Pengertian Metodologi Penelitian

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian metodologi berbeda dengan metode. Metode merupakan suatu cara atau jalan, petunjuk pelaksanaan atau petunjuk teknis. Sedangkan metodologi bisa dikatakan sebagai science of method, yaitu ilmu yang membicarakan tentang cara atau petunjuk praktis dalam suatu penelitian.

Metodologi merupakan suatu analisis teoritis tentang sebuah metode atau cara. Sedangkan penelitian merupakan sebuah usaha yang terorganisasi dan sistematis untuk menyelidiki masalah tertentu yang membutuhkan jawaban. Penelitian juga merupakan sebuah penyajian yang sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengetahuan. Sehingga, metodologi penelitian secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan peraturan, kegiatan. dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu.

Kata 'metodologi' berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'metodos' dan 'logos'. Kata metodos sendiri berasal dari dua kata, yaitu 'metha' yang berarti melewati atau melalui, dan 'hosos' yang berarti cara atau jalan. Sehingga 'metodos' atau metode mempunyai arti suatu cara atau jalan. Sedangkan kata 'logos' berati ilmu pengetahuan. Jadi, metodologi mengandung arti ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara atau jalan untuk mencapai tujuan tertentu, atau dengan kata lain dikatakan bahwa metodologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang metode-metode. Sedangkan menurut Suparlan Supartono, yang dimaksud dengan metodologi adalah :
  • pengkajian mengenai bentuk dan model metode, aturan yang dipakai dalam kegiatan ilmu pengetahuan. Jadi metodologi bersifat umum, sedangkan metode bersifat khusus.

Sedangkan pengertian metodologi penelitian menurut para ahli, diantaranya adalah :

1. J. Suprapto, MA.
Metodologi penelitian adalah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, serta sistematis.

2. Sutrisno Hadi, MA.
Metodologi penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

3. Mohammad Ali.
Metodologi penelitian adalah  cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan yang muncul sehubungan dengan masalah yang ingin diteliti, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahan yang kontibel.

4. Gie.
Metodologi penelitian adalah upaya memunculkan kerangka konseptual maupun operasional.

5. David H. Perry.
Metodologi penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai  berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.

6. Mouton
Metodologi penelitian adalah tata cara atau metode untuk melakukan sesuatu.

7. Bakker
Metodologi penelitian adalah cara-cara yang mengatur prosedur penelitian ilmiah pada umumnya, sekaligus pelaksanaannya terhadap masing-masing bidang keilmuan secara khusus.

8. Tuckman
Metodeologi penelitian adalah prosedur ilmiah yang di dalamnya termask pembentukan konsep, preposisi, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri.

9. Burns dan Grove
Metodologi penelitian adalah sebuah desain penelitian yang terdiri dari setting, tata cara, sampel, pembatasan, dan kumpulan data yang hendak di analisis dalam sebuah kajian.

10. Polit dan Hungler
Metodologi penelitian adalah hal-hal yang berkaitan dengan cara pemerolehan data, penyususnan, dan analisisnya.

Suatu penelitian berguna untuk memahami masalah, memecahkan masalah, dan mengantisipasi masalah.
  • Memahami masalah, bisa berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui dan selanjutnya diketahui.
  • Memecahkan masalah, bisa berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk meminimalkan atau menghilangkan masalah.
  • Mengantisipasi masalah, bisa berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk mengupayakan agar masalah tersebut tidak terjadi.

sedangkan metodologi penelitian bermanfaat untuk:
  • memudahkan peneliti dalam menyelesaikan pekerjaan penelitiannya, mulai dari awal penelitian sampai dengan pengambilan kesimpulan.
  • membantu peneliti untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul dalam penelitian, seperti keterbatasan waktu, biaya, dan lain sebagainya.
  • hasil yang dicapai dalam penelitian (kesimpulan-kesimpulan, teori-teori) dapat dipercaya dan dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

Ilmu terdiri dari 4 prinsip utama, yaitu :
  • orde (keteraturan)
  • determinisme (sebab musabab)
  • parsimoni (kesederhanaan)
  • empirisme (pengalaman yang bisa diamati)

Dengan prinsip tersebut maka akan banyak jalan kebenaran yang bisa dicari dan ditemukan. Akan banyak jalan kebenaran yang dapat ditempuh. Dan metodologi penelitian adalah sebuah tata cara yang menentukan proses penelusuran mana yang akan digunakan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian metodologi penelitian.

Semoga bermanfaat.