Pengertian Persekusi, Penyebab Dan Cara Menghindari Persekusi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Persekusi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pemburuan sewenang-wenang terhadap seseorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.  Secara umum, persekusi dapat diartikan sebagai perlakuan buruk atau penganiayaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lainnya, khususnya berkaitan dengan suku, agama, dan pilihan politik. 

Damar Juniarto, seorang anggota Koalisi Anti Persekusi dari Safenet menyebutkan bahwa persekusi berbeda dengan main hakim sendiri. Menurutnya yang dimaksud dengan persekusi adalah suatu tindakan memburu orang lain atau golongan tertentu yang dilakukan oleh satu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas. Menurut Damar Juniarto, terdapat dua elemen dalam persekusi yang bertujuan untuk menyakiti secara fisik dan psikis. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa persekusi yang terjadi di lapangan melewati tahapan-tahapan yang umumnya dilakukan oleh orang atau kelompok tertentu dalam melancarkan aksi persekusi, yaitu :
  • pelaku akan menentukan target yang akan dipersekusi, termasuk dan memviralkan target.
  • berburu dengan memobilisasi dengan pengumuman dan koordinasi di lapangan.
  • upaya melakukan permintaan maaf tertulis secara paksa di atas materai, lalu kembali diviralkan dengan difoto atau divideokan.
  • tahapan terakhir adalah mengkriminalisasikan target yang telah ditangkap dan dibawa ke polisi untuk ditahan.
Sedangkan Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana mengartikan pesekusi sebagai perampasan dengan sengaja dan kejam terhadap hak-hak dasar dan berhubungan dengan meniadakan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.
Persekusi merupakan salah satu bentuk dari kejahatan terhadap kemanusiaan. Hal itu tersebut dalam Statuta Roma (Mahkamah Pidana Internasional), yaitu sebagai berikut : "Untuk keperluan statuta ini, kejahatan terhadap kemanusiaan berarti salah satu dari perbuatan berikut ini apabila dilakukan sebagai bagian meluas atau sistematik yang ditujukan kepada suatu kelompok penduduk sipil, dengan mengetahui adanya serangan itu :
  • (h) Persekusi terhadap suatu kelompok yang dapat diidentifikasi atau kolektivitas atas dasar politik, ras, nasional, etnis, budaya, agama, gender sebagai didefinisikan dalam ayat 3, atau atas dasar lain yang secara universal diakui sebagai tidak diijinkan berdasarkan hukum internasional, yang berhubungan dengan setiap perbuatan yang dimaksud dalam ayat ini atau setiap kejahatan yang berada dalam jurisdiksi Mahkamah". 
Penyebab Persekusi. Persekusi yang sering terjadi terhadap seorang atau sekelompok orang tertentu tentunya mempunyai sebab yang berbeda-beda. Banyak penyebab terjadinya persekusi diantaranya adalah sebagai berikut :
  • adanya krisis kepercayaan kepada penegak hukum.
  • kebebasan pendapat yang kebablasan, terutama oleh pengguna media sosial yang cenderung tidak beretika. 
  • adanya kesenjangan sosial.
  • ketidak-percayaan dengan proses hukum. 
Cara Menghindari Persekusi. Terdapat beberapa cara untuk menghindari terjadinya persekusi, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Pikirkan masak-masak terlebih dahulu sebelum berucap atau berkomentar.
  • Pikirkan konsekuensi dari ucapan atau komentar yang dikeluarkan, akankah menyinggung perasaan orang lain.
  • Pahami dan cek kembali informasi yang akan disebarkan, jangan sampai menyebarkan kebohongan (hoax).

Baca juga : Teori Perubahan Sosial

Tahapan/Pola Persekusi. Pada umumnya proses persekusi akan melalui beberapa tahapan yaitu :
  • melacak dan menentukan identitas dan alamat target persekusi.
  • memberikan instruksi kepada masa untuk memburu target dengan menyebarkan identitas dan alamat target ke media sosial.
  • melakukan aksi persekusi dengan mendatangi alamat korban.
Tindakan persekusi dapat mengakibatkan trauma, baik fisik maupun mental, pada korban. Bahkan persekusi juga dapat mengakibatkan kematian korbannya. Oleh karena itu marilah bersama-sama kita cegah persekusi yang mungkin terjadi di sekitar kita.

Demikian penjelasan berkaitan dnegan pengertian persekusi, penyebab dan cara menghindari persekusi.

Semoga bermanfaat.