Mengapa Manajemen Diperlukan (Pengertian Dan Unsur Manajemen)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dari segi bahasa, kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu menagement yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama tim. Seni manajemen mencakup kemampuan visi, yaitu kemampuan untuk melihat dan menyelaraskan integritas dan totalitas dari masing-masing individu dalam satu tim.  

Sementara, sebagian ahli ada yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari bahasa Latin, yaitu 'managere'. Managere terdiri dari dua kata, yaitu kata 'manus' yang berarti tangan dan 'agere' yang berarti melakukanManagere dalam bahasa Inggris bertransformasi menjadi management (bentuk kata benda), to manage ( bentuk kata kerja), dan manager untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen. Sedangkan di Indonesia, managere diterjemahkan dengan manajer yang diartikan sebagai pengelolaan. Manajemen berfungsi untuk mengatur dan membuat tatanan terstruktur rapi. Manajemen mengatur suatu tatanan yang belum teratur sehingga menjadi suatu pola keteraturan yang baru.


Ilmu manajemen sangatlah luas, bahkan dalam praktek kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari ilmu manajemen. Mengapa manajemen diperlukan ? T. Hani Handoko memberikan alasan kenapa manajemen diperlukan :
  1. Manajemen diperlukan agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai.
  2. Manajemen diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran, dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi.
  3. Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas suatu kerja organisasi.

Khusus untuk organisasi yang sedang berkembang, manajemen dibutuhkan untuk beberapa hal, yaitu mencakup manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan manajemen lain.
Baca juga : Perkembangan Teori Manajemen Dari Masa Ke Masa

Secara umum manajemen diartikan sebagai proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh orang atau sekelompok orang atau suatu organisasi dengan sumber daya yang ada untuk mencapai satu tujuan tertentu. Pengertian manajemen telah banyak dikemukakan oleh para ahli, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • T. Hani Handoko, menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu proses bekerja secara bersama untuk menginterpretasikan, menentukan, serta mencapai sebuah tujuan dari organisasi itu sendiri melalui sebuah pelaksanaan dari pengorganisasian, pengarahan, perencanaan, kepemimpinan, pengawasan dan penyusunan personalia.
  • Hilman, menyebutkan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama. 
  • Renville Siagian, menyebutkan bahwa manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.\
  • Dr. Bennett N.B Silalahi, MA, menyebutkan bahwa manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggung jawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.
  • Enji Ogawa, menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu proses yang di dalamnya terdapat pengimplementasian, pengendalian, dan perencanaan kegiatan-kegiatan yang masuk dalam sistem yang diberlakukan oleh organisasi.
  • Oey Liang Lee, menyebutkan bahwa manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 
  • Henry Fayol, menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan/kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien. 
  • Federick Winslow Taylor, menyebutkan bahwa manajemen adalah sebuah oercobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan/organisasi/setiap sistem kerja sama yang dilakukam setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.
  • George R. Terry, menyebutkan bahwa manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengawasan. 
  • Ricky W. Griffin, menyebutkan bahwa manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. 
  • Lawrence A. Appley, menyebutkan bahwa manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.


Unsur-unsur manajemen adalah :
  1. Manusia (Human), faktor yang paling menentukan dalam manajemen. Dalam praktek manusialah yang membuat tujuan dan melakukan proses pencapaian tujuan tersebut.
  2. Uang (Money), merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh, karena hasil kegiatan manajemen akan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar di satu perusahaan.Uang merupakan unsur yang dapat menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional.
  3. Bahan (Materials), merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya bisa didapat jika menggunakan bahan yang baik, Bahan terdiri dari dua yaitu bahan jadi dan bahan setengah jadi.
  4. Mesin (Machines), sangat dibutuhkan manusia untuk mengerjakan pekerjaan yang berat dan sulit. Mesin dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil produksi dan keuntungan serta membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
  5. Metode (Methods), proses pelaksanaan pekerjaan hanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien jika dilakukan dengan metode yang tepat. 
  6. Pasar (Market), proses pemasaran produk merupakan unsur manajemen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu indikator maju mundurnya sebuah perusahaan dapat dilihat dari manajemen pemasaran dari perusahaan tersebut.


Demikian penjelasan berkaitan dengan mengapa manajemen diperlukan (pengertian dan unsur manajemen).

Semoga bermanfaat.