Sistem Informasi (Information System) : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis, Dan Tujuan Sistem Informasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Istilah informasi berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu "informacion" yang diadaptasi dari bahasa Latin, yaitu "informationem" yang berarti garis besar, konsep, atau ide. Informasi merupakan kata benda dari "informare" yang berarti aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, informasi diartikan dengan penerangan, pemberitahuan atau kabar dan berita tentang sesuatu.

Secara umum, informasi dapat diartikan sebagai sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga dapat berarti :
  • sebuah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
  • data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.


Pengertian Sistem Informasi. Dalam konsep dasar sistem terdapat dua pendekatan, yaitu :
  • penekanan pada prosedur-nya. Merupakan suatu jaringan kerja dari berbagai prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. 
  • penekanan pada komponen-nya. Merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Secara umum, sistem informasi atau "information system" dapat diartikan sebagai sekumpulan komponen pembetuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan untuk menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Sistem informasi merupakan suatu kumpulan atau seperangkat komponen yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain, dengan fungsi mengumpulkan, memproses, menyiapkan, dan mendistribusikan informasi. Hasil dari proses tersebut digunakan oleh pihak manajemen suatu perusahaan sebagai suatu dasar dalam pembuatan keputusan perusahaan. Suatu sistem informasi yang baik akan dapat membantu dalam hal penganalisaan dan visualisasi masalah dalam penciptaan produk baru.

Selain itu, pengertian sistem informasi dapat dijumpai dalam beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah :
  • Gordon B. Davis, dalam bukunya yang berjudul "Sistem Informasi Manajemen", menyebutkan bahwa sistem informasi adalah sistem yang menerima input data dan instruksi, mengplah data yang sesuai dengan instruksi serta mengeluarkan hasilnya.
  • Raymond Mc Leod Jr, dalam bukunya yang berjudul "Management Information System", menyebutkan bahwa sistem informasi adalah sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber serta memakai berbagai media untuk menampilkan informasi.
  • James A. O'Brien, dalam bukunya yang berjudul "Introduction to Information System : Essentials for the E-Business Enterprise", menyebutkan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem terpadu yang menyediakan informasi atau data untuk mendukung berbagai kegiatan operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi/perusahaan.


Ciri-Ciri Sistem Informasi. Dikatakan sebagai suatu sistem informasi apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • baru, dalam arti informasi yang didapat adalah baru dan segar bagi para penerima informasi.
  • tambahan, dalam arti informasi dapat diperbaharui atau memberi tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah hadir.
  • kolektif, dalam arti informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  • penegas, dalam arti informasi yang dapat mempertegas informasi yang sebelumnya telah ada.


Unsur Sistem Informasi. Unsur dari sistem informasi adalah :
  • input data, yaitu data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  • model, yaitu kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang memproses data yang tersimpan pada basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  • output data, yaitu  hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  • teknologi, yaitu alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian sistem.
  • basis data, yaitu kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  • alat kendali, yaitu komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.


Jenis Sistem Informasi. Sistem informasi dikembangkan berdasarkan tujuan yang berbeda dan tergantung pada kebutuhan perusahaan. Beberapa jenis sistem informasi dimaksud diantaranya adalah :
  • sistem informasi akuntansi (accounting information system), yang menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  • sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information system), yang menyediakan informasi persediaan bahan pokok, barang setengah jadi, dan barang jadi.
  • sistem informasi pemasaran (marketing information system), yang menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan pemasaran, dan riset pasar.
  • sistem informasi personalia (personal information system), yang menyediakan informasi kepegawaian.
  • sistem informasi distribusi (distribution information system), yang menyediakan informasi pengiriman produk.

Sedangkan jenis sistem informasi yang biasa digunakan oleh suatu perusahaan, diantaranya adalah :
  • knowledge work system, merupakan jenis sistem informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan.
  • transaction processing system, merupakan jenis sistem informasi yang biasa digunakan pada organisasi yang melakukan operasional secara rutin.
  • management information system, merupakan suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen.
  • expert system, merupakan suatu sistem informasi pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menduplikasi atau meniru logika seseorang problem solver, manajer, profesional, dan para teknisi yang menguasai pengetahuan dan keahlian di bidangnya.
  • executive information system, merupakan tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi strategis bagi manajemen tingkat atas/


Tujuan Sistem Informasi. Tujuan utama dari sistem informasi adalah untuk menghasilkan informasi. Sistem informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para penggunanya. Namun demikian, data saja tidak cukup apabila dikatakan sebagai suatu informasi. Suatu informasi dikatakan berguna apabila memenuhi tiga hal, yaitu :
  • relevance, maksudnya tepat kepada orangnya.
  • timeliness, maksudnya tepat waktu.
  • accurate, maksudnya tepat nilainya (akurat).

Menurut James A. O'Brien dan George M. Marakas dalam bukunya yang berjudul "Management Information System", menyebutkan bahwa tujuan dari sistem informasi adalah :
  • menyediakan informasi atau data yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.


Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian sistem informasi (information system), ciri-ciri, unsur, jenis, dan tujuan sistem informasi (information system).

Semoga bermanfaat.