Manajer Dan Lingkungan Eksternal Organisasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Maju mundurnya suatu organisasi atau perusahaan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor yang berasal lingkungan internal organisasi maupun yang berasal dari lingkungan eksternal organisasi. Seorang manajer yang merupakan salah satu bagian dari unsur lingkungan internal organisasi, selain harus mempunyai kemampuan sesuai dengan bidangnya, juga bisa memperhitungkan betapa pentingnya pengaruh lingkungan eksternal terhadap kegiatan organisasi yang dikelolanya.

Baca juga : Tanggung Jawab Sosial Manajer

Untuk kemajuan dan perkembangan suatu organisasi serta untuk dapat mencapai tujuan suatu organisasi sesuai dengan apa yang ditargetkan, unsur-unsur dan kekuatan-kekuatan dari lingkungan eksternal organisasi harus ikut dipertimbangkan oleh seorang manajer dalam setiap kegiatan dan keputusan yang diambilnya. Oleh karena itulah, seorang manager harus bisa mengindentifikasi dan mengevaluasi, serta bereaksi terhadap kekuatan-kekuatan lingkungan eksternal organisasi, baik itu berupa kesempatan-kesempatan, resiko-resiko, maupun ancaman-ancaman yang mempunyai pengaruh pada kegiatan organisasi atau perusahaan.

Baca juga : Organisasi Dan Lingkungan Eksternal Organisasi

Perkembangan teknologi serta perubahan ekonomi dan sosiologis dalam masyarakat membuat perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan eksternal organisasi sangat dinamis. Hal itulah yang harus dapat diantisipasi oleh seorang manajer. Pengaruh perubahan-perubahan tersebut terhadap sistem manajemen suatu organisasi seringkali tidak dapat diperkirakan sebelumnya. Perubahan-perubahan dari unsur lingkungan eksternal organisasi yang harus diperhatikan oleh seorang manajer dalam setiap kegiatan dan pengambilan keputusan, di antaranya adalah :  
  • Dalam masalah ekonomi, seorang manajer mesti menghadapi kondisi ekonomi yang naik turun. Dengan pengumpulan data yang akurat seorang manajer mesti dapat memperkirakan kemungkinan-kemungkinan perkembangan ekonomi secara makro ke depannya. Dengan begitu ia akan dapat mengantisipasi segala persoalan yang mungkin timbul di belakang hari.
  • Dalam hal teknologi, pesatnya perkembangan teknologi akan berpengaruh pada perbaikan dan inovasi produksi serta produk. Dengan mengikuti dan mempelajari perkembangan teknologi yang kian hari kian maju, seorang manajer dapat mengimplementasikan kemajuan teknologi tersebut guna kemajuan dan pengembangan produksi dan hasil-hasilnya. 
  • Dalam hal perilaku konsumen. Seorang manajer dari waktu ke waktu juga mesti memperhatikan dan mempelajari perilaku konsumen. Apabila terjadi perubahan perilaku konsumen, seorang manajer harus dapat mengantisipasi perubahan tersebut, misalnya dengan melakukan perubahan-perubahan terhadap hasil produksinya sehingga dapat tetap dan sesuai dengan keinginan pasar.
  • Dalam kaitannya dengan peraturan pemerintahan yang setiap waktu dapat berubahan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Seorang manajer harus dapat mencari informasi dan mempelajari peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga dalam melakukan kegiatan produksinya, tidak bertentangan dengan aturan yang ada dan tidak merugikan organisasi perusahaan karena terjadi pelanggaran-pelanggaran yang disebabkan oleh ketidaktahuannya.
Semua hal tersebut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh organisasi dan manajemen. Karenanya seorang manajer dituntut untuk selalu bersikap tanggap dan adaptif, selalu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan. Manajer perlu menentukan beberapa cara atau pendekatan yang memungkinkannya menjaga  dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam lingkungan yang selalu berubah. Faktor-faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh dan dipengaruhi secara langsung atau tidak langsung terhadap dan oleh kegiatan-kegiatan organisasi tersebut dibedakan menjadi faktor lingkungan eksternal mikro dan faktor lingkungan eksternal makro.

Demikian penjelasan berkaitan dengan manajer dan lingkungan eksternal organisasi.

Semoga bermanfaat.