Pengertian Komunikasi, Unsur Dan Tahapan Komunikasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Komunikasi merupakan salah satu syarat untuk terjadinya suatu interaksi sosial. Komunikasi dapat diartikan sebagai proses menafsirkan perilaku dalam obrolan, sikap, perasaan, maupun gerakan fisik. Bagaimana cara komunikasi dilakukan akan sangat menentukan hasil dari interaksi sosial. Komunikasi yang baik, pasti akan menghasilkan output yang baik pula. Demikian juga sebaliknya, komunikasi yang buruk, tentunya akan menghasilkan output yang buruk juga.

Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin, yaitu 'communicatio' atau 'communicare' atau 'commoness' yang berarti membagi, berpartisipasi, keadaan yang biasa, sama. Orang yang berkomunikasi berarti mengharapkan agar orang lain dapat ikut serta berpartisipasi atau bertindak sama sesuai dengan tujuan, harapan, atau isi pesan. Komunikasi dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :
  • Komunikasi verbal, yaitu suatu proses komunikasi dengan menggunakan simbol atau lambang-lambang. Simbol atau lambang yang digunakan selain sudah ada dan diterima oleh konvensi internasional (seperti alfabet latin), juga terdapat simbol-simbol lokal yang hanya bisa dimengerti oleh kelompok-kelompok masyarakat tertentu.
  • Komunikasi non verbal, yaitu proses komunikasi dengan menggunakan kode non verbal, yang meliputi bahasa isyarat, bahasa tubuh, atau bahasa diam.

Baca juga : Pengertian Pola Komunikasi (Pattern of Communications) Dan Bentuk/Jenis Pola Komunikasi

Pengertian Komunikasi. Banyak ahli yang telah mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan komunikasi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. T. Hani Handoko.
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Perpindahan pengertian tersebut melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi, tidak hanya memerlukan transmisi data melainkan juga tergantung pada keterampilan-keterampilan tertentu untuk membuat sukses pertukaran informasi.

2. Sukanto Reksodiprojo.
Komunikasi adalah usaha mendorong orang lain untuk menginterprestasikan pendapat seperti apa yang dikehendaki oleh orang yang mempunyai pendapat tersebut, serta diharapkan diperoleh titik kesamaan untuk pengertian.

Baca juga : Bentuk-Bentuk Komunikasi

3. Soewarno Handaya Ningrat.
Komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antar sesama manusia. Proses interaksi atau hubungan satu sama lain yang dikehendaki oleh seorang dengan maksud agar dapat diterima dan dimengerti antara sesamanya.

4. Djenamar, SH.
Komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain.

5. William I, Gordon.
Komunikasi adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

Baca juga : Pengertian Sosiologi Komunikasi

6. Carl I. Hovland.
Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus, yang biasanya berupa lambang-lambang verbal, untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan).

7. Charles H. Cooley.
Komunikasi adalah suatu mekanisme hubungan antar manusia yang dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.

8. Everett M. Rogers.
Komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Baca juga : Pengertian Manajemen Komunikasi

9. Karlfriend Knapp.
Komunikasi adalah interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, seperti simbol verbal (kata-kata) dan non verbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung atau tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral, dan visual).

10. William F. Glueck.
Komunikasi dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu :
  • Komunikasi antar pribadi (interpersonal communications), yaitu proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.
  • Komunikasi dalam organisasi (organization Communications), yaitu proses di mana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

Baca juga : Pengertian Filsafat Komunikasi

Unsur-Unsur Komunikasi. Terdapat beberapa unsur yang membentuk suatu komunikasi, yang merupakan salah satu syarat terjadinya interaksi sosial, yaitu :
  • komunikator, yaitu pihak yang menyampaikan pesan, perasaan, atau pikiran kepada pihak lain.
  • komunikan, yaitu pihak atau kelompok yang menerima pesan, perasaan, atau pikiran.
  • pesan, yaitu sesuatu yang disampaikan dapat berupa perasaan, informasi, atau instruksi.
  • media, yaitu alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
  • efek, yaitu perubahan yang diharapkan dari komunikan, setelah komunikator menyampaikan pesannya kepada komunikan.
Tahapan Komunikasi. Terdapat beberapa tahapan penting dalam komunikasi, yaitu :
  1. Encoding, yaitu tahap awal sebelum pesan diterima komunikan. Proses ini mengharuskan komunikator memilih kata, istilah, kalimat dan gambar yang mudah dipahami oleh komunikan.
  2. Penyampaian, yaitu proses setelah menuangkan gagasan dalam bentuk kalimat dan gambar, barulah pesan tersebut disampaikan. Bentuk penyampaian bisa berupa lisan, tulisan, dan gabungan dari keduanya.
  3. Decoding, yaitu setelah pesan diterima, komunikan diharuskan mencerna dan memahami kalimat serta gambar di dalam pesan tersebut.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian komunikasi, unsur dan tahapan komunikasi.

Semoga bermanfaat.