Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam Dan Hakekat Ilmu Pengetahuan Alam

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dari sudut pandang etimologi, istilah ilmu berasal dari bahasa Arab yaitu 'ilm' yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Sedangkan pengetahuan atau disebut juga dengan istilah 'sains', berasal dari bahasa Latin yaitu "scienta" yang berarti saya tahu. Dalam bahasa Inggris pengetahuan disebut 'science'. Dalam perkembangan selanjutnya, science dibedakan menjadi dua bidang ilmu, yaitu 'social science' atau yang dikenal dengan Ilmu Pengetahuan Sosial dan 'nature science' atau yang dikenal dengan Ilmu Pengetahuan Alam.

H.W. Fowler dalam kamus yang disusunnya mengartikan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai pengetahuan yang sistematis dan disusun dengan menghubungkan gejala-gejala alam yang bersifat kebendaan dan didasarkan pada hasil pengamatan dan induksi. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cabang pengetahuan yang dibangun berdasarkan pengamatan dan klasifikasi data, dan biasanya disusun dan diverifikasi dalam hukum-hukum yang bersifat kuantitatif, yang melibatkan aplikasi penalaran matematis dan analisis data terhadap gejala-gejala alam.

Pada dasarnya Ilmu Pengetahuan Alam dapat diartikan menjadi dua kelompok, yaitu :
  • dalam arti luas, Ilmu Pengetahuan Alam berarti suatu ilmu yang mempelajari tentang alam semesta atau alam sekitar beserta isinya. Obyek yang dipelajari adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, serta berlaku kapanpun dan di manapun.
  • dalam arti sempit, Ilmu Pengetahuan Alam berarti disiplin ilmu yang terdiri dari ilmu fisika (physical science) dan ilmu biologi (life science).

Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam. Berikut adalah pengertian tentang Ilmu Pengetahuan Alam yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ahmad Susanto.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah usaha insan dalam mengetahui alam semesta melewati pengamatan yang tepat pada sasaran, serta memakai prosedur, dan diterangkan dengan penalaran sampai mendapatkan sebuah kesimpulan.

2. Usman Samatowa.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam.

3. Wahyana.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu kelompok pengetahuan yang tersusun secara sistematis, dan dalam pemakaiannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam.

4. Muslichach Asy'ari.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan insan tentang alam yang didapatkan dengan teknik yang terkontrol, di samping sebagai produk yaitu pengetahuan insan sains atau Ilmu Pengetahuan Alam pun sebagai proses yaitu bagaimana teknik mendapatkan pengetahuan tersebut.

5. Nokes.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan metode khusus.

6. Fisher.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah kumpulan pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan metode-metode yang berdasarkan observasi.

7. James Conant.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah rangkaian konsep-konsep yang saling berhubungan dan bagan-bagan konsep yang telah berkembang sebagai suatu hasil eksperimentasi dan observasi dan merupakan hasil eksperimentasi dan observasi yang lebih lanjut. 

8. Dampier.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan tentang gejala-gejala alam yang teratur dan studi rasional tentang hubungan antara konsep-konsep yang mana gejala- gejala ini dinyatakan.

9. Bube.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan tentang dunia alamiah yang diperoleh dari interaksi indera dengan dunia tersebut. Interaksi indera dan observasi berlangsung melalui dua aspek, yaitu :
  • observasi gejala-gejala alam (yang merupakan dasar-dasar otoritas di mana pengetahuan ilmiah berlaku) melalui pikiran dan indera seseorang.
  • proses observasi menyangkut dua jalur interaksi antara pengamat (orang yang melakukan observasi) dan obyek (sesuatu yang diobservasi).

10. Paolo dan Marten.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah :
  • meneliti apa yang terjadi.
  • mencoba mengetahui apa yang diamati.
  • mempergunakan pengetahuan baru guna meramalkan apa yang bakal terjadi.
  • menguji ramalan-ramalan di bawah kondisi-kondisi untuk menyaksikan apakah ramalan tersebut benar.

Hakekat Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk dapat memahami Ilmu Pengetahuan Alam harus dilakukan dengan melalui pemahaman dari berbagai segi atau aspek yang juga merupakan hakekat dari Ilmu Pengetahuan Alam tersebut.

1. J.D. Bernal.
J.D. Bernal dalam bukunya yang  berjudul 'Science in History', mengungkapkan bahwa ada lima aspek dalam Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu :
  • sebagai suatu institusi.
  • sebagai suatu metode.
  • sebagai suatu kumpulan pengetahuan.
  • sebagai suatu  faktor utama dalam memelihara dan mengembangkan produksi.
  • sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi kepercayaan dan sikap manusia terhadap alam semesta.

2. Nagel.
Nagel dalam bukunya yang berjudul 'The Nature Aims of Science', menyebutkan bahwa ada tiga aspek dalam Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu :
  • aspek tujuan, Ilmu Pengetahuan Alam merupakan alat untuk menguasai alam dan untuk memberikan sumbangan pada kesejahteraan umat manusia.
  • Ilmu Pengetahuan Alam dapat dilihat sebagai suatu pengetahuan yang sistematik dan tangguh dalam arti merupakan suatu hasil atau kesimpulan yang didapat dari berbagai peristiwa.
  • Ilmu Pengetahuan Alam dapat dilihat sebagai suatu metode.

Ilmu Pengetahuan Alam terbangun dari pola pikir manusia yang terus berkembang dari masa ke masa. Dengan mengenal dan mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam maka akan banyak hal yang dapat dilakukan, misalnya akan dapat menjelaskan adanya hubungan antara berbagai gejala alam, memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang (bisa satu jam kemudian, satu hari, minggu, bulan kemudian atau bahkan beberapa tahun kemudian), menguasai atau mengontrol alam untuk kesejahteraan umat manusia, serta melestarikan beberapa gejala alam.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian ilmu pengetahuan alam dan hakekat ilmu pengetahuan alam.

Semoga bermanfaat.