Organisasi Dan Lingkungan Eksternal Organisasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Lingkungan eksternal organisasi baik lingkungan eksternal mikro maupun lingkungan eksternal makro mempunyai peranan dalam mempengaruhi kemajuan dan perkembangan suatu organisasi atau perusahaan. Lingkungan eksternal organisasi yang mempengaruhi organisasi tersebut sangat bervariasi tergantung dari tipe dan tujuan organisasi. Untuk itulah seorang manajer harus jeli dalam memanfaatkan faktor-faktor lingkungan eksternal organisasi untuk meningkatkan kegiatan suatu organisasi. 

gambar : manajemen.bisnis.com
Baca juga : Manajer Dan Lingkungan Eksternal Organisai

Seorang manajer dengan kemampuan individu dan kuasa yang dimilikinya dari pengusaha atau pemilik perusahaan mempunyai tanggung jawab yang besar untuk dapat mengelola hubungan antara organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya dengan faktor-faktor lingkungan eksternal. Manajer dan organisasinya harus bisa menganalisa dan memberikan tanggapan terhadap lingkungan eksternal baik melalui usaha untuk mempengaruhi lingkungan eksternal mikro, dan peramalan serta penyesuaian dengan kecenderungan lingkungan eksternal makro, sehingga organisasi atau perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang.


Usaha-usaha yang dapat dilakukan suatu organisasi melalui manajernya dalam mempengaruhi lingkungan eksternal organisasi adalah :

1. Usaha Mempengaruhi Lingkungan Eksternal Mikro.
Manajer harus memusatkan usaha-usahanya pada aspek-aspek kunci lingkungan yang kritis bagi tujuan tertentu organisasi. Bila mereka memperlakukan setiap komponen secara sama, mereka akan menghabiskan waktu dan energi dengan cara-cara yang tidak produktif. Tetapi melalui pemusatan pada variabel-variabel kunci, manajer dapat mencapai sasarannya untuk mempengaruhi lingkungan. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mempengaruhi lingkungan elemen mikro, misalnya :
  • Manajer membuat hubungan kerjasama dan perundingan dengan para penyedia untuk menjamin pengadaan bahan baku yang dibutuhkan pada harga yang dapat diterima.
  • Manajer dapat mempengaruhi langganan melalui pengiklanan.

2. Peramalan (Forecasting) dan Lingkungan Eksternal Makro.
Kelangsungan operasi perusahaan sering sangat tergantung pada antisipasi dan adaptasinya terhadap perkembangan lingkungan eksternal makro. Kecenderungan perkembangan lingkungan ini hendaknya dimonitor secara terus menerus, agar manajer mampu mengembangkan kedudukan yang kuat dalam menghadapi lingkungan tersebut. Informasi tentang lingkungan makro dapat diperoleh dari berbagai sumber, di antaranya :
  • Laporan dan data statistik pemerintah.
  • Publikasi-publikasi bisnis.
  • Jurnal-jurnal perdagangan.
  • Laporan-laporan bank.
  • Data-data yang dikumpulkan dari kegiatan-kegiatan organisasinya sendiri.

Manajer dapat mengantisipasi perubahan-perubahan dari lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan organisasinya dengan pendekatan dan teknik peramalan yang tersedia, manajer dapat melakukan penelitian yang bertujuan untuk memperjelas perkembangan yang dapat diperkirakan. Manajer dapat melakukan identifikasi dan seleksi sumber-sumber informasi yang relevan, sehingga dapat melakukan peramalan situasi dan kondisi perekonomian, kemajuan teknologi, perubahan sosial, perkembangan penduduk, kecenderungan iklim politik, dan lain-lain. 

3. Perencanaan, Perancangan Organisasi dan Lingkungan.
Cara paling penting bagi manajer untuk menyesuaikan dengan lingkungan eksternal adalah melalui pengembangan dan implementasi rencana-rencana bagi organisasinya. Rencana-rencana mewujudkan konsep dasar organisasi dan strategi-strategi akan mengikutinya untuk mencapai tujuan. Rencana-rencana strategik ini tidak hanya menjadi pedoman adaptasi organisasi terhadap lingkungan eksternal mikro dan makro, tetapi juga menuntut usaha-usaha organisasi untuk mempengaruhi perilaku faktor-faktor dalam lingkungan eksternal mikro. Suatu tipe khusus penyesuaian manajerial terhadap lingkungan, yang biasa disebut perancangan organisasi (organizational design) mencakup :
  • Perubahan-perubahan dalam struktur formal organisasi.
  • Aliran kerja.
  • Pola wewenang.
  • Hubungan-hubungan pelaporan di antara manajer.

Baca juga : Hubungan Antara Organisasi Dengan Lingkungan Organisasi

Dengan usaha-usaha yang dilakukan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan suatu organisasi, sehingga tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai sesuai dengan target yang diharapkan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan organisasi dan lingkungan eksternal organisasi.

Semoga bermanfaat.