Perbedaan Antara Pemasaran (Marketing) Dan Penjualan (Sales)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
1. Pemasaran (Marketing)
Secara umum, pemasaran atau "marketing" dapat diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan untuk mengenalkan suatu produk kepada konsumen yang potensial. American Marketing Association, menyebutkan bahwa pemasaran merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan serta untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan. Sedangkan menurut Basu Swastha Dharmamesta dan Hani, yang dimaksud dengan pemasaran adalah proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut hingga proses proses promosi maupun distribusinya dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

Pemasaran
selalu berhubungan erat dengan pasar yang selalu berubah-ubah yang dikarenakan oleh faktor lingkungan yang berada di luar kontrol perusahaan secara langsung. Menurut Peter F. Drucker, tujuan utama dari pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya akan menjual dirinya sendiri. Selain itu, masih menurut Peter F. Drucker, terdapat beberapa tujuan lain dari pemasaran, yaitu :
  • promosi (memberi informasi), merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli.
  • menciptakan pembelian.
  • menciptakan pembelian ulang.
  • menciptakan tenaga kerja. Dalam memasarkan barang atau jasa secara tidak langsung akan tercipta tenaga kerja.
  • menciptakan produk megabrand. Suatu produk yang sudah dikenal dan memiliki konsumen setia akan menciptakan megabrand sehingga produk akan selalu dicari konsumen.


2. Penjualan (Sales).
Secara umum, penjualan atau "sales" dapat diartikan sebagai aktivitas menjual produk barang atau jasa. Dalam "Kamus Istilah Ekonomi" yang disusun oleh Moekijat, dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan penjualan adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi dan memberi petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sedangkan menurut Basu Swastha Dharmamesta, yang dimaksud dengan penjualan adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual, untuk mengajak orang lain bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain penjualan merupakan proses menawarkan barang atau produk kepada konsumen dengan cara merayu konsumen tersebut.

Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang atau jasa memberikan hak kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli dengan suatu harga tertentu. Penjualan merupakan kegiatan ekonomis yang umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan atau perorangan dalam rangka memperoleh laba sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Menurut Basu Swastha Dharmamesta, tujuan dari penjualan adalah :
  • mencapai volume penjualan. Penjualan yang dilakukan oleh perusahaan atau pedagang ditujukan untuk mencapai jumlah penjualan tertentu. Jumlah penjualan perusahaan atau pedagang diharapkan bisa bertambah setiap waktunya untuk meningkatkan performa usahanya.
  • mendapatkan keuntungan atau profit yang melebihi biaya yang dikeluarkan. Mendapatkan keuntungan atau profit dari produk barang atau jasa yang jual merupakan tujuan utama dari penjualan.
  • menunjang pertumbuhan perusahaan. Jika perusahaan dapat mencapai target penjualan yang telah ditetapkan, maka hal tersebut akan membuat perusahaan tersebut menjadi cepat untuk berkembang dan semakin besar.


3. Perbedaan Antara Pemasaran dan Penjualan. Dari apa yang tersebut di atas, dapat dikatakan bahwa antara pemasaran dan penjualan merupakan dua hal yang memiliki hubungan yang sangat erat dan saling berkaitan. Hanya saja, antara pemasaran dan penjualan memiliki konsep yang berbeda. Perbedaan antara pemasaran dan penjualan adalah sebagai berikut :

* Pemasaran (marketing) :
  • pemasaran merupakan suatu tindakan menganalisis pasar dan memahami kebutuhan pelanggan, sehingga setiap kali produk baru diluncurkan akan menjual dirinya sendiri.
  • pemasaran berhubungan dengan satu ke banyak (one to many).
  • pemasaran memiliki pendekatan terpadu yang menekankan pada pemastian kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk atau layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan.
  • pemasaran merupakan suatu proses jangka panjang.
  • pemasaran melibatkan pengidentifikasian kebutuhan pelanggan dan berusaha untuk memuaskan kebutuhan pelanggan tersebut.
  • pemasaran merupakan suatu aktivitas yang didorong oleh media.
  • pemasaran berfokus atau menekankan pada kebutuhan pasar.
  • dalam pemasaran, pelanggan diberi prioritas, kebutuhan pelanggan akan diidentifikasikan terlebih dahulu dan setelah itu barang atau jasa dijual kepada pelanggan.
  • pemasaran berkonsentrasi pada masyarakat umum, yaitu menciptakan nilai suatu produk atau layanan untuk meningkatkan penjualan.
  • pemasaran menggunakan strategi pull atau tarik, maksudnya pelanggan datang sendiri ke suatu produk.

* Penjualan (sales) :
  • penjualan merupakan pengalihan kepemilikan suatu produk dari satu pihak ke pihak lain dengan imbalan uang.
  • penjualan berhubungan dengan satu ke satu (one to one).
  • penjualan memiliki pendekatan terfragmentasi yang menekankan pada penjualan semua yang diproduksi.
  • penjualan merupakan suatu proses jangka pendek.
  • penjualan melibatkan pertukaran barang untuk pertimbangan uang.
  • penjualan merupakan suatu aktivitas yang didorong oleh orang.
  • penjualan berfokus pada kebutuhan perusahaan.
  • dalam penjualan, pelanggan dipandang sebagai titik hubungan yang terakhir, yaitu produk dibuat terlebih dahulu, baru kemudian dijual kepada pelanggan.
  • fokus penjualan kepada individu, yaitu interaksi langsung dengan pelanggan dan membujuknya untuk membeli produk atau layanan yang disediakan.
  • penjualan menggunakan strategi push atau dorong, maksudnya mendorong produk secara paksa ke pelanggan.


Konsep pemasaran lebih luas dibandingkan dengan konsep penjualan. Konsep penjualan merupakan bagian dari konsep pemasaran yang hanya meliputi proses produksi, promosi, dan transfer kepemilikan produk.

Demikian penjelasan berkaitan dengan perbedaan antara pemasaran (marketing) dan penjualan (sales).

Semoga bermanfaat.