga pada kebutuhan dan kemampuan anak.


Persamaan dan Perbedaan Antara Teori Piaget dan Teori Vygotsky. Sebagai teori psikologi, antara Teori Piaget dan Teori Vygotsky memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan dan perbedaan dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Persamaan Antara Teori Piaget dan Teori Vygotsky :
  • dalam kedua teori tersebut dijelaskan bahwa psikologi anak dipengaruhi oleh lingkungan di mana seorang anak tumbuh dan berkembang. 

2. Perbedaan Antara Teori Piaget dan Teori Vygotsky :

* Teori Piaget, berpandangan sebagai berikut :
  • anak bergerak secara alamiah melalui tahapan-tahapan yang berbeda dalam perkembangannya berdasarkan suatu program biologis dan interaksi individu mereka dengan dunia.
  • melihat anak secara aktif menjelajah dunia sebagai interaksi individunya.

Teori Vygotsky berpandangan sebagai berikut :
  • menganggap bahwa orang dewasa dan peranan dari sesama teman memainkan peranan yang jauh lebih penting terhadap proses tumbuh kembang anak. Alasan yang dikemukakan adalah bahwa tumbuh kembang terjadi pertama kali melalui interaksi sosial yang dilakukan oleh anak-anak lalu baru bergerak pada level individu di mana mereka mengambil makna dari apa yang mereka pelajari.
  • melihat anak lebih sebagai seorang pelajar yang belajar melalui suatu lingkungan sosal di mana sang anak merupakan bagian dari suatu lingkungan sosial yang anggota-anggota lainnya lebih berpengalaman dan sensitif terhadap kebutuhan dan kemampuan sang ana


Penerapan Ilmu Psikologi Anak dalam Ilmu Psikologi yang Lain. Dalam kehidupan sehari-hari ilmu psikologi anak dapat langsung diterapkan sehingga dapat membantu anak dalam kehidupan mereka. Berikut penerapan ilmu psikologi anak dalam ilmu psikologi yang lain :

1. Penerapan Ilmu Psikologi Anak dalam Ilmu Psikologi Pendidikan.
Anak sangat dekat dengan dunia Pendidikan. Oleh karenanya, ilmu psikologi anak dapat diiterapkan bersamaan dalam ilmu psikologi Pendidikan. Kedua ilmu psikologi ini dapat saling mengisi dalam upaya :
  • menemukan dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kesulitan belajar yang dialami oleh seorang anak.
  • membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perilaku anak.
  • membantu anak dalam memahami atau berkomunikasi dengan sesamanya.

2. Penerapan Ilmu Psikologi Anak dalam Ilmu Psikologi Klinis.
Ilmu psikologi anak dapat membantu ilmu psikologi klinis dalam mempelajari, mengamati dan membantu berbagai macam masalah biologis, psikologi, dan sosial dalam kehidupan anak-anak. Hal yang harus dilakukan oleh seorang psikolog untuk membantu berbagai masalah anak dalam kehidupan sosialnya, adalah sebagai berikut :
  • melakukan berbagai macam pengamatan secara individual untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak.
  • aktif dalam mendukung anak menangani kesulitan yang dihadapi dan membuat sebuah program untuk pencegahan dan mencegah penderitaan anak.
  • memahami bagaimana anak pada usia tertentu melakukan suatu tugas, psikolog klinik akan dapat mengidentifikasi gangguan pada perkembangan mereka.


Demikian penjelasan berkaitan dengan teori psikologi anak serta penerapan ilmu psikologi anak dalam ilmu psikologi yang lain.

Semoga bermanfaat.