Pengertian Dan Fungsi Sumber Daya Manusia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sumber daya manusia merupakan suatu hal yang sangat penting  dan harus dimiliki dalam upaya mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.  Secara umum, sumber daya manusia dapat diartikan sebagai individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu perusahaan atau organisasi, yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus terus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Sumber daya manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
  1. Sumber daya manusia makro, yaitu jumlah penduduk dalam usia produktif yang ada dan tinggal dalam suatu wilayah atau negara tertentu.
  2. Sumber daya manusia mikro, yaitu individu yang bekerja dalam sebuah institusi atau perusahaan.


Banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan sumber daya manusia. Pengertian sumber daya manusia menurut para ahli tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Sonny Sumarsono.
Sumber daya manusia adalah :
  • usaha kerja yang bermanfaat bagi keberlangsungan produksi.
  • kelompok manusia yang terdiri dari manusia yang memiliki kemampuan untuk memberikan jasa.

2. Malayu S.P Hasibuan.
Sumber daya manusia adalah manusia yang mempunyai kemampuan terpadu yang dicirikan dengan pola pikir dan daya fisik yang baik. Kemampuan sumber daya manusia tidak dapat dilihat dari satu sisi saja, namun harus mencakup keseluruhan daya pikir dan juga daya fisiknya. Perilaku dan watak sumber daya manusia berasal dari lingkungannya, sedangkan prestasi dan motivasi kerja berasal dari keinginan dirinya sendiri.

3. Veithzal Rivai.
Sumber daya manusia adalah seorang yang siap, mau dan mampu memberi sumbangan usaha pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi. Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur masukan (input), selain unsur modal, bahan, mesin, teknologi, dan lain-lain, yang natinya akan diubah menjadi keluaran (output) berupa barang dan jasa untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi.

4. Ermaya.
Sumber daya manusia adalah suatu faktor utama yang penting dalam setiap proses pembangunan negara, perusahaan, maupun organisasi. Sumber daya manusia memberi pengaruh yang  bermanfaat bagi pembangunan, sehingga harus diatur dan dijaga. Dalam pembangunan, sumber daya manusia berperan sebagai obyek dan subyek dari proses pembangunan. 

5. M.T.E Hariandja.
Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan selain faktor lainnya seperti kinerja atau modal. Oleh karena itu, sumber daya manusia harus dikelola dengan baik supaya bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi perusahaan.

6. Abdurrahmat Fathoni.
Sumber daya manusia adalah kekayaan atau modal suatu negara yang penting bagi segala aktivitas manusia sehingga mencapai tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu diperlukan analisis pengembangan dengan metode yang sesuai dengan memperhatikan beberapa unsur seperti waktu, kemampuan, dan daya yang dimiliki oleh setiap manusia.

7. Tadjudin Noer Efendi.
Sumber daya manusia adalah segala hal yang menyangkut dimensi, kualitas atau jumlah karakteristik, dan persebaran atau penduduk.

8. Hadari Nawawi
Sumber daya manusia adalah :
  • manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi yang disebut juga personil, tenaga kerja atau karyawan.
  • potensi yang yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal baik non material  ataupun non finansial di dalam organisasi bisnis, yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensinya.
  • potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya. 

9. Gouzali Syadam.
Sumber daya manusia adalah sumber utama dalam proses kegiatan di lingkungan sekitar. 

10. Schermerhorn.
Sumber daya manusia adalah orang, individu-individu, dan kelompok-kelompok yang membantu organisasi menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa.

11. Werther dan Davis.
Sumber daya manusia adalah pegawai yang siap, mampu dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi.

12. Staub dan Attner.
Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling penting dari sebuah organisasi, karena manusia memberikan bakat, keahlian, pengetahuan, dan pengalaman untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

13. Mathis dan Jackson.
Sumber daya manusia adalah suatu rancangan  berbagai sistem formal dalam perusahaan maupun organisasi yang berfungsi untuk menjaga agar penggunaan bakat dan minat manusia dapat digunakan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut secara efektif dan efisien.


Selain dari pendapat para ahli tersebut, pengertian sumber daya manusia juga dapat dijumpai dalam :

1. Bank Dunia.
Sumber daya manusia adalah sebuah potensi yang harus dikembangkan secara konsisten. Pengembangan sumber daya manusia adalah upaya pengembangan manusia yang menyangkut pengembangan aktivitas dalam bidang pendidikan dan latihan, gizi, kesehatan, pengembangan teknologi dan peningkatan kemampuan penelitian.

2. The Chartered Institute of Personnel and Development (CIPD).
Sumber daya manusia adalah strategi perancangan, pelaksanaan,  dan pemeliharaan untuk mengelola manusia untuk kinerja usaha yang optimal termasuk kebijakan pengembangan dan proses untuk mendukung strategi.


Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia adalah :
  1. Pendidikan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik.
  2. Lingkungan. Lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk karakter sumber daya manusia.


Fungsi sumber daya manusia adalah :
  • Sebagai tenaga kerja, meliputi seluruh penduduk yang memiliki usia siap kerja (produktif).
  • Sebagai tenaga ahli, sesuai dengan bidang dan kemampuannya.
  • Sebagai pemimpin, adalah manusia yang mempunyai kapasitas lebih besar dengan kemampuan dan pengalaman yang mumpuni dapat berfungsi sebagai pemimpin bagi suatu perusahaan atau organisasi.
  • Sebagai tenaga usahawan, adalah mereka yang dapat melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan kemandirian dalam rangka menciptakan suatu produk baru yang bermanfaat bagi orang banyak maupun lingkungannya.
  • Sebagai pengembang ilmu dan teknologi, manusia berperan utama dalam penemuan dan pengembangan ilmu sehingga dapat digunakan untuk kemajuan dirinya sendiri, lingkungan, dan orang lain termasuk perusahaan atau organisasi.


Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan atau organisasi.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian dan fungsi sumber daya manusia.

Semoga bermanfaat.