Psikodiagnostik : Pengertian Dan Metode Psikodiagnostik, Serta Perbedaan Antara Psikodiagnostik Dan Psychological Assessment

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Psikodiagnostik. Menurut Sumadi Suryabrata, dalam bukunya yang berjudul "Psikodiagnostik", menyebutkan bahwa penggunaan istilah psikodiagnostik secara eksplisit muncul sekitar tahun 1921 ketika Hermann Rorschach menerbitkan hasil penelitian dengan "Metode Rorschach" dalam lapangan psikiatri dengan judul "Psikodiagnostik".  Istilah "psikodiagnostik" merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu "psikologi" dan "diagnostik". Psikologi berarti ilmu tentang tingkah laku manusia, sedangkan diagnostik berarti mencari informasi tentang sesuatu. Sehingga, berdasarkan dua pengertian tersebut, secara sederhana psikodiagnostik dapat diartikan sebagai  suatu metode diagnosa untuk mengenali kepribadian seseorang secara mendalam.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dari Hermann Rorschach (dalam lapangan klinis), psikodiagnostik dapat diartikan sebagai suatu metode yang digunakan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat. Dalam perkembangan selanjutnya, kebutuhan untuk membuat diagnosis secara psikologis, tidak saja dalam lapangan klinis, sehingga pengertian tentang psikodiagnostik menjadi semakin luas. Secara umum, pengertian psikodiagnostik dapat ditinjau dari dua hal, yaitu :
  • secara teoritis, psikodiagnostik adalah studi ilmiah tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis, dengan tujuan agar dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat.
  • secara praktis, psikodiagnostik adalah setiap metode untuk membuat diagnosis psikologis, dengan tujuan agar dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat.

Dalam Kamus Psikologi, psikodiagnostik diartikan sebagai studi mengenai kepribadian lewat penafsiran terhadap tanda-tanda tingkah laku, cara berjalan, gerak isyarat, sikap, penampilan wajah, dan lain sebagainya. Sedangkan menurut Leon H. Levy, dalam bukunya yang berjudul "Psychological Interpretation", menyebutkan bahwa psikodiagnostik adalah kegiatan deskripsi yang bertujuan untuk meletakkan dasar bagi peramalan tingkah laku pasien dalam berbagai situasi.


Tujuan dan Fungsi Psikodiagnostik. Sasaran dari psikodiagnostik adalah kepribadian dari individu yang terwujud dalam tingkah laku, termasuk juga inteligensi, bakat atau kemampuan, minat, emosi, cita-cita dan fantasi, inisatif, daya tahan, daya analisis, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tujuan dari psikodiagnostik adalah :
  • klasifikasi, maksudnya adalah untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan, perkembangan anak, klinis, dan industri.
  • deskripsi, maksudnya adalah memberikan penggambaran yang lebih intensif dari individu (subyek).
  • prediksi, maksudnya adalah memberikan peramalan terhadap perkembangan individu (subyek).

Sedangkan fungsi dari psikodiagnostik adalah :
  • memahami individu (subyek) dengan lebih baik dan memberikan paling sesuai bagi diri yang bersangkutan.
  • penjabaran dan pemanfaatan tes psikologis.
  • penyeleksian kualitas tingkah laku dan kepribadian.
  • pengembangan kepribadian individu (subyek).


Metode Psikodiagnostik. Terdapat beberapa metode yang biasa digunakan dalam psikodiagnostik, yaitu :

1. Wawancara.
Wawancara adalah suatu situasi pertukaran pandangan antara dua orang yang bertemu. Dalam proses wawancara akan diajukan beberapa pertanyaan yang sebelumnya telah disusun, atau bisa juga pertanyaan dilakukan secara spontan pada saat proses wawancara berlangsung. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan wawancara :
  • timing (waktu), harus diatur secara tepat, tidak terlalu lama atau terlalu singkat.
  • content (isi), isi dari setiap pertanyaan yang diajukan haruslah disusun dengan jelas dan mudah dimengerti.
  • mener of respone (cara menanggapi), menanggapi dengan baik sehingga individu (subyek) mau menjawab sesuai dengan yang peneliti butuhkan.
  • feedback (timbal balik), harus ada timbal baliknya, untuk peneliti agar dalam proses wawancara dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan, sedangkan untuk yang diwawancara bisa menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. 

2. Observasi.
Observasi adalah suatu aktivitas pengamatan yang dilakukan terhadap tingkah laku individu di suatu situasi yang diciptakan atau pada saat tes sedang berlangsung. Beberapa komponen penting yang harus diperhatikan dalam melakukan observasi adalah  where, what, how, dan when. Sedangkan observasi dapat dilakukan pada setting sebagai berikut :
  • field setting, adalah situasi dalam keadaan alamiah tanpa ada kontrol apapun, yang biasanya dilakukan di tempat individu yang bersangkutan berada.
  • simulated setting adalah situasi observasi di mana individu mendapat stimulasi untuk situasi tertentu, tetapi tidak sepenuhnya dikontrol.
  • laboratory setting, adalah observasi dilakukan dalam suatu laboratorium dengan menggunakan kontrol tertentu dengan situasi yang cukup ketat.

Observasi dapat dilakukan dengan memakai dua metode, yaitu :
  • observasi partisipan, di mana observator atau peneliti ikut langsung dalam kegiatan yang ingin diobservasi, dan mengamati kegiatan tersebut. Tujuan dari observasi partisipan adalah untuk mendapatkan hasil observasi yang nyata tanpa dibuat-buat.
  • observasi non partisipan, di mana observator atau peneliti mengamati dari jauh kegiatan yang diobservasi, tidak ikut serta dalam kegiatan tersebut. Observator atau peneliti hanya mencatat dan mengamati apa saja kegiatan yang sedang diobservasi.

3. Analisa dokumen pribadi.
Metode ini jarang dipakai, biasanya akan dipakai hanya untuk kasus-kasus tertentu saja. Akan tetapi apabila dipakai ada juga manfaatnya untuk menambah pemahaman dan kejelasan mengenai kepribadian individu (subyek). Beberapa dokumen pribadi yang bisa dianalisis diantaranya adalah :
  • diary atau buku harian, biasanya digunakan oleh individu (subyek) untuk mencurahkan hal-hal yang dialami atau dirasakannya, baik itu positif atau negatif.
  • surat-surat pribadi, seringkali individu (subyek) mencurahkan perasaan atas hal-hal yang dialaminya kepada seseorang yang dekat dengannya melalui surat. Pada era modern seperti ini, bisa juga dianalisa e-mail atau media sosial yang dipunyai individu (subyek).
  • biografi atau autobiografi.

4. Tes psikologi.
Tes psikologi adalah prosedur klasifikasi atau pengukuran yang sistematik, yang memberikan pernyataan tentang satu atau lebih karakteristik individu tentang perilaku tertentu secara empiris dan teoritis, dengan memproses secara obyektif reaksi-reaksinya pada sejumlah stimuli yang dipilih secara hati-hati dan membandingkan reaksi tersebut dengan sampel representatif dari subyek. Tes psikologis perlu memiliki informasi tentang reliabilitas, ketepatan, dan validitasnya. Komponen-komponen tersebut harus dirujuk pada pengembangan tes, yang menunjuk pada bagaimana tes disusun, item ditulis dan dipilih, bagaimana deviasi diselesaikan dan bagaimana jumlah skor dihitung dan diinterpretasikan.


Berkaitan dengan metode yang dapat digunakan dalam psikodiagnostik tersebut, psikodiagnostik dapat digunakan dalam beberapa setting, yaitu :
  • clinnical setting, yang lebih memfokuskan untuk mendeteksi gangguan psikis individu (subyek), mengukur kemampuan pribadi individu, dan menetapkan pola treatment yang efektif. Dalam clinnical setting, psikodiagnostik digunakan di rumah sakit, rumah sakit jiwa, pusat kesehatan mental, atau klinis konsultan psikologis.
  • legal setting, yang berhubungan dengan masalah kriminal dan kejahatan. Dalam legal setting, psikodiagnostik digunakan di pengadilan, pusat rehabilitasi, dan lembaga pemasyarakatan.
  • educational and vocational guide setting, yang memfokuskan pada pengembangan studi dan kerja. Dalam educational and vocational guide setting, psikodiagnostis digunakan di sekolah, universitas, pusat pelatihan, dan pusat bimbingan karir.
  • educational and vocational selection setting, yang memfokuskan pada penentuan bidang studi, seleksi jabatan, dan lain sebagainya. Dalam educational and vocational selection setting digunakan di perusahaan, instansi, atau suatu organisasi.
  • research setting, yang memfokuskan pada pengembangan ilmu dan teknik serta metode psikodiagnostik. Dalam research setting, psikodiagnostik digunakan di lembaga penelitian.


Perbedaan Antara Psikodiagnostik dan Psychological AssessmentPsychological assessment adalah sebuah evaluasi yang dilakukan oleh psikolog dalam rangka mengetahui fakta-fakta umum maupun spesifik mengenai individu, mengidentifikasi baik keunggulan maupun kelemahannya, untuk menginformasikan bagaimana individu tersebut berfungsi sekarang. Tujuan psychological assessment adalah :
  • menghasilkan sebuah gambaran yang akurat mengenai masalah-masalah yang dimiliki seorang individu.
  • mengidentifikasi faktor-faktor interpersonal dan lingkungan yang berkontribusi terhadap masalah-masalah tersebut.
  • menentukan treatment yang efektif untuk mengatasi masalah individu tersebut.

Perbedaan antara psikodiagnostik dan psychological assessment adalah :
  • psikodiagnostik merupakan bentuk dari psychological assessment, bukan merupakan sub disiplin psikologi tersendiri, melainkan melibatkan berbagai disiplin psikologi yang berbeda. 
  • psikodiagnostik tidak mempunyai obyek materiil atau fisik tersendiri, hal yang didiagnosis dinyatakan sebagai konstruk-konstruk psikologis tergantung sub disiplinnya.
  • dalam psikodiagnostik tidak dikembangkan prosedur dan metodologi yang spesifik, melainkan menggunakan metodologi umum dalam penelitian psikologi, yaitu meliputi pengujian hipotesis.  


Dalam ilmu psikologi, psikodiagnostik merupakan suatu alat yang digunakan dalam melakukan proses identifikasi dalam permasalahan psikologi. Dengan metode psikodiagnostik akan didapatkan data-data yang akurat, yang selanjutnya akan diproses untuk kepentingan pemecahan permasalahan psikologis yang dialami oleh seseorang.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian psikodiagnostik, tujuan dan fungsi, serta metode yang digunakan dalam psikodiagnostik, berikut perbedaan antara psikodiagnostik dan psychological assessment.

Semoga bermanfaat.