Pengertian Dan Klasifikasi Sumber Daya Alam

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Sumber Daya Alam. Sumber daya alam merupakan sumber persediaan, baik cadangan maupun yang baru. Sumber daya alam dapat diartikan sebagai unsur lingkungan yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan sumber daya buatan.

Sumber daya alam merupakan istilah yang berhubungan dengan materi-materi dan potensi alam yang terdapat di bumi ini yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Sumber daya alam adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus dikelola dengan baik dan tepat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Manusia yang diberi akal budi, harus bisa memelihara dan mengelola sumber daya alam tersebut sehingga sumber daya alam tetap terjaga kelestariannya.   

Pengelolaan sumber daya alam juga dimaksudkan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan supaya semakin baik, sehingga akan lebih banyak memberikan manfaat kepada manusia. Yang dimaksud dengan pengelolaan sumber daya alam adalah :
  1. Usaha manusia dalam mengubah ekosistem sumber daya alam agar dapat diperoleh manfaat yang maksimal dan berkesinambungan.
  2. Proses pengelolaan sumber daya alam dalam ruang dan waktu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan senantiasa mengupayakan pertimbangan antara populasi manusia dan sumber daya, serta pencegahan kerusakan sumber daya alam.

Sesuatu yang ditemukan di bumi ini, tidak bisa dikatakan sebagai sumber daya alam apabila tidak diketahui kegunaannya sehingga tidak mempunyai nilai. Atau dapat juga dikatakan bahwa sesuatu tersebut bukan sumber daya alam, apabila sesuatu tersebut berguna tetapi tidak tersedia dalam jumlah besar dibanding permintaannya sehingga ia dianggap tidak bernilai. Dengan demikian, sesuatu bisa dianggap sebagai sumber daya alam apabila memenuhi tiga syarat, yaitu :
  1. sesuatu itu ada.
  2. dapat diambil.
  3. bermanfaat.

Sangat banyak pengertian tentang sumber daya alam, sebagaimana yang telah dikemukakan oleh para ahli, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Zikry Maulana.
Sumber daya alam adalah segala bentuk materi, energi, ruang, waktu dan keanekaragaman yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan kelestariannya.

2. Suryanegara.
Sumber daya alam adalah unsur-unsur alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

3. Nurmala Dewi.
Sumber daya alam adalah semua kekayaan bumi baik yang bersifat biotik ataupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.

4. Katili.
Sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.

5. Isard.
Sumber daya alam adalah lingkungan dan bahan-bahan mentah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan mensejahterakannya.

6. Chapman.
Sumber daya alam adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukan. Sumber daya alam dibedakan menjadi 3 hal, yaitu :
  • persediaan total (total stock).
  • sumber daya (resources).
  • cadangan (reserve).

7. Ireland.
Sumber daya alam adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Klasifikasi Sumber Daya Alam. Sumber daya alam diklasifikasikan atau dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, diantaranya yaitu :

1. Berdasarkan materinya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam organik (hayati), berupa jasad hidup.
  2. Sumber daya alam anorganik (non hayati), berupa benda-benda mati baik yang berbentuk benda padat, cair, atau gas.

2. Berdasarkan habitatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam terestris (daratan), merupakan sumber daya alam yang berhubungan dengan tanah yang digunakan sebagai lahan untuk berbagai aktivitas masyarakat ataupun segala sumber daya yang diperoleh dari darat.
  2. Sumber daya alam akuatik (perairan), merupakan sumber daya alam yang berhubungan dengan perairan seperti laut, danau, sungai, air tanah, air hujan, dan lain-lain.

3. Berdasarkan proses pembentukannya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, merupakan kemampuan alam untuk mengadakan pembentukan baru dalam waktu yang relatif cepat. Proses pembaharuan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat dilakukan dengan cara : pertama, cara alami yaitu melalui siklus alam, reproduksi, dan lain-lain, kedua dengan cara rekayasa.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, apabila digunakan terus menerus akan habis dan proses pembentukannya lagi memakan waktu yang sangat lama.

4. Berdasarkan nilai kegunaannya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam ekonomis tinggi,  yang untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang tinggi, seperti bahan mineral dan logam.
  2. Sumber daya alam ekonomis sedang, yang untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang relatif murah, seperti pasir, batu, dan lain-lain.
  3. Sumber daya alam non ekonomis, yang untuk mendapatkannya tidak dibutuhkan biaya, seperti udara dan sinar matahari.

Sedangkan menurut pendapat para ahli, sumber daya alam dapat diklasifikasikan menjadi beberapa hal, seperti misalnya pendapat dari :

1. Alen.
Berdasarkan proses pemulihannya, sumber daya alam dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam yang tidak dapat habis (inexhaustible natural recources), seperti udara, energi matahari, air hujan, dan lain-lain.
  2. Sumber daya alam yang dapat diganti atau diperbaharui dan dipelihara (renewable resources), seperti air sungai, hutan, margasatwa, dan lain-lain.
  3. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable resources) seperti minyak bumi, batu baru, dan barang tambang lainnya.

2. Owen.
Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam inexhaustible, adalah sumber daya alam yang akan habis. Sumber daya alam ini kalau tidak dikelola dengan benar akan mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi dengan maksimal.
  2. Sumber daya alam exhaustible, sumber daya alam yang dapat habis. Sekali digunakan maka sumber daya alam ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk pembentukannya lagi atau bahkan sekali digunakan langsung habis. 

3. Barlow.
Membagi sumber daya alam menjadi 3 kelompok, yaitu :
  1. Sumber daya alam tidak dapat pulih atau tidak dapat diperbaharui, mempunyai sifat bahwa volume fisik yang tersedia tetap dan tidak dapat diperbaharui atau diolah kembali, sebagai contoh : mineral dan logam.
  2. Sumber daya alam yang pulih, mempunyai sifat terus menerus ada dan dapat diperbaharui oleh alam sendiri maupun dengan bantuan manusia, sebagai contohnya : air, angin, dan sinar matahari.
  3. Sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan, yang terdiri dari : sumber daya biologis (seperti : margasatwa, hutan, perikanan, peternakan, dan lain-lain) dan sumber daya tanah (seperti : kesuburan tanah).

4. Camp dan Daugherty.
Berdasarkan sifat-sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
  1. Sumber daya alam tidak terhabiskan (non exhaustible natural recources), yang dapat memperbaharui dirinya secara terus menerus, apabila pengelolaannya tidak benar maka dapat menimbulkan kerusakan dan terjadi permaslahan lingkungan, sebagai contoh adalah air.
  2. Sumber daya alam terbarukan (renewable resources), yang dapat berpotensi memperbaharui dirinya sendiri, sebagai contoh adalah hutan, flora dan fauna. 
  3. Sumber daya alam terhabiskan (exhaustible resources), jumlahnya terbatas dan tidak dapat dipulihkan, sebagai contoh adalah hasil tambang.

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berada di alam, di luar manusia, yang dinilai memiliki daya guna untuk memenuhi kebutuhan sehingga tercipta kesejahteraan hidup manusia.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian dan klasifikasi sumber daya alam.

Semoga bermanfaat.