Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ilmu ekonomi pada umumnya dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Permasalahan pokok dalam ekonomi adalah adanya ketidak-seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu "oikos" yang berarti keluarga, rumah tangga dan "nomos" yang berarti peraturan, aturan, hukum. Secara harafiah, ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga. Sebagai suatu ilmu pengetahuan, ilmu ekonomi sudah berkembang sejak lama. Perkembangan ilmu ekonomi di mulai sejak tahun 1776, tepatnya sejak Adam Smith seorang pemikir dan ahli ekonomi berkebangsaan Inggris menerbitkan bukunya yang berjudul "An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations". Adam Smith merupakan orang pertama yang mengembangkan ilmu ekonomi sebagai satu cabang ilmu pengetahuan tersendiri. Ilmu ekonomi menurut Adam Smith merupakan ilmu yang secara sistematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya  yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu. Hingga sampai sekarang Adam Smith dikenal sebagai "Bapak Ilmu Ekonomi".


Pengertian Ilmu Ekonomi. Dalam sejarah selanjutnya, pemikiran tentang ilmu ekonomi mengalami perkembangan dengan pesat. Banyak ahli ekonomi mulai bermunculan dengan aliran dan pendapatnya tentang ilmu ekonomi. Beberapa pendapat tentang ilmu ekonomi dari para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Abraham Maslow.
Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui pemanfaatan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

2. Alfred Marshall.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatnya itu.

3. Paul Anthony Samuelson.
Ilmu ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

4. Lionel Robbins.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan.

5. Albert Meyers.
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu tentang pengetahuan yang membahas mengenai berbagai jenis persoalan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari setiap manusia.

6. Suherman Rosydi.
Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

7. M. Manulang.
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran, yaitu keadaan di mana manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa.

8. Khursid Ahmad.
Ilmu ekonomi adalah suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.


Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi. Ruang lingkup ilmu ekonomi sangatlah luas. Untuk mempermudah dalam mempelajari ilmu ekonomi, ruang lingkup ilmu ekonomi dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu :

1. Ekonomi Mikro.
Ekonomi mikro cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil atau aspek individual dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli atau konsumen dan produsen secara individual dalam pasar. Sikap dan perilaku :
  • konsumen, tercermin dalam penggunaan pendapatan yang diperolehnya.
  • produsen, tercermin pada saat menawarkan barangnya.

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih menitik-beratkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk :
  • mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber ekonomi.
  • mencapai kepuasan yang maksimum.

Ekonomi mikro pada pokoknya membahasan permasalahan tentang penentuan harga, sehingga ekonomi mikro dinamakan juga dengan teori harga (price theory).

2. Ekonomi Makro.
Ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian  sebagai suatu keseluruhan berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimalkan. Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro diantaranya membahas tentang :
  • sisi permintaan keseluruhan (agregate) dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi.
  • pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.

Ekonomi makro pada pokoknya menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering juga disebut dengan teori pendapatan (income theory).


Ilmu ekonomi berbicara tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti dalam hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan) serta berbagai hal mengenai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan segala sesuatu yang berharga.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian ilmu ekonomi dan ruang lingkup ilmu ekonomi.

Semoga bermanfaat.