Merawat Dan Membersihkan Perabot Rumah Tangga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Perabot rumah tangga terbuat dari berbagai macam bahan, misalnya dari kayu, kain, rotan, atau besi. Pemilihan perabot rumah tangga tentunya didasarkan pada manfaat, bahan pembuatannya, selera, tema dari rumah, dan lain-lain. Agar perabot rumah tangga dapat awet dan tahan lama tentunya butuh perawatan khusus sesuai dengan bahan yang dipakai untuk membuat perabot rumah tangga tersebut.

Baca juga : Merawat Dan Memelihara Buku

Perawatan terhadap perabot rumah tangga tersebut dapat dilakukan dengan cara :

1. Perabot Kayu.
Perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu, seperti kursi, meja,maupun lemari mudah menjadi kusam dan lapuk karena bahan ini mudah menyerap air, minyak, dan debu. Oleh karenanya, perabotan dari kayu memerlukan  perawatan  rutin. Yang perlu dilakukan untuk merawat perabot dari kayu adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan perabot dari kayu dengan menggunakan lap kering dan bersih.
  • Gosok perlahan permukaan kayu (searah serat kayu) dengan menggunakan pembersih khusus untuk kayu. Jika kursi atau meja tersebut banyak lekukkan atau ukirannya, bersihkan dengan menggunakan kuas,  sebelumnya  encerkan terlebih dahulu pembersih khusus untuk kayu tersebut. Biarkan selama 10 - 15 menit, kemudian ulangi sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Untuk mengkilapkan perabot kayu, gosokkan ampas kelapa pada permukaan kayu, searah dengan serat kayu. Biarkan beberapa saat, kemudian bersihkan sisa ampas kelapa dengan lap kering.

Baca juga : Merawat Kompor Dan Tabung Gas

2. Perabot Kain.
Kebanyakan perabot rumah tangga menggunakan unsur kain, seperti sofa, gordin, dan lain-lain. Dan biasanya bahan dari kain tersebut bisa dilepas. Cara merawat dan membersihkan perabot dari kain adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan secara rutin. Anda bisa menggunakan sikat yang lembut atau dengan vacuum cleaner (penghisap debu).
  • Agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, jemurlah bantal, guling, bantal sofa, dan lain-lain secara berkala. 
  • Untuk rangka sofa atau tempat tidur, anda bisa membersihkannya dengan kain halus yang sudah dibasahi dengan sabut lembut. Setelah itu bersihkan sisa sabut dengan kain yang sudah dibasahi dengan air bersih, kemudian keringkan.

Baca juga : Memilih Dan Merawat Peralatan Dapur

3. Perabot Rotan.
Bahan rotan biasanya digunakan untuk bahan mebel, rak buku, dan lain-lain. Selain awet, harganyapun juga relatif murah. Cara merawat dan membersihkan perabot dari bahan rotan adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan perabot rotan seminggu sekali. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu yang menempel. Jangan menggunakan cairan yang mengandung zat kimia karena bisa merusak rotan.
  • Untuk membersihkan debu dari tempat yang susah dijangkau, cuci perabot rotan dengan menggunakan deterjen. Setelah bersih, lap dengan menggunakan kain kering dan angin-anginkan. Anda bisa melakukannya sebulan sekali.
  • Hindarkan perabot rotan dari tempat yang mudah terkena air hujan dan sinar matahari secara langsung. Karena hal ini dapat merusak warna dan tekstur dari rotan. Kalau perabot rotan anda sudah pudar warnanya, anda dapat mengecatnya kembali dengan menggunakan cat khusus untuk rotan.
  • Untuk menghindari rayap, gunakan larutan kapur barus dan minyak tanah atau solar untuk menyemprot perabot rotan yang terserang rayap.

Baca juga : Tips Merawat Barang Berwarna Putih

4. Perabot Besi.
Besi juga biasa dipakai sebagai bahan pembuat perabot rumah tangga, seperti meja, kursi, tempat tidur, pernak pernik rumah tangga, dan lain-lain. Cara merawat dan membersikan perabot dari besi adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan dengan sabun yang lembut atau dengan menggunakan lerak, yang biasa digunakan untuk mencuci kain batik. Kalau anda kesulitan, anda bisa menggunakan sabut khusus buat mencuci batik yang banyak dijual di pasaran. Jangan sekali-kali menggunakan deterjen untuk membersihkan perabot rumah tangga dari besi.
  • Keringkan perabot dengan kain bersih yang menyerap air. Hindarkan perabot besi ini dari minyak atau lemak, karena bisa menyebabkan karat.

Demikian penjelasan berkaitan dengan cara merawat dan membersihkan perabot rumah tangga.

Selamat mencoba...