Tips Merawat Barang Berwarna Putih

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Barang-barang berwarna putih selalu menarik untuk untuk dimiliki. Mulai dari pakaian hingga gadget. Untuk menjaga warna putihnya, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Kemeja atau blus. 
  • Karena sering dipakai , bagian kerah berubah warna menjadi kuning. Solusi yang dapat dilakukan adalah segera cuci kemeja atau blus putih anda setelah dipakai. Setidaknya segera rendam dalam air yang sudah diberi sedikit deterjen. Cara ini akan mencegah keringat yang menempel di kerah menjadi 'penghuni tetap'. 
  • Kemeja atau blus menjadi abu-abu karena terlalu lama disimpan di dalam lemari. Solusi yang dapat dilakukan adalah kucek baju anda di dalam ember berisi air yang sudah dibubuhi setengah cangkir cuka. Hindari dry clean agar atasan putih anda tidak berubah warna menjadi abu-abu. 

2. Kaus.
  • Keringat sisa aktivitas meninggalkan noda yang susah dihilangkan. Solusi yang dapat dilakukan adalah untuk mencegah noda menempel pada kaus, gunakan pembersih atau pengangkat noda pada area sekitar ketiak dan kerah (pakai pembersih bahkan sebelum noda itu muncul). Atau segera rendam kaus dalam ember yang sudah dicampur dengan secangkir air lemon. Kadar asam lemon akan membuat noda menjadi netral kembali sebelum dicuci.

3. Pakaian Dalam.
  • Warna berubah menjadi abu-abu atau kuning karena pemakaian sehari-hari. Solusi yang dapat dilakukan adalah cucilah dengan tangan, jangan menggunakan mesin cuci, dengan menggunakan deterjen lembut. Anda bisa juga mencucinya dengan menggunakan sabun bayi untuk mencuci pakaian dalam. Rendam selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Keringkan dengan cara ditepuk atau diperas perlahan. Jangan memelintir karena bisa merusak bentuk pakaian dalam anda. Keluarkan air di pakaian dalam anda dengan cara menggulungnya memakai handuk bersih dan kering, lalu gantung hingga kering.Hindari pemutih karena bisa mengurangi kadar sintetik. bahan yang umum dipakai pada pakaian dalam.

4. Telepon genggam.
  • Bagian-bagian sudut mulai berubah warna dan susah dibersihkan. Solusi yang dapat dilakukan adalah gunakan cutton bud yang sudah dicelupkan ke dalam cairan alkohol untuk membersihkan kotoran di sudut-sudut yang sulit. Alkohol menguap dengan cepat sehingga tidak akan masuk ke sela-sela telepon genggam anda. Untuk membersihkan tombol keypad, basahi kain berbahan lembut dengan alkohol lalu tekan-tekan keypad dengan kain tersebut. Lap secara perlahan.

5. Laptop.
  • Keypad berubah warna karena pemakaian. Solusi yang dapat dilakukan adalah coba gunakan pembersih laptop yang banyak dijual di toko buku untuk mengangkat kotoran bekas jari yang menempel. Untuk daerah-daerah yang sulit, gunakan cutton bud untuk mengangkat debu. Jangan pernah menyemprotkan cleaner langsung ke laptop anda karena bisa menyebabkan kerusakan.

6. Tas dan sepatu kulit.
  • Kotor karena pemakaian. Solusi yang dapat dilakukan adalah bersihkan secara teratur, dua kali dalam satu bulan. seka dengan lap lembut lembab lalu semprotkan cairan pembersih khusus tas yang biasanya tersedia di toko tas kulit. Cairan ini bisa membantu mengangkat kotoran serta melindungi tas dan sepatu kulit anda. 
  • Mencegah tas dan sepatu kulit berbau tidak sedap. Solusi yang dapat dilakukan adalah simpan tas yang tidak dipakai dalam kantong berbahan lembut dan simpan di tempat yang kering. Letakkan sepatu dalam dusnya dan taruh silica gel untuk menyerap kelembaban. Jangan pernah menyimpan tas dan sepatu dalam kantong plastik karena bisa membuat bau. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan tips merawat barang berwarna puting dan barang-barang lain.

Semoga bermanfaat.