Pengertian Psikologi Dan Pengelompokkan Psikologi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Chaplin dalam Dictionary of Psychology, mendefinisikan psikologi sebagai : "the science of human and animal behavior, the study of the organism in all its variety and complexity as it responds to the flux and flow of the psysical and social events which make up the environment". Dari definisi tersebut, psikologi tidak saja mempelajari perilaku manusia tetapi juga mempelajari perilaku dari hewan.

Sebagai suatu bagian dari ilmu pengetahuan, konsep psikologi sudah ada sejak jaman Yunani kuno. Psikologi berakar pada filsafat ilmu yang di mulai sejak jaman Aristoteles sebagai ilmu tentang jiwa, yang merupakan ilmu kekuatan hidup. Jiwa adalah unsur kehidupan (anima), sehingga setiap makhluk hidup memiliki jiwa.

Istilah psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "psychology" yang merupakan gabungan dari dua kata 'psyche' yang berarti jiwa dan 'logos' yang berarti ilmu. Sehingga secara harafiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. Dalam perkembangannya karena 'jiwa' merupakan sesuatu yang tidak dapat terlihat, maka sebagian dari ahli psikologi mengartikan 'jiwa' sebagai 'tingkah laku'. Sehingga  psikologi didefinisikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, baik yang disadari maupun yang tidak disadari, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungan tempat manusia tersebut hidup.

Pengertian Psikologi. Telah banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan psikologi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Singgih Dirgagunasa.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

2. Muhibbin Syah.
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah  tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan, dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan, dan lain sebagainya.

3. Dakir.
Psikologi adalah ilmu yang membahas tentang tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

4. Ahmad Fauzi.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan dari makhluk hidup terhadap lingkungannya.

5. Poerbakawatja dan Harahap.
Psikologi adalah sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan kejiwaan.

6. Aristoteles.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kehidupan.

7. Plato.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakekat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

8. Rene Descartes.
Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai gejala pemikiran atau gejala kesadaran manusia, terlepas dari badannya.

9. Richard Mayer.
Psikologi adalah analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

10. Jhon Locke.
Psikologi adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia yang diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat indera.

11. Hilgert.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

12. Clifford T. Morgan.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan hewan.

13. John Broadus Waston.
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang obyektif terhadap stimulan dan respon (jawaban).

14. Woodworth dan Marquis.
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.

15. Knight dan Knight.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau sosial.

Pengelompokkan Psikologi. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa tentang tingkah laku manusia. Tingkah laku manusia sangatlah luas, mulai dari manusia itu bangun tidur sampai manusia tersebut berangkat tidur. Demikian juga dengan obyek psikologi, sangatlah luas. Karena luasnya obyek psikologi tersebut, maka dalam perkembangannya ilmu psikologi  dikelompokkan dalam beberapa bidang, yaitu :
  • Psikologi Perkembangan, merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang terdapat pada tiap-tiap tahap perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupannya.
  • Psikologi Pendidikan, merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan.
  • Psikologi Sosial, merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sekitarnya.
  • Psikologi Industri, merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi.
  • Psikologi Klinis, merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, dilihat dari aspek psikisnya.

Psikologi sebagai ilmu pengetahuan mulai dibuat sejak tahun 1800-an, atau tepatnya pada tahun 1879, saat Wilhelm Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama di dunia yang didirikannya di University of Leipzig, Jerman. Dengan adanya laboratorium tersebut, meskipun masih sederhana dan kurang memadai, metode ilmiah untuk mempelajari dan memahami perilaku manusia telah ditemukan. Menurut Wilhelm Wundt, psikologi bertugas menyelidiki apa yang disebut pengalaman bagian dalam sensasi dan perasaan diri kita sendiri, pikiran serta kehendak kita yang  bertolak belakang dengan setiap obyek pengalaman luar yang melahirkan pokok permasalahan ilmu alam.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian psikologi dan pengelompokan psikologi.

Semoga bermanfaat.