Pengertian Akuntansi Keuangan, Ciri-Ciri, Fungsi, Dan Tujuan Akuntansi Keuangan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Akuntansi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai seni atau teknik dalam mengukur dan menjabarkan segala hal yang berkaitan dengan keuangan, yang bertujuan untuk memberikan kepastian dari beberapa informasi sebagai acuan utama dari para pengguna akuntansi seperti manajer, auditor, akuntan, dan lain-lain agar menjadi suatu kepastian yang jelas.

Pengertian Akuntansi Keuangan. Akuntansi keuangan merupakan bagian dari ilmu akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan atau instansi untuk pihak luar atau eksternal, seperti misalnya para pemegang saham, kreditor, supplier, serta pemerintah. Dalam pembuatan pelaporan keuangan harus sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), yaitu suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan agar adanya keseragaman dalam penyampaian laporan keuangan.

Baca juga : Asumsi Dasar Akuntansi

Sedangkan pengertian akuntansi keuangan menurut pendapat para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sugiarto dalam "Pengantar Akuntansi", menyebutkan bahwa akuntansi keuangan adalah suatu bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan secara berkala. Laporan tersebut berguna sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen terhadap para pemegang saham. 
  • Jogianto, menyebutkan bahwa akuntansi keuangan adalah penyediaan informasi yang relevan berupa laporan-laporan periodik seperti balance sheet, income statement, retained earning, serta laporan perubahan modal yang digunakan baik oleh pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
  • Donald E. Kieso dan Weygant, menyebutkan bahwa akuntansi keuangan adalah suatu rangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik di dalam maupun di luar perusahaan.
  • Fess dan Warrant, menyebutkan bahwa akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan data kegiatan ekonomi suatu perusahaan. Laporan tersebut akan menghasilkan berbagai informasi keuangan yang berguna bagi lembaga pemerintah, pemilik, kreditor, masyarakat dalam mengambil keputusan.
Ciri-Ciri Akuntansi Keuangan. Akuntansi keuangan berbeda dengan jenis akuntasi yang lain. Akuntansi keuangan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Keuangan. Ciri utama dari akuntansi keuangan adalah memberikan informasi mengenai keuangan.
  • Laporan periodik. Laporan keuangan yang dibuat dalam akuntansi keuangan bersifat periodik atau dalam suatu periode tertentu.
  • Dibuat untuk pihak eksternal dan internal. Laporan keuangan dibuat untuk pihak eksternal dan internal, hal tersebut berarti membutuhkan adanya dua jenis laporan keuangan.
  • Mengikuti Aturan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Akuntansi keuangan harus mengikuti standar dan aturan dari Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
Fungsi Akuntansi Keuangan. Terdapat beberapa fungsi akuntansi keuangan bagi pihak-pihak yang terkait, yaitu untuk :
  • Pemegang saham : informasi dari akuntansi keuangan berguna bagi pemegang saham untuk mereka  menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
  • Investor : informasi akuntansi keuangan berguna bagi investor untuk bahan pertimbangan dalam rencana penanaman modal yang akan dikeluarkan.
  • Supplier : informasi akuntansi keuangan berguna untuk penilaian mereka apakah tagihan penjualan mereka bisa dibayar oleh pihak perusahaan ketika jatuh tempo.
  • Pemerintah : informasi akuntansi keuangan berguna untuk penetapan kebijakan pajak yang harus dibayar dan data statistik pendapatan nasional.

Baca juga : Akuntansi Manajemen Atau Akuntansi Manajerial (Persamaan Dan Perbedaan Antara Akuntansi Manajemen Dan Akuntansi Keuangan)

Tujuan Akuntansi Keuangan. Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK), akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan :
  • memberikan informasi dan data keuangan yang dapat membantu para pengguna laporan keuangan untuk memprediksi potensi perusahaan dalam mendapatkan laba di masa yang akan datang.
  • memberikan informasi keuangan mengenai kewajiban, modal, dan sumber ekonomi perusahaan secara handal dan dapat dipercaya.
  • memberikan informasi yang berkaitan tentang perubahan-perubahan yang ada pada sumber ekonomi dan kewajiban perusahaan.
  • menyampaikan informasi lain yang relevan dengan laporan keuangan untuk digunakan oleh pihak-pihak pengguna laporan keuangan.

Prinsip dasar yang digunakan dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi, yaitu : Aset = Liabilitas + Ekuitas. Hal tersebut mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian akuntansi keuangan, ciri-ciri, fungsi, dan tujuan akuntansi keuangan.

Semoga bermanfaat.