Pengertian Perubahan Sosial Dan Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada dasarnya kehidupan setiap orang dalam masyarakat atau kelompok masyarakat dalam suatu negara pasti mengalami perubahan. Perubahan dalam kehidupan yang dialami tersebut, bisa terjadi karena pengaruh dari luar diri individu atau kelompok yang bersangkutan (faktor ekstern), atau bisa juga karena pengaruh dari dalam diri individu atau kelompok yang bersangkutan (faktor intern).

Perubahan sosial merupakan sebuah proses berubahnya suatu tatanan atau struktural sosial yang terjadi di dalam masyarakat, yang meliputi pola pikir, sikap, dan keinginan untuk mendapatkan penghidupan sosial yang lebih bermartabat. Contoh dari perubahan sosial, seperti :
  • perubahan peran seorang perempuan, dahulu perempuan cuma sebagai ibu rumah tangga, sekarang perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam lapangan pekerjaan.
  • perubahan dalam sarana transportasi, dahulu sarana transportasi dengan menggunakan kuda atau delman, sekarang berganti dengan kendaraan bermotor.
  • perubahan dalam bidang industri, dahulu pekerjaan diselesaikan dengan menggunakan tenaga manusia atau hewan, sekarang dengan mesin-mesin.

Pengertian Perubahan Sosial. Banyak ahli telah mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan perubahan sosial. Pengertian perubahan sosial menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Selo Soemardjan.
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.

2. M. Tahir Kasnawi.
Perubahan sosial adalah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun non material.

3. Pasurdi Suparlan.
Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sisitem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

4. Abdulsyani.
Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

5. Robert M. Lawang.
Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

6. Emile Durkheim.
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

7. John Luwis Gillin dan John Philip Gillin.
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

8. Max Weber.
Perubahan sosial adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidak-sesuaian unsur-unsur.

9. Robert H. Lauer.
Perubahan sosial adalah perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

10. Samuel Koening.
Perubahan sosial adalah modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun ekstern.

11. Bruce J. Cohen.
Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.

12. William F. Ogburn.
Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang meliputi unsur-unsur  kebudayaan baik yang meterial maupun yang immaterial, dengan penekanan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

13. Kingsley Davis.
Perubahan sosial adalah wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi suatu masyarakat.

14. Hans Garth dan C. Wright Mills.
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi baik kemunculan, perkembangan, bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu terhadap tatanan yang meliputi struktur sosial.

15. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt.
Perubahan sosial adalah suatu hal yang tetap dan selalu ada dalam alam semesta. Masyarakat generasi baru tidak mungkin meniru atau mengambil alih kebudayaan sebelumnya. Generasi baru pasti selalu menginginkan suatu perubahan.

16. Atkinson dan Brooten.
Perubahan sosial adalah proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan sosial, yaitu :
  • pengetahuan.
  • sikap.
  • perilaku individu.
  • perilaku kelompok.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial. Suatu perubahan yang terjadi dalam individu atau masyarakat dapat dikatakan sebagai suatu perubahan sosial apabila bercirikan sebagai berikut : 
  • perubahan yang terjadi di  suatu lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti  dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya.
  • perubahan yang terjadi menimbulkan akibat nyata bagi perkembangan kehidupan masyarakat,  baik pada masyarakat yang mengalami perubahan dengan cepat ataupun perubahan dengan lambat.
  • perubahan yang terjadi tidak dibatasi oleh bidang material ataupun immaterial, karena keduanya mempunyai hubungan timbal balik yang kuat.
  • perubahan sosial yang terjadi dengan cepat bisa mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang sifatnya sementara sebagai proses penyesuaian diri.

Perubahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidaklah sama, tergantung pada dinamika yang terjadi dalam masyarakat yang bersangkutan. 

Semoga bermanfaat.