Komunikasi Sosial : Komunikasi Sebagai Proses Sosial

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Komunikasi merupakan proses pemindahan dan pertukaran pesan, di mana pesan tersebut dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi selalu melibatkan dua orang atau lebih manusia, yang dilakukan baik secara langsung atau melalui media, dengan tujuan untuk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.

Proses sosial merupakan pola perilaku di mana relasi sosial antar anggota kelompok menghasilkan karakteristik yang khas, yaitu dapat berupa perubahan kondisi ke atas atau ke bawah, berkembang atau mundur, disintegrasi atau integrasi. Proses sosial juga dapat diartikan sebagai :
  • cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang perorangan dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut.
  • pengaruh timbal balik antara pelbagai segi kehidupan bersama, seperti pengaruh mempengaruhi antara sosial dengan politik, politik dengan ekonomi, ekonomi dengan hukum, dan lain-lain.

Bentuk umum dari proses sosial adalah interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan faktor utama dalam kehidupan sosial, karena interaksi sosial adalah syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, ataupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. 

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan proses sosial sebetulnya sederhana saja ;
  • kita mesti tahu bahwa interaksi sosial meliputi berbagai macam bentuk. Bentuk yang umum di masyarakat adalah kerja sama, kompetisi, konflik, asimilasi, dan akomodasi. Kelima bentuk interaksi sosial tersebut dapat dikatakan sebagai proses sosial
  • proses sosial bisa dilihat sebagai mekanisme atau interaksi dalam hubungan sosial. Misalnya : kerja sama merupakan proses sosial yang asosiatif, maksudnya mengarah pada keteraturan sosial. Sedangkan kompetisi merupakan proses sosial yang disosiatif, maksudnya mengarah pada kekacauan sosial.

Hubungan Antara Komunikasi Dengan Proses Sosial. Komunikasi merupakan perekat masyarakat. Masyarakat tidak akan ada tanpa komunikasi. Struktur sosial diciptakan dan ditopang melalui interaksi. Bahasa yang dipakai dalam komunikasi adalah untuk menciptakan struktur-struktur sosial. Dalam hubungannya dengan proses sosial, komunikasi menjadi sebuah cara dalam melakukan perubahan sosial. Komunikasi berperan menjembatani perbedaan dalam masyarakat karena mampu merekatkan kembali sistem sosial masyarakat dalam usahanya melakukan perubahan. Little John dalam teorinya "genre interactionist theories" menjelaskan bahwa memahami kehidupan sosial sebagai proses interaksi merupakan sarana kita dalam belajar berperilaku.

Komunikasi sebagai proses sosial merupakan bagian integral dari masyarakat. Komunikasi sebagai proses sosial di masyarakat mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • komunikasi menghubungkan antar berbagai komponen masyarakat.
  • komunikasi membuka peradaban baru manusia.
  • komunikasi adalah manifestasi kontrol sosial dalam masyarakat.
  • komunikasi berperan dalam sosialisasi nilai ke masyarakat.
  • komunikasi menunjukan identitas sosial seseorang. Seseorang akan diketahui jati dirinya sebagai manusia karena menggunakan komunikasi

Demikian penjelasan berkaitan dengan komunikasi sebagai proses sosial.

Semoga bermanfaat.