Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal Organisasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan suatu organisasi atau perusahaan.  Selain faktor lingkungan internal, ada pula faktor lingkungan eksternal atau faktor dari luar yang mempengaruhi kegiatan suatu organisasi atau perusahaan.

gambar : digitalmarketer.id
Lingkungan eksternal organisasi adalah faktor-faktor dari luar yang mempengaruhi suatu organisasi, yang terdiri atas berbagai macam unsur, yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer. Lingkungan eksternal memberikan informasi kepada suatu organisasi berupa masukan-masukan yang dibutuhkan, seperti bahan baku, dana, tenaga kerja, dan energi, yang kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa, yang merupakan keluaran-keluaran kepada lingkungan eksternal.

Baca juga : Hubungan Antara Organisasi Dengan Lingkungan Organisasi

Faktor lingkungan eksternal organisasi, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : 

1. Lingkungan Eksternal Mikro.
Lingkungan eksternal mikro adalah unsur-unsur yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi. Komponen-komponen lingkungan eksternal mikro yang paling berpengaruh dan penting adalah :
  • Para pesaing yang harus dihadapi perusahaan yang tercermin dari tipe, jumlah dan norma-norma perilaku organisasi pesaing.
  • Langganan yang harus dilayani. Strategi, kebijakan dan taktik-taktik pemasaran perusahaan sangat bergantung pada situasi pasar dan langganan.
  • Lembaga-lembaga keuangan. Organisasi perusahaan tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan, seperti perbankan, perusahaan asuransi, dan perusahaan pembiayaan.
  • Pasar tenaga kerja. Organisasi memerlukan sejumlah karyawan dengan bermacam-macam keterampilan, kemampuan, dan pengalaman.
  • Para penyedia barang atau suppliers. Setiap organisasi perusahaan sangat tergantung pada sumber-sumber dari sumber daya-sumber dayanya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, bahan pembantu, dan lain-lain.
  • Perwakilan-perwakilan pemerintah. Suatu organisasi mesti tunduk dan mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh perwakilan pemerintah.

Baca juga : Manajer Dan Lingkungan Eksternal Organisasi

Selain komponen tersebut tentunya masing ada komponen-komponen lain yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi yang juga mesti diperhatikan, walaupun tingkat pengaruhnya berbeda. Misalkan saluran distribusi yang digunakan, media, asosiasi-asosiasi bisnis, kelompok-kelompok pecinta lingkungan, dan kelompok-kelompok politik tertentu yang sebagian besar merupakan perwujudan potensi pengaruh lingkungan eksternal makro.

Baca juga : Organisasi Dan Lingkungan Eksternal Organisasi

2. Lingkungan Eksternal Makro.
Lingkungan eksternal makro adalah unsur-unsur yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi. Lingkungan eksternal makro terdiri dari dua hal, yaitu :
  • Kekuatan-kekuatan di luar tersebut mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau secara tidak langsung melalui satu atau lebih unsur-unsur lingkungan eksternal mikro.
  • Unsur-unsur lingkungan makro menciptakan iklim, di mana organisasi ada dan harus memberikan tanggapan. Misalnya kecanggihan teknologi, keadaan perekonomian, dan perubahan-perubahan sosial.

Baca juga : Lingkungan Eksternal Makro Dari Organisasi

Yang dapat dikatakan sebagai lingkungan eksternal makro adalah  teknologi,  ekonomi, politik, dan sosial yang mempengaruhi iklim di mana organisasi beroperasi dan mempunyai potensi menjadi kekuatan-kekuatan sebagai lingkungan eksternal mikro.

Demikian penjelasan berkaitan dengan faktor-faktor lingkungan eksternal organisasi.

Semoga bermanfaat.