Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Serta Ciri-Ciri Dan Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pertumbuhan ekonomi merupakan perkembangan atau proses kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan bertambahnya barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. Menurut Mudrajad Kuncoro, suatu perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan  atau berkembang apabila tingkat kegiatan ekonominya lebih tinggi dari pada apa yang dicapai pada masa sebelumnya.

Karena pertumbuhan ekonomi identik dengan proses peningkatan perekonomian dan kapasitas produksi dalam suatu negara, maka pertumbuhan ekonomi mengandung komponen sebagai berikut :
  • adanya pertumbuhan dalam bidang perekonomian, yaitu naiknya output yang berkesinambungan.
  • adanya perkembangan teknologi yang memacu peningkatan perekonomian.
  • adanya kelembagaan, sikap, dan ideologi yang menjadi sebab perekonomian berjalan dan berlangsung dengan baik.

Pertumbuhan ekonomi suatu negara penting untuk diketahui karena :
  1. sebagai gambaran untuk mencapai hidup ideal dalam rangka mencapai kemakmuran yang diharapkan.
  2. untuk mengetahui apakah kebijakan-kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan utamanya untuk kemakmuran rakyat.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi. Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut para ahli, diantaranya adalah :

1. Adam Smith.
Pertumbuhan ekonomi adalah perubahan tingkat ekonomi pada suatu negara yang bertumpu pada adanya pertambahan penduduk. Dengan adanya pertambahan penduduk maka output atau hasil dari suatu negara akan ikut bertambah.

2. Hill Mc Graw.
Pertumbuhan ekonomi adalah pertumbuhan output secara potensial dalam jangka panjang. Pertumbuhan output perkapita adalah tujuan utama pemerintah karena terkait dengan peningkatan pendapatan rata-rata secara riil dan peningkatan taraf hidup.

4. Cavley.
Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan output perkapita, yaitu persentase peningkatan output setiap orang dalam perekonomian.

5. Sadono Sukirno.
Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka panjang. Untuk dapat mengetahui kenaikan secara terus menerus harus diadakan perbandingan pendapatan nasional dari tahun ke tahun, yang dikenal dengan laju pertumbuhan ekonomi.    Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

6. M.P. Tadaro.
Dalam bukunya yang berjudul Pembangunan Ekonomi Dunia Ketiga, menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses yang mantap dimana kapasitas produksi dari suatu perekonomian meningkat sepanjang waktu untuk menghasilakan tingkat pendapatan nasional yang semakin besar.

7. Budiono.
Dalam bukunya yang berjudul Teori Pertumbuhan Ekonomi, menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang terjadi apabila ada kecenderungan (output perkapita untuk naik) yang bersumber dari proses intern perekonomian tersebut (kekuatan yang berada dalam perekonomian itu sendiri), bukan berasal dari luar dan bersifat sementara. Atau dengan kata lain bersifat self generating, yang berarti bahwa proses pertumbuhan itu sendiri menghasilkan suatu kekuatan atau momentum bagi kelanjutan pertumbuhan tersebut dalam periode-periode selanjutnya. Ada tiga aspek yang terkandung dalam pertumbuhan ekonomi, yaitu :
  • proses. Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses bukan merupakan gambaran ekonomi atau hasil pada saat itu.
  • output perkapita. Kenaikan output secara berkesinambungan merupakan manifestasi dari pertumbuhan ekonomi , sedangkan kemampuan menyediakan berbagai jenis barang merupakan tanda kematangan ekonomi pada negara yang bersangkutan.
  • jangka panjang. Output perkapita menunjukkan kecenderungan yang meningkat selama jangka waktu yang cukup panjang.

8. Prof. Simon Kuznets.
Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu suatu negara untuk menyediakan  semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya, kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kamajuan teknologinya dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukan. Terdapat tiga komponen utama dalam pertumbuhan ekonomi, yaitu : 
  • Pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa dilihat dari peningkatan secara terus menerus persediaan barang.
  • Teknologi maju adalah faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menentukan derajat pertumbuhan kemampuan kemampuan dalam penyediaan aneka macam barang kepada penduduk.
  • Penggunaan teknologi secara luas dan efisien. Sehingga memerlukan memerlukan adanya penyesuaian di bidang kelembagaan dan ideologi supaya ilmu pengetahuan dapat menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan secara tepat oleh umat manusia.

Faktor Pertumbuhan Ekonomi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Faktor-faktor tersebut adalah :
  • sumber daya manusia.
  • sumber daya alam.
  • kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • tingkat inflasi.
  • tingkat suku bunga.

Sedangkan menurut pandangan teori klasik dan teori neoklasik, ada empat faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yaitu :
  1. jumlah penduduk dalam suatu negara.
  2. jumlah barang/produk dalam suatu negara.
  3. luas tanah dan kekayaan alam yang dimiliki oleh suatu negara.
  4. tingkat teknologi yang digunakan oleh negara tersebut.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi. Menurut Prof. Simon Kuznets, ada enam karakteristik pertumbuhan ekonomi moderen yang muncul dalam analisis berdasarkan kepada produk nasional dan komponennya,  tenaga kerja, penduduk, dan lain-lain,  yang merupakan ciri-ciri pertumbuhan ekonomi, yaitu :
  • terjadinya laju pertumbuhan penduduk dan produk perkapita yang cepat.
  • adanya peningkatan produktivitas masyarakat.
  • terjadinya perubahan struktural yang tinggi.
  • adanya urbanisasi dalam suatu negara.
  • melakukan ekspansi ke negara maju.
  • terjadinya arus barang, modal, dan manusia antar bangsa-bangsa di dunia.

Terdapat perbedaan yang mendasar antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi

Menurut Sadono Sukirno, yang disebut dengan pertumbuhan ekonomi adalah sebagaimana yang disebutkan di atas. Sedangkan yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi adalah usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi  ekonomi riil dengan cara penggunaan teknologi, penanaman modal, penambahan pengetahuan dan peningkatan keterampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen.

Secara umum antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi dapat dibedakan yaitu :

1. Pertumbuhan ekonomi :
  • proses naiknya produk perkapita dalam jangka panjang.
  • tidak memperhatikan pertumbuhan penduduk.
  • tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.
  • belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi.
  • setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak.

2. Pembangunan ekonomi :
  • Proses perubahan yang terus menerus untuk menuju perbaikan, termasuk usaha untuk meningkatkan produk perkapita.
  • memperhatikan pertambahan penduduk.
  • memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
  • meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
  • setiap input tentu menghasilkan output yang banyak, di samping juga menghasilkan perubahan-perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.

Dari apa yang disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi pertumbuhan ekonomi biasanya kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara juga akan semakin tinggi. Meskipun untuk mengukur kenaikan tingkat kesejahteraan dalam suatu negara tidak semata-mata hanya dari faktor pertumbuhan ekonomi saja, tetapi termasuk juga faktor pemerataan pendapatan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian pertumbuhan ekonomi serta ciri-ciri dan faktor pertumbuhan ekonomi.

Semoga bermanfaat.