Perbedaan Ilmu Negara Dan Ilmu Politik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ilmu Negara adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki asas-asas pokok dan pengertian pokok tentang negara dan hukum tata negara.  Bagi sebagian orang awam, Ilmu Negara tidaklah beda dengan Ilmu Politik, padahal antara Ilmu Negara dengan Ilmu Politik sangatlah berbeda. 

Perbedaan Antara Ilmu Negara dan Ilmu Politik. Banyak pendapat yang diutarakan mengenai perbedaan antara Ilmu Negara dan Ilmu Politik, di antara adalah sebagai berikut :

1. Ilmu Negara.
  • Ilmu Negara adalah ilmu pengetahuan teoritis yang sangat mementingkan segi normatif (normnatif berarti memenuhi norma-norma dan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan). 
  • Ilmu Negara dianggap lebih mementingkan segi-segi statis dari negara dan membatasi pada penelitian lembaga kenegaraan yang resmi saja. 
  • Ilmu Negara lebih tajam konsep-konsepnya dan lebih terang metodologinya.


2. Ilmu Politik.
  • Ilmu Politik adalah suatu ilmu pengetahuan praktis yang membahas keadaan dalam kenyataan.
  • Ilmu Politik mementingkan sifat-sifat dinamis dari suatu negara, yaitu proses-proses kegiatan dan aktivitas negara, perubahan negara yang terus menerus yang disebabkan oleh golongan-golongan yang memperjuangkan kekuasaan. Subyek ilmu politik ialah gerakan-gerakan dan kekuatan-kekuatan di belakang evolusi yang terus menerus.
  • Ilmu Politik dianggap lebih konkrit dan lebih mendekati realitas.


Sains politik (political sciense) merupakan ilmu pengetahuan yang mencakup persoalan yang berhubungan dengan negara. Antara paham Inggris dan paham Amerika terdapat perbedaan dalam metode. Metode yang terkenal menurut paham Inggris masih tradisional dan konservatif karena menganut sistem Universitas Sorbonne di Perancis yang dipengaruhi oleh paham Yunani Kuno. Sedangkan sistem Amerika sudah menggunakan metode modern yang terdiri atas metode empiris analistis dan eksperimen. Berbeda dengan di Inggris, maka ilmu politik di Amerika sudah mempunyai pengertian yang lebih khusus lagi oleh karena obyek penyelidikannya sudah ditunjukkan terhadap gejala-gejala tertentu yang berhubungan dengan negara-negara lain. Gejala-gejala itu adalah perebutan kekuasaan yang sangat menonjol di Amerika antara partai-partai dan kelompok dalam usaha mempengaruhi haluan dari negara. 


Di Indonesia kedudukan ilmu politik sedang berkembang ke arah ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri. Hal ini terutama disebabkan oleh kehidupan politik di Indonesia yang sangat pesat perkembangannya sejak kemerdekaan. Ilmu politik juga sudah menjadi populer di Indonesia, dengan munculnya fakultas-fakultas sosial dan politik yang memberi kesempatan pada warga negara untuk mempelajarinya sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan perbedaan antara ilmu negara dan ilmu politik.

Semoga bermanfaat.