Tanggung Jawab Sosial Manajer

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dalam suatu perusahaan, seorang manajer mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pengelolaan perusahaan. Untuk itulah sangat dibutuhkan seorang manajer yang mempunyai kemampuan mengobservasi, menganalisa serta mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Di samping juga dibutuhkan seorang manajer yang visioner dan mempunyai kemampuan mengkoordinasi yang baik antara sesama manajer dalam tingkatan yang sama, maupun dengan manajer tingkat bawah.

Baca juga : Tugas Dan Kegiatan Manajer

Salah satu tanggung jawab yang diemban oleh seorang manajer adalah tanggung jawab sosial. Tanggung jawab sosial berarti bahwa dalam setiap kegiatan perusahaan, manajemen harus selalu mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi, khususnya di dalam setiap pembuatan keputusannya. Tanggung jawab sosial perusahaan ini merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh para manajer suatu perusahaan.  Aspek ini merupakan syarat utama bagi berhasil atau tidaknya suatu perusahaan, terutama untuk jangka panjang. Manajer akan selalu  dituntut untuk dapat mengimplementasikan etika berusaha (the ethics of managers), terutama dalam hubungannya dengan konsumen/langganan, karyawan, penemu teknologi, lembaga-lembaga pendidikan, perusahaan-perusahaan lain, para penyedia, kreditur, pemegang saham, pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

Baca juga : Proses Pembuatan Keputusan Dalam Manajemen

Etika berusaha seorang manajer dalam suatu perusahaan, lebih khusus berkaitan dengan kewajiban moral pada masyarakat, yaitu berkenaan dengan pendapat tentang benar dan salah, Penentuan etika benar dan salah adalah sulit, karena dalam kenyataannya standar-standar moral berubah setiap waktu. Kelompok-kelompok yang berbeda dalam masyarakat yang sama, mungkin mempunyai gagasan-gagasan tentang benar dan salah yang saling bertentangan. 

Etika ini merupakan sistem ungkapan-ungkapan yang menyangkut perilaku, perbuatan dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dalam hidupnya. Berkenaan dengan hal itulah, etika para manajer akan sangat mempengaruhi keputusan-keputusan dan kegiatan-kegiatan suatu perusahaan. Etika manajer harus mendasarkan diri pada nilai-nilai atau standar moral yang dianggap baik dan luhur dalam suatu lingkungan atau masyarakat.

Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Manajer. Ada lima faktor yang mempengaruhi keputusan-keputusan pada masalah etika manajer, yaitu :
  1. Hukum.
  2. Peraturan-peraturan pemerintah.
  3. Kode etik industri dan perusahaan.
  4. Tekanan-tekanan sosial.
  5. Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan perusahaan.

Faktor-faktor tersebut berpengaruh pada tingkatan dan pada bidang-bidang fungsi yang berbeda-beda dalam suatu perusahaan.
Para manajer dituntut untuk dapat mengikuti atau mentaati hukum dan standar-standar etika masyarakat. Selain itu, manajer juga harus memperhatikan dan memusatkan dirinya pada pemberian tanggapan-tanggapan perusahaan terhadap masalah-masalah sosial. Dengan begitu :
  1. Suatu perusahaan akan mengesampingkan tujuan utamanya yaitu memaksimalkan keuntungan, dan mengalihkan ke pemenuhan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dengan perolehan keuntungan yang secukupnya.
  2. Pencapaian hasil-hasil yang lebih baik dalam pelaksanaan fungsi tanggung jawab sosial perusahaan menjadi semacam peralatan untuk membantu sukses perusahaan.

Baca juga : Hambatan-Hambatan Dalam Pendelegasian Dan Mengatasinya

Bagaimana para manajer memelihara penanganan masalah-masalah sosial akan mencerminkan etika pribadinya, kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan, dan nilai-nilai sosial perusahaan pada periode waktu tertentu.

Demikian penjelasan berkaitan dengan tanggung jawab sosial manajer.

Semoga bermanfaat.