Lingkungan Eksternal Makro Dari Organisasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Salah satu unsur yang mempengaruhi kegiatan suatu organisasi adalah faktor lingkungan eksternal. Selain unsur lingkungan eksternal mikro yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi, unsur lingkungan eksternal makro, yang merupakan bagian lain dari faktor lingkungan eksternal organisasi,  juga ikut berperan dalam kegiatan organisasi walaupun tidak secara langsung.

Pengertian Lingkungan Eksternal Makro dari Organisasi. Yang dimaksud dengan lingkungan eksternal makro adalah faktor-faktor yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan suatu organisasi atau perusahaan. Lingkungan eksternal makro dapat mempengaruhi organisasi dengan dua cara, yaitu :
  1. Kekuatan-kekuatan di luar organisasi yang mempengaruhi kegiatan suatu organisasi baik secara langsung atau tidak langsung melalui satu atau lebih unsur-unsur lingkungan eksternal mikro.
  2. Unsur-unsur lingkungan eksternal makro menciptakan iklim di mana organisasi ada dan harus memberikan  tanggapan. 
Unsur Lingkungan Eksternal Makro dari Organisasi. Yang termasuk unsur lingkungan eksternal makro dari suatu organisasi adalah :

1. Perkembangan Teknologi.
Tingkat kemajuan dan perkembangan teknologi mempunyai peranan penting dalam penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi, peralatan yang akan digunakan, dan bagaimana mengelola berbagai macam operasi dalam suatu organisasi. Perubahan-perubahan yang terjadi di bidang teknologi, yang bersifat inovatif, dapat terjadi kapanpun dan dengan seketika dapat mempengaruhi organisasi atau perusahaan, yang pada akhirnya juga akan berpengaruh pada situasi persaingan usaha.
2. Variabel-Variabel Ekonomi.
Biaya-biaya yang dikeluarkan dalam suatu proses produksi, juga bisa menjadi masalah dalam suatu organisasi atau perusahaan. Hal tersebut menjadi tugas dari para manager untuk memikirkan jalan pemecahannya, tanpa mengurangi kualitas dari hasil produksi. Biaya-biaya yang dibutuhkan dalam suatu proses produksi, setiap saat dapat berubah sebagai akibat dari pengaruh faktor-faktor ekonomi tersebut. Seorang manager harus dapat menganalisa dan mendiagnosa perubahan-perubahan dari faktor-faktor ekonomi untuk kemudian dijadikan suatu kekuatan dalam proses kegiatan suatu organisasi atau perusahaan. Faktor-faktor ekonomi yang bisa berpengaruh terhadap kegiatan suatu organisasi atau perusahaan adalah kecenderungan inflasi atau deflasi harga barang-barang dan jasa-jasa, kebijakan-kebijakan moneter, devaluasi atau revaluasi, dan yang menyangkut tingkat suku bunga, kebijakan-kebijakan fiskal, keseimbangan neraca pembayaran, serta harga-harga yang ditetapkan oleh para pesaing dan penyedia.

Baca juga : Manajer Dan Lingkungan Eksternal Organisasi

3. Lingkungan Sosial - Kebudayaan.
Maju mundurnya suatu organisasi atau perusahaan tidak terlepas dari lingkungan sosial dan kebudayaan masyarakat. Lingkungan sosial dan kebudayaan yang dimaksud adalah mencakup kepercayaan, nilai-nilai, sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi, pendidikan, kelompok etnis, ekologi, demografis, geografis, serta agama dan kepercayaan dari sekelompok atau seluruh masyarakat tertentu. Nilai-nilai dan kebiasaan masyarakat juga tercermin pada struktur organisasi perusahaan.

Baca juga : Lingkungan Eksternal Mikro Dari Organisasi

4. Variabel-Variabel Politik - Hukum.
Operasional suatu organisasi dan perusahaan juga dipengaruhi oleh faktor politik dan hukum dalam suatu periode waktu tertentu. Dalam mengelola kegiatan suatu organisasi atau perusahaan, seorang manajer tidak mungkin mengabaikan iklim politik, peraturan-peraturan pemerintah maupun konsekuensi-konsekuensi atau dampaknya terhadap pemerintah dalam pembuatan keputusan. Batasan dan peraturan-peraturan yang dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah memberikan maksud untuk melindungi konsumen, lingkungan, ataupun perusahaan, serta menghilangkan perlakuan tidak adil dalam pembayaran kepada karyawan dan lain sebagainya.

Baca juga : Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal Organisasi

5. Dimensi Internasional.
Komponen internasional dalam lingkungan eksternal juga memberikan kemungkinan akan kesempatan-kesempatan dan tantangan-tantangan, serta berpotensi menjadi faktor yang berpengaruh langsung pada organisasi atau perusahaan. Dimensi internasional tersebut dapat mempengaruhi suatu organisasi atau perusahaan melalui perkembangan politik dunia, ketergantungan ekonomi, penularan nilai-nilai dan sikap hidup serta transfer teknologi. Manajer hendaknya mampu menganalisa dan mengantisipasi untuk kemudian meletakkan dasar yang kuat dalam menghadapi perkembangan dunia internasional.
Selain dari unsur-unsur tersebut, masih ada lagi beberapa unsur eksternal makro yang ikut mempengaruhi kegiatan suatu organisasi, seperti saluran distribusi yang digunakan, media, asosiasi-asosiasi bisnis, kelompok pecinta lingkungan, dan kelompok-kelompok politik tertentu, yang sebagian besar merupakan perwujudan potensi pengaruh lingkungan eksternal makro dari suatu organisasi.

Demikian penjelasan berkaitan dengan lingkungan eksternal makro dari organisasi.

Semoga bermanfaat.