Pasar persaingan sempurna (perfect competition market) dapat diartikan sebagai suatu jenis pasar di mana di dalamnya terdapat jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dengan produk/barang yang ditawarkan/dijual bersifat homogen atau sejenis. Dalam pasar persaingan sempurna tidak ada monopoli pada harga komoditas yang dijual. Semuanya dalam kendali pihak pembeli maupun penjual.
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Menurut Para Ahli. Terhadap pasar persaingan sempurna, F.A. Hayek berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna tidak memiliki klaim yang disebut 'kompetisi'. Ia menunjukkan bahwa model pasar tersebut menghapus semua aktivitas kompetitif dan mengurangi semua pembeli dan penjual menjadi pembeli harga yang tidak ada bandingannya. Sementara, Farahzaqia menyebutkan bahwa pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling banyak digunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Selain itu pengertian tersebut, masih banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Sadono Sukirno, berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna adalah industri di mana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga produk di pasar.
- Adiwarman A. Karim, berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk pasar di mana penjual tidak dapat menentukan harga dan hanya dapat menjual dengan harga yang berlaku di pasar.
- Wilson Bangun, berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk pasar tertua di dunia, dan efektif digunakan di negara yang membutuhkan kebebasan bertransaksi bagi para pelaku ekonomi.
- Hendar dan Kusnadi, berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk pasar dengan struktur pasar yang paling ideal, karena mampu mengalokasikan sumber daya secara optimal.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna. Dari pengertian tentang pasar persaingan sempurna tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu pasar dikatakan pasar persaingan sempurna apabila :
- terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga tidak ada satupun dari penjual atau pembeli yang dapat mempengaruhi harga yang berlaku.
- barang dan jasa yang dijual di pasar bersifat homogen.
- terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna.
- setiap penjual dan pembeli mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan pasar yang meliputi perubahan harga, kuantitas barang, kualitas barang, serta informasi lainnya.
- tidak ada biaya atau manfaat eksternal berhubungan dengan barang dan jasa yang dijual di pasar.
Sedangkan menurut Hendar dan Kusnadi, struktur pasar persaingan sempurna mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- terdiri atas banyak penjual dan pembeli, sehingga seorang penjual hanya mampu menawarkan barang yang relatif sedikit dibandingkan dengan barang yang ada di pasar, sehingga baik penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, harga akan ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di pasar.
- barang yang diperjual-belikan bersifat homogen, maksudnya adalah barang yang satu dengan barang yang lainnya dapat saling menyubstitusi secara sempurna.
- masing-masing penjual mempunyai kebebasan untuk keluar atau masuk ke dalam pasar.
- mobilitas faktor produksi berjalan secara sempurna.
- pembeli dan penjual mempunyai informasi yang lengkap tentang pasar, struktur harga dan kualitas barang.
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna. Terdapat beberapa kelebihan dari pasar persaingan tidak sempurna, beberapa diantaranya adalah :
- tidak adanya persaingan di pasar, karena produk atau barang yang diperjual-belikan bersifat homogen atau sejenis.
- harga barang dan jasa yang dijual ditentukan oleh semua penjual dan pembeli.
- harga didasarkan pada transaksi tawar menawar antara penjual dan pembeli.
- penjual dan pembeli bebas dalam bertransaksi, maksudnya pembeli bebas membeli barang yang diinginkan.
- informasi pasar sudah jelas.
- dapat mengoptimalkan efisiensi, berupa efisensi produksi yaitu semua tingkat produksi menggunakan biaya minimal dan keseluruhan harus memproduksi barang dengan biaya yang paling rendah. Selain efisiensi produksi, juga efisiensi alokatif yang dikatakan mencapai tingkat maksimal jika harga setiap barang sama dengan biaya marjinal dalam produksi barang tersebut.
- penjual tidak perlu memasang iklan untuk promosi.
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna. Selain memiliki kelebihan sebagaimana disebut di atas, pasar persaingan sempurna juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah :
- pembeli mengalami keterbatasan dalam memilih barang atau jasa, karena produk yang dijual sama dengan kualitas yang sama pula.
- sering terjadi ketidak-seimbangan dalam distribusi pendapatan dari masing-masing produsen.
- para pekerja di pasar ini cenderung menerima upah yang rendah.
- terbatasnya inovasi terhadap produk yang disebabkan karena tidak adanya dana untuk melakukan riset dan pengembangan produk.
Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah terdapat pasar persaingan sempurna ? Tidak ada ahli ekonomi yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna adalah perwakilan dari dunia nyata. Sangat sedikit yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna dapat dicapai. Sedangkan di antara para ahli ekonomi sendiri sampai dengan saat ini terjadi perdebatan berkaitan dengan apakah pasar persaingan sempurna harus dianggap sebagai tolak ukur teoritis untuk pasar riil ?
Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian pasar persaingan sempurna, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna.
Semoga bermanfaat.