Pengertian Ekonomi Pembangunan Serta Fungsi Dan Tujuan Ekonomi Pembangunan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Masalah pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang merupakan suatu persoalan yang sangat komplek, sangat bertolak belakang dengan  masalah pembangunan ekonomi di negara-negara maju. Adanya sifat permasalahan yang berbeda tersebut membuat para ahli ekonomi berpikir untuk menciptakan suatu pendekatan baru guna memecahkan permasalahan ekonomi tersebut. Maka dari itu muncullah ilmu ekonomi pembangunan

Ekonomi pembangunan sebenarnya bukanlah merupakan suatu ilmu yang baru ada. Ekonomi pembangunan yang dapat diartikan sebagai  cabang dari ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang, termasuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut agar pembangunan ekonomi dapat berkembang dengan cepat, merupakan satu cabang dari ilmu ekonomi yang sudah sejak lama ada, akan tetapi oleh karena sebab-sebab tertentu bidang ilmu ekonomi ini terabaikan. Sebab-sebab tertentu itu misalnya :
  • negara-negara berkembang saat ini merupakan negara-negara jajahan sebelum meletus perang dunia kedua. Sebagai negara jajahan, negara-negara tersebut lebih mengutamakan memikirkan tentang kemerdekaan dibandingkan memikirkan masalah ekonomi. Selain itu dari pihak negara penjajah sendiri memandang tidak perlu memikirkan dan memperhatikan perkembangan ekonomi daerah jajahannya.
  • penelitian dan analisis mengenai masalah pembangunan ekonomi masih terbatas. Para ahli ekonomi saat itu lebih memfokuskan pemikirannya pada masalah pengangguran dan krisis ekonomi.

Yang dimaksud dengan pembangunan  ekonomi  itu sendiri adalah suatu proses atau perubahan yang terus menerus dan usaha suatu negara untuk memperbesar atau meningkatkan pendapatan perkapita. 

Baca juga : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Serta Ciri-Ciri Dan Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Ekonomi Pembangunan. Menurut Lincolin Arsyad. yang dimaksud dengan ekonomi pembangunan adalah bidang studi dalam ilmu ekonomi yang mempelajari tentang masalah-masalah ekonomi di negara-negara berkembang dan kebijakan-kebijakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi.

Fungsi Ekonomi Pembangunan. Ada beberapa fungsi dari ekonomi pembangunan, yaitu :

1. secara umum.
Secara umum, ekonomi pembangunan berfungsi untuk menumbuhkan upaya-upaya dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara-negara yang sedang  berkembang, dalam kaitannya dengan :
  • meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan tingkat pendapatan nasional.
  • menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan.
  • meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • terbentuknya faktor modal.
  • mendatangkan bantuan, baik dari dalam maupun dari luar negeri. 

2. untuk orang yang sedang mempelajari ilmu ekonomi. 
Ekonomi pembangunan berfungsi sebagai media dalam memahami permasalahan perekonomian di negara-negara yang sedang berkembang.
Tujuan Ekonomi Pembangunan. Tujuan dari ilmu ekonomi pembangunan adalah :
  • untuk memberikan pengetahuan mengenai berbagai macam isu yang terjadi dalam pembangunan ekonomi yang ditemukan dan dihadapi di negara-negara berkembang.
  • menelaah faktor-faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan atau lambatnya pembangunan di negara-negara yang sedang berkembang, berikut menentukan pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi negara-negara yang sedang berembang sehingga laju pembangunan ekonominya jadi lebih cepat. 
Obyek Ekonomi Pembangunan. Obyek dari ekonomi pembangunan adalah  kebijakan-kebijakan pembangunan, baik secara teoritis maupun fakta aktual yang terjadi di negara-negara berkembang dan negara transisi di seluruh dunia, khususnya di negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan negara-negara transisi di Eropa.
Ruang Lingkup Ekonomi Pembangunan. Beberapa cakupan pembahasan dalam ekonomi pembangunan diantaranya adalah :
  • pertumbuhan ekonomi.
  • kemiskinan.
  • pembentukan modal.
  • bantuan luar negeri.

Baca juga : Definisi Ekonomika

Dengan semakin berkembangnya ilmu ekonomi pembangunan memberikan harapan kepada negara-negara yang sedang berkembang untuk lebih meningkatkan pembangunan ekonomi negaranya. Dengan demikian dapat mengejar ketertinggalan mereka dalam bidang ekonomi dari negara-negara lain yang sudah maju. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian ekonomi pembangunan serta fungsi dan tujuan ekonomi pembangunan.

Semoga bermanfaat.