Memilih Mobil Untuk Keluarga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Untuk keluarga yang mempunyai jumlah anggota banyak, mobil merupakan suatu kebutuhan. Mobil yang nyaman akan membuat anggota keluarga senang. Di antara banyaknya pilihan mobil saat ini, memilih mobil yang ideal untuk keluarga memang bukan hal yang mudah. Tentunya faktor keselamatan dan kenyaman tetap merupakan hal utama dalam menentukan mobil keluarga.

sumber : parenting.co.id
Sebelum menentukan jenis mobil apa yang akan dipilih, ada beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan untuk membeli mobil yang ideal bagi keluarga :
1. Jumlah Anak.
Berapa jumlah anak dalam suatu keluarga merupakan hal penting dalam pemilihan mobil buat keluarga. Hal ini berkaitan dengan berapa jumlah kursi yang dibutuhkan dalam mobil. Selain itu harus juga diperhitungkan ruang ekstra untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan untuk keperluar keluarga.
2. Tempat Duduk dan Penyimpanan.
Seperti yang disebutkan di atas, saat anggota keluarga menjadi pertimbangan utama, tempat duduk menjadi faktor penting dalam pemilihan jenis mobil yang tepat. Jadi pastikan memilih mobil yang bisa menampung jumlah keluarga inti. Pastikan juga mobil tersebut mempunyai ruang penyimpanan yang cukup untuk barang-barang yang ingin dibawa saat perjalanan jauh, seperti buku, tas belanja, laptop, dan lain-lain.
3. Manual atau Otomatis.
Pemilihan mobil dengan transmisi manual atau otomatis, buat masing-masing orang tentu berbeda. Bagi sebagian orang mobil dengan transmisi manual lebih menyenangkan buat dikendarai karena pengemudi lebih leluasa mengontrol mobilnya. Namun, buat sebagian orang yang lain mobil dengan transmisi otomatis lebih disukai karena lebih mudah dikemudikan, terutama bagi pemula, selain lebih nyaman saat jalanan macet. Jadi pemilihan mobil dengan transmisi manual atau otomatis kembali keselera pribadi masing-masing. Hanya saja, harga jual kembali mobil bertransmisi otomatis lebih tinggi dibandingkan mobil dengan transmisi mabual.
4. Fitur Keselamatan.
Fitur keselamatan termasuk hal penting dalam pemilihan mobil buat keluarga. Pastikan mobil yang dipilih mempunyai sabuk pengaman untuk semua penumpang. Perhatikan juga airbag (kantong udara) yang ada pada mobil tersebut. Beberapa jenis mobil keluaran terbaru bahkan sudah dilengkapi dengan airbag untuk penumpang yang duduk di kursi belakang. Selain itu ada juga jenis mobil yang menawarkan sistem airbag canggih dengan sensor.
5. Fitur Tambahan.
Dalam beberapa situasi, faktor hiburan yang ada dalam mobil menjadi hal yang penting. Saat ini beberapa jenis mobil menawarkan kelebihannya, mulai dari audio dengan pemutar MP3, MP4 atau DVD ke layar televisi. Walaupun fitur ini diperlukan, tapi jangan sampai mengabaikan hal-hal utama dalam memilih mobil untuk keluarga.
6. Anggaran.
Hal terpenting lain yang harus menjadi pertimbangan dalam pemilihan mobil keluarga adalah anggaran. Akan lebih bijaksana jika dalam memilih atau membeli mobil buat keluarga harus sesuai dengan anggaran dan daya beli anda. Mobil dengan fitu canggih tentunya lebih mahal harganya dibandingkan dengan mobil dengan fitur yang biasa-biasa saja. Jadi, tetap sesuaikan antara kebutuhan dan kemampuan.

Jika sudah mendapatkan mobil yang ideal buat keluarga, jangan malas untuk merawatnya. Biasakan untuk melakukan perawatan rutin, seperti service berkala dan penggantian oli mesin. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari kerusakan pada mobil. Karena jika mobil tersebut rusak, biaya yang dikeluarkan untu perbaikan akan lebih besar dibandingkan dengan biaya untuk perawatan rutin.

Beberapa pengecekan sederhana yang bisa dilakukan dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Pengecekan ban. Cek tekanan angin dan kondisi ban mobil, termasuk juga ban cadangan, minimal seminggu sekali sebelum mobil digunakan. Periksa tekan angin dengan menggunakan Tire Presure Gauge, dan pastikan tekanan angin sesuai dengan standar yang dianjurkan. Jika ban mobil sudah gundul, segera ganti dengan ban yang baru agar keselamatan anda dan keluarga tetap terjaga.
  2. Pengecekan mesin. Lakukan pengecekan ruang mesin minimal seminggu sekali pada bagian oli mesin, oli rem, air radiator, dan air aki. Pastikan ketinggian oli maupun air berada di bawah garis maksimal. Cek juga karet-karet selang dan tali kipas. Pastikan semuanya masih lentur dan tidak ada retakan.

Mobil jenis sedan mungkin lebih nyaman dan terkesan mewah. Untuk yang tinggal di kota besar, mobil kecil atau city car akan lebih menawarkan kepraktisan. Sementara mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle), MPV (Multi Purpose Vehicle), maupun minivan menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Jenis mobil apapun yang akan anda pilih sebagai mobil keluarga, tetaplah sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda miliki.

Semoga bermanfaat.