Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Perbedaannya Dengan Ilmu Sosial

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ilmu Pengetahuan Sosial, semua dari kita pasti mengerti.  Satu dari banyak mata pelajaran yang kita pelajari saat duduk di bangku Sekolah Dasar atau Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Sebagian dari kita juga masih mempelajarinya saat duduk di bangku Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, jika kita mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, dahulu pernah disebut jurusan A.3 (tidak tahu apakah sekarang masih sama ?). Lantas apakah Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut ?

Ilmu Pengetahuan Sosial dapat diartikan sebagai kajian tentang kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya, dengan memandang dari berbagai perspektif sosial masyarakat, yang meliputi kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik pemerintahan, dan aspek psikologi sosial  yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mata pelajaran tersebut mempunyai ciri-ciri yang sama, sehingga dipadukan menjadi satu bidang studi yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial. Banyak ahli telah mengartikan apa yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan Sosial, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Moeljono Cokrodikardjo.
Ilmu Pengatahuan Sosial adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial, yang  merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial, yaitu sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan ekologi manusia yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.

2. S. Nasution.
Ilmu Pengatahuan Sosial adalah pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial, yang merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subyek sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.

3. Mulyono Tj.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu pendekatan interdisipliner dari pelajaran ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan lain sebagainya.

4. Sumantri.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu-ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dengan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.

5. Saidiharjo.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, dan politik.

6. Dr. Nursid Sumaatmadja.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu mata pelajaran yang kajiannya fokus pada seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

7. Dwi Anik Listiyowati.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah perpaduan dari berbagai ilmu sosial yang disatukan untuk mencapai tujuan intraksional disajikan dalam kumpulan ilmu sosial yang ada dan berbagai masalah sosial untuk dapat memperoleh pemecahannya serta disesuaikan bagi pengguna program studi pendidikan.

8. Hidayati.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu pendekatan interdisipliner dari pelajaran ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu pilitik, dan lain sebagainya.

9. Taneo.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah hasil perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, dan politik

10. Nu'man Soemantri.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Penyederhanaan mengandung arti :
  • menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan.
  • mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan berbagai subyek sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.

11. John Jarolimek.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah bagian dari kurikulum sekolah dasar yang menggambarkan isi dari subyek masalah dari ilmu sosial, sejarah, sosiologi, ilmu politik, psikologi sosial, filsafat, antropologi, dan ekonomi. Studi-studi sosial telah didefinisikan sebagai bagian dari ilmu sosial yang dipilih untuk tujuan instruksional.

Selain dari pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial sebagaimana dikemukakan oleh para ahli tersebut di atas, pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial juga dijelaskan oleh :

1. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai pada jenjang SMP/MTs/SMPLB, yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

2. Tim Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah bidang studi yang menghormati, mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benar-benar dipahami dan memperoleh pemecahannya. Penyajian harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah dipilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah-sekolah.

Ilmu Pengetahuan Sosial Berbeda dengan Ilmu Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial bukan atau berbeda dengan ilmu sosial. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dilaksanakan baik pada pendidikan dasar maupun pendidikan menengah tidak menekankan pada aspek teoritis keilmuannya, tetapi aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala, dan masalah sosial masyarakat, yang bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing. 

Berikut perbedaan antara Ilmu Pengetahuan Sosial dan ilmu sosial :

1. Ilmu Pengetahuan Sosial.
  • Mengkaji masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.
  • Menggunakan pendekatan multidisiplin atau interdisiplin.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial dirancang untuk kepentingan kependidikan karena itu keberadaan Ilmu Pengetahuan Sosial lebih memfokuskan pada dunia persekolahan.

2. Ilmu Sosial.
  • Merupakan suatu disiplin ilmu.
  • Menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau monodisiplin.
  • Ilmu-ilmu sosial lebih menfokuskan penyelidikan pada interaksi antara individu dengan individu lainnya, individu dengan masyarakat beserta lingkungan hidupnya berikut segala aspek yang ada dan yang terjadi dalam masyarakat tersebut. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian ilmu pengetahuan sosial dan perbedaannya dengan ilmu sosial.

Semoga bermanfaat.