Menjaga Kesehatan Otak

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dua bagian yang sangat penting dari otak manusia, adalah otak kanan dan otak kiri. Masing-masing bagian dari otak tersebut mempunyai peran yang berbeda. Otak kiri berperan dalam kemampuan kognitif, seperti membaca, menulis, dan lain sebagainya. Sedangkan otak kanan mempunyai peran dalam hal berpikir paralel, kreatif, intuitif, dan imajinatif.

Salah satu fungsi otak adalah mengendalikan seluruh kegiatan tubuh. Jika ada sedikit saja masalah dalam otak, maka akibatnya akan mengganggu seluruh aktivitas tubuh. Demikian pentingnya, sehingga otak merupakan organ tubuh manusia yang sangat berharga dan tidak tergantikan.

Otak manusia yang sehat, selain mempunyai ukuran dan volume yang cukup, juga mempunyai kemampuan kognitif, psikomotorik, memori atau daya ingat yang baik. Agar otak tetap dapat berfungsi dengan baik, haruslah selalu dilatih dan diasah. Hal tersebut dikarenakan, setiap harinya otak manusia menghasilkan sel-sel baru . Dengan demikian, otak yang aktif dan sering digunakan akan semakin baik kondisinya dan akan menghindarkan seseorang dari kepikunan.

Selain itu, ada beberapa kegiatan ringan, atau bahkan sepele yang bisa berfungsi dalam pemeliharaan otak, seperti :
  • Memangkas rambut. Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan, memangkas rambut dapat mengurangi stres dan membuat rasa lebih bahagia. Aroma rambut yang baru dipangkas akan bekerja langsung pada wilayah emosi dan memori di otak. 
  • Bermain tetris. Tetris merupakan salah satu permainan menyusun bentuk. Permainan yang sangat sederhana. Namun begitu, bermain tetris memiliki dampak positif pada kekuatan otak. Jika dilakukan secara rutin akan membuat otak mengalami perubahan struktural di bagian yang berkaitan dengan gerakan, berpikir kritis, penalaran, bahasa, dan pengolahan pada otak.
  • Berjemur. Vitamin D yang didapat dari berjemur terbukti ampuh menjaga otak tetap aktif dalam kondisi puncak. Oleh karena itu dipercaya, bahwa berjemur dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Hal-hal lain yang dapat dilakukan agar kondisi otak tetap prima, diantaranya adalah :
  • Berolah raga yang teratur. Olah raga yang disarankan dan tidak membutuhkan biaya yang banyak adalah jogging atau jalan pagi. Jogging atau jalan pagi dapat meningkatkan kerja otak. Olah raga yang teratur akan menumbuhkan banyak sel-sel baru pada otak. Pertumbuhan sel-sel baru ini akan mempengaruhi dan meningkatkan kemampuan otak.
  • Menjaga asupan makanan. Mengkonsumsi makanan yang bergizi akan berfungsi untuk perkembangan otak. Makanan yang disarankan adalah makanan berprotein tinggi yang mengandung asam amino rantai cabang serta beberapa komponen lemak yang banyak mengandung lechitine serta vitamin neurotropik seperti vitamin A, B1, B6, B12, D, dan E sangat baik bagi pertumbuhan otak. Hindari makanan yang berkolesterol tinggi, karena tidak sehat untuk otak.
  • Tidur yang cukup dan teratur. Begadang atau tidur terlalu larut malam akan berdampak buruk pada otak. Tidur siang selama lebih kurang satu jam dapat meningkatkan kemampuan otak.
  • Pastikan kecukupan oksigen dalam otak. Otak membutuhkan asupan oksigen yang cukup, untuk dapat bekerja dan beraktivitas dengan maksimal. Oleh karena itu, hindari tempat-tempat yang berpolusi tinggi. Pastikan juga sirkulasi udara di rumah tetap lancar.
  • Hindari stres. Lakukan kegiatan-kegiatan yang disukai yang dapat menurunkan kadar stres. Jangan biarkan otak selalu sibuk dengan aktivitas pekerjaan yang menguras pikiran dan tenaga. Otak juga butuh istirahat dan relaksasi.

Otak yang jarang digunakan untuk berpikir akan membuatnya menjadi lemah dan menyusut. Demikian juga sebaliknya, otak yang terlalu diforsir untuk berpikir tanpa diberi kesempatan istirahat juga tidak baik buat perkembangan otak. Jadi, otak harus selalu digunakan dengan seimbang, agar fungsinya terus maksimal. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan menjaga kesehatan otak.

Semoga bermanfaat.