Takut Dan Cara Mengatasi Rasa Takut

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Takut. Takut merupakan salah satu dari emosi dasar manusi, selain bahagia, sedih, dan marah. Takut merupakan suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu simulus tertentu. Rasa takut adalah "defence mechanism" atau mekanisme pertahanan hidup, maksudnya adalah bahwa rasa takut timbul pada diri seseorang disebabkan adanya kecenderungan  untuk membela diri sendiri dari bahaya atau hanya perasaan yang tidak enak terhadap sesuatu hal.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, takut diartikan dalam beberapa pengertian, yaitu :
  1. merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana.
  2. takwa; segan dan hormat.
  3. tidak berani (berbuat, menempuh, menderita, dan sebagainya).
  4. gelisah; kuatir (kalau...).

Takut merupakan sebuah perasaan yang sangat lumrah yang bisa dirasakan oleh setiap orang. Namun begitu, perasaan takut yang berlebihan akan berdampak buruk pada orang yang bersangkutan. 


Setiap orang memiliki pola pikir dan karakter yang berbeda. Demikian juga dalam hal cara mengatasi rasa takut, antara orang yang satu dengan yang lain juga berbeda-beda. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mencari tahu penyebab rasa takut. Cara paling mudah untuk mengatasi rasa takut adalah dengan mencari tahu penyebab rasa takut tersebut. Apabila sudah diketahui penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar untuk mengatasi rasa takut yang dirasakan.
  • Menenangkan diri sejenak. Menenangkan diri dapat mengatasi rasa takut, setidaknya cara tersebut dapat mengurangi rasa takut yang dirasakan. Setelah merasa tenang, kita bisa mulai memikirkan cara bagaimana mengatasi rasa takut itu. Menenangkan diri bisa dilakukan dengan menarik nafas panjang, minum air putih, dan lain sebagainya.
  • Berpikiran positif. Rasa takut yang dirasakan bisa jadi karena pikiran negatif yang berkecamuk di kepala kita. Untuk itu, berpikir positif sangat diperlukan untuk mengatasi rasa takut. Dengan menanamkan keyakinan bahwa yang terjadi atau kita alami akan baik-baik saja, maka hal tersebut akan membantu kita untuk mengatasi rasa kuatir dan takut yang dirasakan.  
  • Hindari hal-hal yang memperparah perasaan takut. Setelah kita mengetahui penyebab dari rasa takut yang dirasakan, ada baiknya mulai menghindari hal-hal yang dapat memperparah rasa takut tersebut. Dengan begitu rasa takut yang kita rasakan tidak semakin parah.
  • Berdoa. Berdoa bisa dijadikan sebagai cara yang sangat ampuh untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan rasa takut. Dengan berdoa kita akan lebih dekat dengan sang pencipta dan akan membuat kita menjadi orang yang ikhlas dan dijauhkan dari perasaan takut yang menghampiri kita.

Selain cara-cara tersebut, masih banyak cara lain yang bisa diterapkan untuk mengatasi rasa takut yang dirasakan. Namun yang terpenting, dalam mengatasi rasa takut tersebut adalah mencari tahu apa penyebab rasa takut yang dirasakan, selain tentu saja berdoa, mendekatkan diri kepada sang pencipta.


Cara Mengatasi Rasa Takut Pada Penderita Fobia. Rasa takut bisa datang dari mana saja dan kepada siapa saja.  Rasa takut dan cemas yang berlebihan, terjadi terus menerus, dan terasa tidak masuk akal biasa disebut dengan fobia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, fobia diartikan dengan :
  • ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.

Ketika dihadapkan dengan penyebab rasa takut, penderita fobia akan merasakan beberapa hal sebagai berikut :
  • merasa bahwa penyebab ketakutan harus dihindari dengan cara apapun.
  • tidak mampu mengendalikan rasa takut yang dirasakan, meskipun penderita menyadari bahwa rasa takut yang dialami bersifat irasional, berlebihan, dan tidak beralasan.
  • tidak mampu mengatasi kecemasan yang dialami saat diperhadapkan dengan penyebab ketakutan.
  • tidak mampu beraktivitas secara normal ketika diperhadapkan dengan penyebab ketakutan.


Cara Mengatasi Fobia. Tentu terdapat perbedaan dalam cara mengatasi rasa takut pada orang biasa dengan orang yang mengalami fobia. Terdapat beberapa cara  yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa takut pada penderita fobia. Beberapa cara mengatasi fobia diantaranya adalah dengan :

1. Teknik Pernapasan (Deep Breathing)
Teknik pernapasan dapat diterapkan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia. Teknik pernapasan di sini adalah bernapas dengan menggunakan perut, bukan menggunakan dada. Pernapasan melalui perut dapat memaksimalkan pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam tubuh, sekaligus membantu kita untuk dapat rileks. 

2. Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy)
Terapi perilaku kognitif dapat menjadi cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia dengan membantu penderita untuk mengidentifikasi pemikiran-pemikiran negatif dan menggantinya dengan pemikiran-pemikiran positif yang lebih efektif. Terapi perilaku kognitif juga dapat membantu penderita fobia untuk mempelajari teknik-teknik untuk menghadapi rasa takut yang dialami serta menangani beragam emosi yang dirasakan. 

3. Terapi Pemaparan (Exposure Therapy).
Terapi pemaparan dilakukan dengan tujuan untuk :
  • mengurangi rasa takut terhadap obyek.
  • menghentikan penderita fobia dari pola menghindari obyek yang ditakuti.

Terapi pemaparan memiliki beragam variasi dan prosedur, tergantung dari kesepakatan penderita fobia dengan psikolog atau terapis. Terapi pemaparan dapat dipadukan dengan teknik relaksasi.


Terakhir, jika anda atau orang terdekat anda mengalami fobia dan hal tersebut dirasa sudah sampai taraf mengganggu aktivitas sehari-hari, maka segeralah bawa ke psikolog atau terapis untuk mendapatkan cara menghilangkan rasa takut yang tepat.

Demikian penjelasan berkaitan dengan takut dan cara mengatasi rasa takut.

Semoga bermanfaat.