Pengertian Peradaban Serta Ciri-Ciri Peradaban Dan Perbedaannya Dengan Kebudayaan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Setiap kali mendengar atau membaca kata 'peradaban', yang terlintas dalam pikiran kita adalah hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan kebudayaan suatu bangsa tertentu dan dalam suatu masa tertentu yang telah lalu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peradaban diartikan sebagai kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir batin atau hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa.

Peradaban berbeda dengan kebudayaan. Perbedaan antara peradaban dan kebudayaan adalah terletak pada waktu terjadinya. Peradaban merupakan sesuatu yang telah selesai, sementara kebudayaan merupakan sesuatu yang sedang terjadi.

Dalam pengertian yang luas, peradaban merupakan kumpulan suatu identitas terluas dari seluruh hasil budi daya manusia, yang mencakup kepada seluruh aspek kehidupan manusia baik itu fisik (seperti bangunan, jalan, dan lain-lain) ataupun non fisik (seperti nilai-nilai, tatanan, seni budaya, dan lain-lain), yang teridentifikasi dengan melalui unsur-unsur obyektif umum, seperti halnya bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, ataupun melalui identifikasi diri yang subyektif.

Pengertian Peradaban. Banyak ahli telah mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan peradaban. Pengertian peradaban menurut para ahli tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Koentjaraningrat.
Peradaban adalah bagian-bagian yang halus dan juga indah layaknya seni. Dapat dikatakan bahwa masyarakat yang mempunyai kebudayaan yang telah maju berarti mempunyai mempunyai peradaban yang tinggi. Menurut Koentjaraningrat, istilah peradaban seringkali dipakai untuk dapat menunjukkan pendapat dan juga suatu penilaian kita terhadap suatu perkembangan kebudayaan di mana pada waktu perkembangan kebudayaan tersebut mencapai puncaknya berwujud kepada unsur-unsur budaya yang bersifat  halus, indah, tinggi, sopan, luhur, dan lain-lainnya oleh karenanya masyarakat pemilik kebudayaan ini dikatakan telah mempunyai peradaban yang tinggi.

2. Huntington.
Peradaban adalah suatu identitas terluas dari budaya yang teridentifikasi dengan melalui unsur-unsur obyektif umum, seperti bahasa, agama, sejarah, institusi, kebiasaan ataupun melalui identifikasi diri yang subyektif. Menurut Huntington, atas dasar hal tersebutlah, masyarakat Amerika Serikat dan Eropa yang sejauh ini disatukan oleh adanya bahasa, budaya, serta agama yang sama dapat diklasifikasikan dalam satu peradaban, yaitu peradaban barat.

3. Bierens de Hann.
Peradaban adalah keseluruhan kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan juga teknik. menurut Bierens de Hann, peradaban memiliki kegunaan praktis di dalam hubungan masyarakat.

4. Arnold Toynbee.
Peradaban adalah suatu kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang  lebih tinggi. Peradaban merupakan kumpulan seluruh hasil budi daya manusia, yang mencakup kepada seluruh aspek kehidupan manusia, baik fisik ataupun non fisik.

Perbedaan Antara Peradaban Dan Kebudayaan. Seperti telah disebutkan di atas, bahwa antara peradaban dan kebudayaan adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan antara peradaban dan kebudayaan menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Oswald Spengler.
Peradaban adalah tingkat kebudayaan pada saat telah mencapai taraf tinggi serta kompleks. Oswald Spengler berpendapat bahwa peradaban merupakan tingkat kebudayaan ketika tidak lagi mempunyai aspek produktif, beku, serta mengkristal. Perbedaannya dengan kebudayaan adalah :
  • kebudayaan pada sesuatu yang hidup dan juga kreatif.

2. Albion Small.
Peradaban adalah kemampuan manusia di dalam mengendalikan dorongan dasar kemanusiaannya untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Albion Small berpendapat bahwa peradaban berhubungan dengan adanya suatu perbaikan yang bersifat kualitatif serta menyangkut kondisi batin manusia, sehingga yang membedakan dengan kebudayaan adalah :
  • kebudayaan mengacu pada kemampuan manusia di dalam mengendalikan alam dengan melalui ilmu pengetahuan serta teknologi.
  • kebudayaan mengacu pada suatu yang bersifat material, faktual, relevan, serta konkret.

3. Alfred Weber.
Peradaban adalah mengacu pada pengetahuan praktis serta intelektual, serta merupakan sekumpulan cara yang bersifat teknis yang difungsikan untuk mengendalikan alam. Peradaban bersifat impersonal serta obyektif. Perbedaannya dengan kebudayaan adalah :
  • kebudayaan terdiri dari serangkaian nilai, prinsip, normatif, serta ide yang bersifat unik.
  • kebudayaan bersifat personal, subyektif dan unik.
Aspek dari peradaban lebih bersifat kumulatif dan juga lebih siap untuk disebar, lebih rentan terhadap suatu penilaian, serta lebih berkembang dibandingkan dengan aspek kebudayaan.

Ciri-Ciri Peradaban. Peradaban mempunyai karakter tertentu yang merupakan ciri-ciri dari peradaban yang merupakan pembeda dari kebudayaan. Ciri-ciri umum dari peradaban tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • pembangunan pada kota-kota baru dengan tata ruang yang lebih baik dan modern.
  • sistem pemerintahan yang baik dan tertib yang disebabkan karena adanya hukum dan serangkaian peraturan serta  sanksi bagi yang melanggar hukum dan peraturan tersebut.
  • berkembangnya beragam ilmu pengetahuan serta teknologi yang lebih maju seperti astronomi, bentuk tulisan, arsitektur, ilmu ukur, dan lain sebagainya.
  • masyarakat di dalam berbagai jenis pekerjaan, keahlian, serta juga strata sosial yang lebih kompleks.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian peradaban serta ciri-ciri peradaban dan perbedaannya dengan kebudayaan.

Semoga bermanfaat.