Pengertian Penelitian

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Apa yang ada dibayangan kita jika mendengar kata penelitian ? Waktu kecil dulu, jika mendengar kata penelitian, yang ada dalam bayangan saya adalah hal-hal yang berhubungan dengan laboratorium, pakaian putih, peralatan-peralatan aneh dan rumit, bahan-bahan kimia, termasuk juga tikus-tikus putih. 

Ternyata penelitian tidak sepenuhnya seperti itu. Saat seseorang mengamati sebuah batu, bisa jadi itu juga merupakan bagian dari penelitian. Apalagi dalam pengamatannya tersebut disertai dengan metodologi tertentu, dan disertai pula dengan suatu hipotesa serta suatu kesimpulan tertentu. Pastilah yang dilakukan seseorang tersebut adalah suatu bentuk penelitian.

Jadi, apa yang dimaksud dengan penelitian ? Banyak ahli yang telah mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan penilitian itu. Di antara para ahli tersebut adalah sebagai berikut :

1. Soerjono Soekanto.
Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis serta konstruksi yang dilakukan dengan secara sistematis, metodologis, dan juga konsisten secara bertujuan untuk dapat mengungkapkan kebenaran ialah sebagai salah satu menifestasi keinginan manusia untuk dapat mengetahui mengenai apa yang sedang dihadapinya.

2. Sutrisno Hadi.
Penelitian adalah usaha untuk di dalam menemukan segala sesuatu untuk dpat mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, dan menggali lebih mendalam apa yang sudah ada, mengembangkan serta memperluas, dan juga menguji kebenaran dari apa yang sudah ada namun kebenarannya itu masih diragukan.

3. Sanapiah Faisal.
Penelitian adalah suatu aktivitas di dalam menelaah suatu problem ialah dengan menggunakan metode ilmiah dengan secara tertata serta sistematis untuk dapat menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan kebenarannya tentang dunia alam serta juga dunia sosial.

4. Winarno Surachmad.
Penelitian adalah kegiatan ilmiah mengumpulkan pengetahuan baru dari sumber-sumber primer, dengan tekanan tujuan pada penemuan prinsip-prinsip umum, serta mengadakan ramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki.

5. Donald Ary.
Penelitian adalah suatu penerapan dari pendekatan ilmiah di suatu pengkajian masalah di dalam memperoleh suatu informasi yang berguna serta hasil yang didapat itu bisa dipertanggunhjawabkan.

6. Marzuki.
Penelitian adalah suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari, dan menganalisis fakta-fakta mengenai suatu masalah.

7. J. Suprapto.
Penelitian adalah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, dan sistematis.

8. Mohammad Ali.
Penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga doperoleh pemecahannya.

9. Suparmoko.
Penelitian adalah bisnis yang sengaja diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta baru serta distribusi keinginan manusia untuk tahu.

10. Indriantoro dan Supomo
Penelitian adalah refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam.

11. Hamidi.
Penelitian adalah aktivitas keilmuan yang dilakukan karena ada kegunaan yang ingin dicapai, baik untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia maupun untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

12. Emzir.
Penelitian adalah suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah.

13. John.
Penelitian adalah pencarian fakta dengan metode obyektif yang jelas di dalam menemukan hubungan di antara fakta serta menghasilkan hukum tertentu.

14. Hill Way.
Penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya dari suatu masalah tertentu dalam upaya membuat pemecahan masalah tersebut.

15. Woody.
Penelitian adalah suatu metode untuk dapat menemukan suatu pemikiran yang kritis. Penelitian meliputi pemberian definisi atau redefinisi  terhadap suatu masalah, dam membuat formulasi hipotesis atau mengadakan suatu uji coba yang harus sangat hati-hati atas semua kesimpulan yang diambil di dalam menemukan apakah kesimpulan itu sesuai dengan hipotesis.

16. Parson.
Penelitian adalah suatu pencarian dari segala sesuatu yang dilakukan dengan secara sistematis, yang dengan penekanan bahwa pencariannya itu dilakukan pada suatu masalah-masalah yang bisa dipecahkan dengan penelitian.

17. David H. Penny.
Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.

18. Tuckman.
Penelitian adalah suatu usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap suatu masalah. Sistematis maksudnya mengikuti prosedur atau langkah-langkah tertentu. Jawaban ilmiah maksudnya rumusan pengetahuan, generalisasi, baik berupa teori, prinsip baik yang bersifat abstrak maupun konkret yang dirumuskan melalui alat primernya, yaitu empiris dan analisis. Penelitian bekerja atas dasar asumsi, teknik, dan metode.

19. Fellin, Tripodi, dan Meyer.
Penelitian adalah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, emodifikasi, dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverivikasi) oleh peneliti. 

20. Fred N. Kerlinger.
Penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis dari suatu proposisihipotesis mengenai hubungan tertentu antar fenomena.

21. Dewey.
Penelitian adalah transformasi yang terkendalikan atau terararh dari suatu situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyatan yang ada padanya dan hubungannya, seperti mengubah unsure dari situasi orisinal menjadi keseluruhan yang terpadu.

Selain pendapat dari para ahli tersebut di atas, pengertian penelitian juga bisa ditemukan pada :

1. Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.
Penelitian adalah kerja sama ilmiah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka memperoleh informasi/temuan/produk baru melalui metodologi yang berkaitan erat dengan satu atau beberapa disiplin ilmu.

2. The New Horison Ladder Dictionary.
Research is a careful study to discover correct information. (Penelitian adalah suatu penyelidikan  yang dilakukan secara hati-hati untuk memperoleh informasi yang benar).

3. Webster New International Dictionary.
Penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip ; satu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu.

4. The Advanced Learner's Dictionary of Current English.
Penelitian adalah penyelidikan atau pencarian yang seksama untuk memperoleh fakta baru dalam cabang ilmu pengetahuan.

5. Encyclopedia Britannica.
Penelitian dasar merupakan pekerjaan ilmuwan atau orang yang melakukan penelitian tanpa adanya tujuan khusus selain dari membuka rahasia alam.

Dalam melakukan suatu penelitian, seorang peneliti harus mempunyai sikap : 
  • Obyektif. Seorang peneliti harus dapat memisahkan antara pendapat pribadi dengan kenyataan atau fakta yang ada. 
  • Kompeten. Seorang peneliti yang baik harus memiliki kemampuan untuk dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode serta teknik penelitian tertentu. 
  • Faktual. Seorang peneliti harus melakukan studi berdasarkan fakta atau kenyataan yang diperoleh, bukan berdasarkan harapan, obsesi atau angan-angan yang sifatnya abstrak.

Fokus perhatian dalam suatu penelitian adalah masalah, masalah yang muncul dalam pikiran peneliti berdasarkan penelaahan situasi yang meragukan (a perplexing situation). Masalah adalah titik sentral dari keseluruhan penelitian

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian penelitian.

Semoga bermanfaat.