Pengertian Metode Penelitian

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Metode penelitian merupakan tata cara bagaimana suatu penelitian akan dilaksanakan. Metode penelitian berfungsi untuk memudahkan para peneliti dalam menemukan data yang valid dengan cara yang sudah tersusun berdasarkan urutan yang sudah dibuat sebelumnya. 

Istilah metode penelitian, terdiri dari dua kata yaitu 'metode' dan 'penelitian'. Kata 'metode' berasal dari bahasa Yunani, yaitu methodos yang berarti cara atau menuju suatu jalan. Sedangkan pengertian metode menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut :
  • Rosdy Ruslan, mendefinisikan metode sebagai kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subyek atau obyek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya. 
  • Agus M. Hardjana, mendefinisikan metode sebagai cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
  • Rotwell dan Kazanas, mendefinisikan  metode sebagai cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi.
  • Hebert Bisno, mendefinisikan metode sebagai teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik agar dapat diterima atau digunakan secara sama dalam suatu disiplin, praktek, atau bidang disiplin dan praktek.

Sedangkan kata 'penelitian' mengandung arti suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Selain arti tersebut, banyak ahli yang mengutarakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan penelitian, dua pendapat diantara banyak pendapat ahli tentang penelitian adalah :
  1. Soerjono Soekamto, mendefinisikan penelitian sebagai suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis serta konstruksi yang dilakukan dengan secara sistematis, metodologis, dan juga konsisten secara bertujuan untuk dapat mengungkapkan kebenaran ialah sebagai salah satu menifestasi keinganan manusia untuk dapat mengetahui mengenai apa yang sedang dihadapinya.
  2. Sutrisno Hadi, mendefinisikan penelitian sebagai usaha untuk di dalam menemukan segala sesuatu untuk dapat mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, dan menggali lebih mendalam apa yang sudah ada, mengembangkan serta memperluas, dan juga menguji kebenaran dari apa yang sudah ada namun kebenarannya itu masih diragukan.

Sedangkan 'metode penelitian' sendiri secara umum diartikan sebagai suatu cara tertentu yang dipilih secara spesifik untuk memecahkan masalah yang diajukan dalam sebuah penelitian. Selain itu, masih banyak lagi pengertian dari metode penelitian yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Nazir.
Metode penelitian adalah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

2. Winarno.
Metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang teliti dan sistematik.

3. Sugiyono.
Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

4. Pasaribu Simanjuntak.
Metode penelitian adalah suatu cara yang sistematik yang ditujukan untuk menjawab tujuan dari penelitian.

5. Muhiddin Sirat.
Metode penelitian adalah suatu cara dalam menentukan dan memilih judul dan tujuan penelitian.

6. Arikunto.
Metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data penelitiannya.

7. Parson.
Metode penelitian adalah pencarian atas suatu secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.

8. Woody.
Metode penelitian adalah sebuah metode untuk menemukan kebenaran yang juga merupakan sebuah pemikiran kritis.

9. Macquarie.
Metode penelitian adalah cara-cara dalam mengerjakan sesuatu untuk menjawab rencana yang telah ditentukan.

10. Fellin, Tripodi, dan Meyer.
Metode penelitian adalah sebuah cara yang sistematik dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi, dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain.

Terkadang orang sulit membedakan atau bahkan menganggap sama antara metode penelitian, prosedur penelitian, dan teknik penelitian. Padahal ketiga hal tersebut merupakan hal yang berbeda :
  • metode penelitian, membicarakan tentang tata cara pelaksanaan penelitian atau membicarakan tentang prosedur dan teknik penelitian. 
  • prosedur penelitian, membicarakan tentang alat-alat yang digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian. 
  • teknik penelitian, membicarakan tentang cara yang digunakan dalam penelitian.

Menurut Nazir, seorang peneliti mesti dapat menjawab tiga pertanyaan dasar sebelum melaksanakan penelitian, yaitu :
  1. Urutan kerja apakah yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian ?
  2. Alat-alat apa sajakah yang akan digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data ?
  3. Bagaimana melakukan penelitian tersebut ?

Ada banyak jenis dan tipe metode penelitian, tapi McMillan dan Schumacher mengelompokkannya dalam dua tipe besar yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian metode penelitian.

Semoga bermanfaat.