Fungsi Tujuan Organisasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Suatu organisasi dibentuk dengan mempunyai fungsi dan tujuan tertentu. Tujuan adalah suatu hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai oleh suatu organisasi. Tujuan organisasi yang telah dibuat dan ditetapkan tersebut akan mengikat para anggotanya, baik di dalam maupun di luar organisasi. Maksudnya adalah bahwa semua tindakan dan perbuatan yang dilakukan oleh anggota organisasi haruslah ditujukan untuk tercapainya tujuan dari organisasi tersebut.

gambar : ipulhe.com
Untuk dapat mencapai tujuan organisasi yang telah dibuat dan ditetapkan diperlukan anggota organisasi yang mempunyai kapasitas dan komitmen yang kuat untuk itu. Selain itu, dibutuhkan juga tahapan-tahapan perencanaan yang matang serta konsep yang jelas tentang tujuan organisasi. Secara luas, konsep dari tujuan organisasi mempunyai beberapa fungsi penting yang bervariasi menurut waktu dan keadaan.

Baca juga : Struktur Organisasi : Pengertian, Komponen, Elemen, Jenis, Dan Fungsi Struktur Organisasi

Fungsi tujuan organisasi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pedoman Bagi Kegiatan.
Tujuan berfungsi sebagai pedoman bagi kegiatan pengarahan dan penyaluran usaha-usaha dan kegiatan-kegiatan para anggota organisasi. Dalam hal ini, fungsi tujuan memberikan arah dan pemusatan kegiatan organisasi mengenai apa yang harus dan harus tidak dilakukan.

2. Sumber Legitimasi.
Tujuan juga merupakan sumber legitimasi bagi suatu organisasi melalui pembenaran kegiatan-kegiatannya, dan di samping itu keberadaannya diakui di kalangan kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat. Pengakuan atas legitimasi ini akan meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkan berbagai sumber daya dan dukungan dari lingkungan di sekitarnya.


3. Standar Pelaksanaan.
Bila tujuan dinyatakan secara jelas dan dipahami, hal ini akan memberikan standar langsung bagi penilaian pelaksanaan kegiatan atau prestasi organisasi. sehingga setelah organisasi menetapkan tujuan-tujuan dalam bidang-bidang yang dapat dikuantifikasikan, derajat kesuksesan yang dicapai dapat dengan mudah diukur. 

4. Sumber Motivasi.
Tujuan organisasi dapat berfungsi sebagai sumber motivasi dan identifikasi karyawan yang penting. Tujuan organisasi sering memberikan insentif bagi para anggota. Hal ini tampak paling jelas dalam organisasi yang menawarkan bonus bagi pencapaian tingkat penjualan tertentu, dan lain-lain yang dikaitkan dengan secara langsung dengan laba tahunan.

Baca juga : Hubungan Antara Organisasi Dengan Lingkungan Organisasi

5. Dasar Rasional Pengorganisasian.
Tujuan organisasi merupakan suatu dasar perancangan organisasi. Tujuan organisasi dan struktur organisasi berinteraksi dalam kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk :
  • pencapaian tujuan.
  • pola penggunaan sumber daya.
  • implementasi berbagai unsur perancangan organisasi, yang meliputi pola komunikasi, mekanisme pengawasan, departementalisasi, dan lain-lain. 

Demikian penjelasan tentang fungsi tujuan organisasi. Tulisan tersebut bersumber dari buku Manajemen, karangan T. Hani Handoko.
Semoga bermanfaat.